Tips Mengendalikan Emosi Dengan Ampuh

tips mengendalikan emosi

Tips mengendalikan emosi yang mengalir dalam hati yang kacau, amarah yang tidak terkontrol bisa saja merugikan diri sendiri, emosi berat yang tak terkendali membuat kita tak bisa berbuat apa-apa selain marah dan marah yang meledak.

Kerugian yang akan di dapat dari tidak terkendalinya emosi, disaat amarah meledak ketika di hadapan banyak orang, yang akan terjadi mereka akan menjauh, bahkan mereka tidak mau mendekatimu lagi karena sudah tahu bahwa emosimu begitu tinggi.

Hal ini pastinya masalah yang sangat besar, kamu tidak akan punya teman, bukannya mau berteman mereka malah tidak mau mendekati kamu, ga mau kan ini terjadi? Usahakan untuk bisa mengontrol atau mengendalikan emosimu dengan cara yang bisa kamu lakukan.

Atau mungkin kamu tidak bisa mengendalikan emosi tersebut dengan caramu sendiri, kamu bisa melakukan beberapa tips ini yang ampuh mengendalikan emosi kamu yang sangat besar. Sebenarnya, mengendalikan emosi itu sangat mudah, dan itu semua bisa kita lakukan dengan keadaan tenang.

1. Cari tempat yang nyaman

Untuk apa kamu lakukan? Tentu saja ini menjadi hal paling penting agar kamu bisa mengendalikan emosi mu yang mungkin susah untuk di tahan. Disaat amarah kamu tiba-tiba hadir, lekaslah pergi dan cari tempat yang tenang dan nyaman.

Tenangkan hatimu disana sampai emosimu menghilang, kamu bisa pergi ke tempat yang menurut kamu tempat itu bikin tenang, misalnya pantai, danau, atau tempat-tempat lain, dan jangan sesekali pergi ke tempat yang ramai, karena ini malah membuat kamu semakin emosi.

2. Sibukkan diri kamu

Hal ini tentunya sangat mudah di lakukan, dengan demikian, jika kamu mencari hal-hal yang menyibukan maka kamu bisa lebih fokus terhadap kesibukan itu, kemudian emosi yang meledak dari diri kamu akan beralih perhatian terhadap kesibukan yang kamu lakukan.

Apa saja jenis kesibukan kamu itu, mislanya hobi, cobalah untuk menyibukkan diri sendiri saat emosi mengalir dengan terus fokus terhadap hobimu, ataupuĀ  kamu bisa melakukan kesibukan lainnya yang membuat kamu bisa lebih fokus terhadap apa yang sedang kamu lakukan.

3. Berpikirlah dan diam

Diam aja mungkin lebih baik saat kamu sedang emosi, jika kamu berdebat dengan orang-orang dan emosi kamu naik, usahakan untuk terdiam, tapi bukan berarti kamu diam begitu saja, diam dan pikirkan bahwa kamu sedang menghindari amarah.

Hal ini tentunya akan membuat emosi kamu terkontrol, emosipun akan hilang secara perlahan, dan terus pikirkan hal-hal yang bisa membuat kamu menghapus rasa emosi itu, insa allah kamu akan tersenyum dan tiada kata emosi.

4. Pikirkan terlebih dahulu akibatnya

Maksudnya, sebelum kamu melakukan hal-hal yang akan merugikan diri kamu sendiri, coba kamu pikirkan bahwa kamu akan mendapat akibat yang buruk karena tingkah kamu yang ceroboh itu, jangan langsung bertindak dan pikirkan dulu akibatnya.

Coba deh kamu lakukan ini, dengan perlahan kamu akan merasa tenang, dan kamu terus membayangkan bahwa kamu akan merasa rugi yang sangat besar ketika kamu melakukan hal-hal buruk tersebut, jika kamu sudah tenang, cari solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang di perdebat.

5. Baca Istighfar

Kamu muslim? Kamu pasti tahu kan Istighfar? Disaat kamu sedang emosi dan akan bertindak buruk, coba tarik nafas dan keluarkan, lalu baca istighfar minimal tiga kali, ini akan membuat kamu jauh lebih tenang seketika amarah kamu akan kamu lakukan.

Ini juga di haruskan dalam ajaran islam, ketika kita sedang dalam masalah, maka bacalah istighfar tiga kali, atau lebih, kemudian allah akan menenagkan hatimu dan kamu akan lebih bisa mengendlaikan emosi serta mampu menyelesaikan masalah yang sedang di hadapi.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.