3 tips Sederhana Agar Sukses Membangun Karier

Semua orang pasti memiliki keinginan untuk sukses dalam kariernya, namun mereka tidak mampu untuk berusaha keras dan melakukan langkah-langkah untuk kesuksesan dalam kariernya, sehingga keterpurukan hanya mereka rasakan.

Pasti, terpaku dan membisu jika kamu ingin sukses namun tidak melakukan cara atau langkah-langkah yang harusnya kamu lakukan, juga rasa ketidakpercayaan diri terhadap Karier itu menurun.

Maka, jika Karier kamu ingin kamu capai atau tingkatkan, jangan sungkan untuk melakukan cara apa saja yang berhubungan dengan peningkatan karier atau pekerjaan, banyak cara yang semestinya kamu lakukan, usaha dan doa juga merupakan cara terbaik untuk hal ini.

Lalu, untuk apa kamu sekolah tinggi dan mendapatkan gelar sarjana? Untuk apa ijazah kamu yang merupakan lulusan dari sekolah university? Jika kamu tidak berusaha untuk mencari pekerjaan, yang kamu dapatkan hanya pengangguran, karena tidak mungkin pekerjaan mencarimu.

Ya, seperti itu pula karier yang mestinya kamu kejar. Jika tidak berusaha maka tidak akan kamu capai, benarkan sobatku? Tentu saja, semua hal yang namanya hidup harus banyak berusaha dan perbanyak doa sesuai ajaran agama masing-masing.

Ketika kamu lulus dari sekolah, maka hal yang harus kamu lakukan adalah mencari pekerjaan melamar kesana kesini, jika lamaran tersebut komplit maka kamu akan dapat pekerjaan sesua apa yang kamu inginkan.

Namun, jika kamu ingin sukses dalam karier, ada baiknya kamu lakukan langkah-langkah agar kamu mudah mencapai karier kamu itu. Nah, untuk beberapa tips suskes bangun Karier kamu, kamu dapat melakukan cara sederhana ini yang mampu membangun sebuah karier sesuai kemampuan kamu dalam bekerja.

Bergaulah dengan banyak orang, dan perbanyak jaringan sosial kamu dengan orang lain

Pergaulan dengan banyak orang memang sangat penting untuk bertahan hidup, karena setiap manusia adalah mahluk sosial yang mestinya bersahabat antara satu sama lain. Ingatkan bahwa manusia adalah mahkluk sosial yang tidak ada satupun yang mampu menyanggulnya, sehingga kamu dapat menjadi pribadi yang tidak mudah puas dengan pencapaian kamu.

Jangan ragu untuk bertanya kepada teman yang mampu memberikan kamu informasi dan pengetahuan baru, maka mempererat jaringan itu sangat penting, sehingga perluasannya jaringan kamu, ini adalah bukti bahwa kamu sedang berusaha untuk mengembangkan karier kamu.

Cobalah kamu pikirkan, bisa jadi teman seperjuangan kamu menjadi bos di hari esoknya, maka kamu bisa jadi anak buahnya, atau dia punya kenalan dengan orang yang telah sukses, karena kehebatannya, sehingga ada terowongan buat kamu untuk dikenalkan kepada temannya yang merupakan orang hebat ataupun pengusaha besar.

Kunci dan tetapkan satu hal apa yang menjadi target kamu

Cobalah untuk menetapkan satu hal apa yang kamu targetkan dalam pencapaian, hal ini sangat penting bagi kesuksesan. Dengan ini memudahkan kamu untuk mempersiapkan hal-hal apa saja yang dibutuhkan sesuai satu target kamu, sehingga waktu pun banyak untuk mempersiapkan segalanya.

Seperti halnya dalam mencari teman hidup, kamu ingin sekali memiliki dia dan kamu sudah menargetkan dia untuk dimiliki, maka semua yang dia sukai akan kamu lakukan karena sudah tahu dan sudah ada perisapannya, karier pun seperti itu, jika banyak hal yang kamu targetkan, insa Allah akan kacau karena tidak bisa kamu persiapkan satu persatu.

Maka, rancanglah satu target kamu untuk jangka panjang maupun pendek, sehingga aktivitas yang kamu lakukan menjadi lebih sistematis. Bahkan jika kamu telah merancangnya, maka ini akan membantu untuk melakukan aktivitas yang sejalur dengan keinginan kamu, dengan begitu aktivitas diluar kontrol akan terhindar.

Dan jika kebingungan apa yang ingin kamu targetkan, kamu dapat berdiskusi dengan kerabat dan keluarga, terlebih utama adalah keluarga. Karena tidak semua orang mampu mengenali kemampuan, sehingga mereka akan memasang target yang mudah untuk kemampuan yang hebat. Oleh sebab itu, berdiskusi adalah cara yang tepat dan dapat membuka pikiran kamu untuk mengenai target-target yang harus kamu capai.

Tingkatkan rasa percaya diri kamu agar lebih mudah

Malu atau kurang percaya diri akan membuat kamu lebih sulit dalam upaya untuk melakukan hal apapun, sehingga berhentilah menjadi pribadi yang kurang percaya diri atau malu. Jika kamu saja tidak percaya dengan kemampuan kamu, lalu bagaimana mungkin orang lain akan percaya? Maka mulai sekarang belajarlah untuk menghargai diri kamu sendiri dan jangan terlalu pesimis dan ambisius.

Ada hal yang harus kamu hindari, seperti kamu yang terlalu optimis, ini akan membuat orang lain menghindari kamu, karena kamu membawa aura negatif pada diri kamu. Maka tunjukanlah kemampuan kamu dalam bekerja, sehingga biarkan atasan ataupun rekan kerja kamu melihat hasil kerja kamu yang sangat sempurna.

Untuk itu, jangan sampai kamu keluar dari pekerjaan kamu karena hanya karena merasa tidak nyaman ya sobat. Dan ingat satu hal, jangan terlalu berburu-buru untuk memilih satu keputusan, usahakan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan orang lain untuk membuka seluruh pikiran kamu.

Karena biasanya banyak orang yang tidak meyakinkan dalam bekerja hanya karena kepercayaan dirinya yang kurang dan tidak bisa menyeimbangkan pikiran terlebih dahulu. Seharusnya ini bisa memotivasi kamu agar bisa menghindari kurangnya rasa percaya diri.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.