Tips Melamar Kerja Agar Mudah Diterima, Ini Yang Wajib Kamu Lakukan

Ngomongin soal pekerjaan memang sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup, ya kerja itu sangat penting, apalagi uang tidak bisa di dapat dengan mudah harus banyak usaha nyata serta kerja keras untuk mendapatkan sepeser rupiah.

Tujuan bekerja adalah untuk bisa mendapatkan penghasilan, dimana uang adalah barang terpenting, apalagi jaman sekarang ini segala sesuatu harus di beli dengan uang, sehingga uang itu penting.

Sulitnya mencari kerja adalah hal yang wajar, apalagi jika kamu orangnya tidak mau banyak usaha, dijamin deh kamu gak bakalan bisa hidup dengan semangat tanpa adanya pemasukan.

Bayak sekali jenis-jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan, mulai dari jualan, kantoran, dan masih banyak bahkan ribuan jenis pekerjaan ada di dunia yang nyata ini.

Apakah kamu ingin melamar pekerjaan? Jika ia tentu saja di jaman yang serba canggih ini melamar pekerjaan harus diiringi dengan upaya yang ekstra dan strategi yang baik agar bisa mendapatkan pekerjaan seperti yang diinginkan yang mungkin sekarang kamu sedang melamarnya.

Apalagi jika jenis pekerjaan yang kamu lamar begitu di minati oleh banyak orang, sehingga kesempatan itu sangat sempit untuk diterima bekerja. Yang harus kamu ketahui perusahaan tersebut pastinya menginginkan pekerja yang bermutu, agar tanggung jawab nya bisa dilakukan dengan baik dan bijaksana.

Mengingat banyaknya saingan kamu di bidang yang sama untuk melamar dan mendapatkan pekerjaan, tentu kamu harus punya startegi agar peluang itu bisa kamu capai dan bisa menyaingi orang yang lebih tinggi dari kamu dalam bidang yang sama.

Dan sekarang kamu sedang melamar pekerjaan dan ingin diterima perusahaan, atau kamu sedang ada niat untuk melamar pekerjaan dan ingin mudah saat interview dan diterima tentunya. Ada beberapa hal wajib yang harus kamu lakukan, jika benar kamu ingin diterima oleh perusahaan yang kamu lamar.

Apa saja hal yang harus kamu lakukan? Berikut adalah langkah-langkah yang wajib kamu lakukan saat kamu melamar pekerjaan dan ingin diterima.

#tunjukan pengalaman kamu sesuai dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar, ini wajib

Berpengalaman itu sangat penting, apalagi di bidang pekerjaan, tentu saja semua perusahaan ingin memiliki karyawan atau pekerja yang sudah berpengalaman tinggi di bidang pekerjaan tersebut. Hal ini karena perusahaan tidak perlu lagi mengajarkan karyawannya dari nol.

Apalagi jika karyawannya sudah berpengalaman di bidang pekerjaan yang sama, maka pekerjaan pun akan cepat selesai, bahkan keuntungan yang diperoleh perusahaan pun akan meningkat karena pekerjanya bekerja dengan cepat dan maksimal.

Tentu saja jika di bandingkan dengan pekerja yang belum berpengalaman di bidang itu, tentu perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk melatih atau mengajarkan pekerja yang baru masuk di perusahaan tersebut.

Jika kamu memiliki pengalaman yang tinggi, maka kamu ada peluang untuk diterima di bidang yang kamu lamar, dan jika kamu tidak ada pengalaman sama sekali, maka kesempatan untuk diterima pun akan lebih mengecil. Dari situlah kenapa harus melamar pekerjaan di bidang yang kamu sudah mengalaminya.

Lalau bagaimana jika tidak memiliki pengalaman, atau baru bekerja? Kan kamu pernah kuliah, inilah alasan kamu kuliah, yaitu untuk membantu kamu mengetahui segala hal dalam pekerjaan yang nantinya akan kamu kerjakan setelah kuliah, dan teruslah asah otakmu saat kamu kuliah, pelajari semua hal di dalam pekerjaan, sesuai jenis yang kamu ambil semasa kuliah.

Dengan itu, meskipun kamu belum berpengalaman, maka perusahaan akan melihat bahwa kamu sudah mengetahui gambaran pekerjaan yang akan dibebankan kepada kamu.

#gunakanlah istilah yang sesuai dengan bidang pekerjaan saat kamu sedang wawancara atau interview

Jadi, jika kamu sedang interview gunakanlah kata-kata atau istilah-istilah yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang sedang kamu lamar tersebut, dengan ini dapat mengindikasikan bahwa kamu memiliki pengalaman di bidang tersebut. Oleh sebab itu, gunakanlah istilah yang umum digunakan oleh kalangan yang bekerja di bidang itu.

Mungkin kamu bisa menggunakan istilah-istilah yang umum digunakan sesuai di bidang yang sedang kamu kamar, seperti kamu sedang melamar jadi wartawan maka kamu dapat mengatakan istilah Narsum yautu narasumber untuk meyakinkan pewawancara tersebut, dengan begitu, kamu akan mudah diterima karena kamu sudah berpengalaman menjadi wartawan.

#katakan sejujurnya dan apa adanya, jangan sampai melebih-lebihkan

Saat kamu sedang interview, maka jawablah semua pertanyaan yang ditanyakan kepada kamu, sesuai dengan kepribadian kamu. Dan jangan pernah kamu mengada-ada atau melebih-lebihkan jawaban tersebut, ini akan merugikan kamu. Kemudian ingatlah jawaban sebelumnya, karena pertanyaan selanjutnya harus dijawab sejalan dengan jawaban yang sebelumnya kamu jawab atas pertanyaan tersebut.

Coba bayangkan, jika jawaban kamu tidak sejalan, maka kamu akan di cap sebagai pembohong. Dan kamu akan ditilai jelek, belum jadi pekerja kamu sudah berani berbohong, lalau bagaimana jika nanti kamu sudah benar-benar jadi karyawan? Itulah nanti yang ada dibeak atasan kamu yang sedang mewawancarai kamu.

Sehingga perusahaan akan mempertimbangkan lebih sulit lagi, apakah kamu layak diterima? Jadi, jangan sampai jawaban yang kamu berikan tidak sesuai atau berlebih-lebihkan dari pertanyaan tersebut dan jawaban selanjutnya tidak sejalan dengan Jawa tadi. Dan jawablah dengan jujur sesuai pengalaman kamu dalam bekerja.

#berikan mereka alasan yang wajar, kenapa kamu pindah dari pekerjaan kamu sebelumnya

Terlalu sering ganti-ganti pekerjaan adalah hal yang menjadi masalah besar saat kamu melamar pekerjaan lagi. Jika kamu benar-benar pindah bekerja, maka berikan mereka alasan yang masuk akal kenapa kamu pindah kerja. Jika kamu tidak memberikan alasan yang masuk akal, maka dipastikan kamu tidak akan diterima perusahaan, karena mereka akan menilai bahwa kamu tidak loyal terhadap perusahaan.

Ini karena, perusahaan ingin memiliki pekerja dalam waktu yang lama, sehingga jangan pernah ganti-ganti pekerjaan ya sobat, dan bekerjalah dengan bijaksana serta jujur dan baik, sehingga apapun yang kamu harapkan dari pekerjaan yang kamu kerjakan akan mudah di capai.

Penting : jangan pernah menjelek-jelekkan pekerjaan kamu sebelumnya disaat kamu sedang wawancara atau interview, ini akan membuat citra kamu buruk dihadapan pewawancara kamu.

Sumber referensi : riau pos

Nah, itulah poin penting saat kamu melamar pekerjaan, dan jika ingin diterima perusahaan, lakukanlah hal tersebut, ini sangat membantu kamu untuk kesempatan diterima perusahaan di bidang yang kamu lamar tersebut.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.