Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah Dan Cepat Hafal

tips belajar bahasa inggris

Bisa bicara bahasa inggris memang menjadi kebanggan diri kita sendiri, sehingga belajar bahasa inggris bisa sikatakan wajib, karena bahasa inggris itu merupakan bahasa International sejak dulu hingga saat ini, namun semua orang pasti meraskaan betapa sulitnya bisa bahasa inggris karena kosakata dan cara pengucapannya yang berbeda.

Kenapa harus bisa Bahasa Inggris? Sekali lagi saya katakan bahwa bahasa inggris adalah bahasa international, selebihnya lagi buat kamu yang memang memiliki pendidikan tinggi percuma jika tidak memahami bahasa inggris. Contohnya saat kamu ingin kuliah di luar negeri, apa yang kamu lakukan jika tidak bisa bahasa inggris?

Kemudian, jika ada acara-acara international, kemudian kamu di undang ke acar tersebut, dan jika kamu tidak bisa bahasa inggris, bagaimana kamu mengerti apa yang sedang di bicarakan dalam acara itu? Dan bagaimana cara kamu menyampaikan pendapat di acara international tersebut?

Dan masih banyak sekali hal-hal yang mewajibkan kamu bisa bahasa inggris, apalagi kalau kamu punya cita-cita yang tinggi, misal ingin kerja ni Nassa, gimana kalau kamu enggak bisa bahasa inggris? Bahkan ketika kamu ingin melamar pekerjaan di Indonesia, perusahaan sangat senang jika lamaran tersbeut berbahasa inggris (Pengalaman waktu sekolah SMK AP yang tidak lulus).

Nah, buat kamu yang ingin bisa berbahasa inggris dengan pembelajaran yang mudah, maka kamu bisa melakukan tips-tips yang akan saya bahsa ini, meskipun tidak saya lakukan, tapi insa allah ini bermanfaat bagi kamu dan kalian semua.

1. Install aplikasi kamus bahasa inggris di smartphone

Hal pertama ini sangat membantu, kenapa? Karena jika kamu memiliki atau menginstall aplikasi bahasa inggris di smartphone kamu, di manapun dan kapanpun kamu bisa belajar bahasa inggris, sehingga hal ini akan menambah ilmu bahasa inggris kamu, dan tentu saja belaajr bahasa inggris kamu menjadi mudah, selebihnya lagi, dalam aplikasi bahasa inggris biasanya ada fitur Voice, sehingga jika kamu tidak tahu membaca kosakata tersebut, maka kamu bisa mendengarkannya terlebih dahulu.

Selain itu, dengan membuka kamus bahasa inggris di smartphone pun jauh lebih mudah ketimbang buka kamus di buku yang harus mencari kata yang ingin kamu terjemaahkan, contohnya kamu ingin mencari arti Hidup, maka kamu tinggal gunakan fitur pencarian yang tertera di apliaksi tersebut, tanpa harus mencari terlebih dahulu sesuai abjad seperti di kamus offline.

Kamu bisa mengunduh aplikasi bahasa inggris di smartphone android atau IOS kamu dengan gratis dan cepat, tentu tidak memakan waktu yang amat lama.

2. Mendengarkan lagu bahasa inggris

Kemudian kamu juga bisa lho mendengar musik sambil belajar bahasa inggris, biasanya saat kamu mendengarkan musik maka kamu akan ikut-ikutan melantunkan lagu yang kamu dengarkan, sehingga kamu akan mudah hafal dan tanpa harus menghafal satu-persatu liriknya, cukup dengan mengikuti lagunya saja kamu sudah hafal.

Nah, jika kamu sering mendnegarkan musik yang berbahasa inggris, maka hal serupa akan kamu lakukan, tentu saja dengan mengikuti lirik lagu yang sedang kamu denganrkan, kamu bakal mudah hafal lirik yang berbahasa inggris tersebut, sehingga ini kelebihan musik selain menemani kesendirian, juga bisa di jadikan sebagai tempat belajar.

3. Membaca buku yang berbahasa inggris

Selagi ada waktu dan kamu masih bisa melakukannya kenapa tidak? Selain tips di atas, jangan lupa juga untuk selalu membaca buku yang mengandung seluruh kata bahasa inggris, misalnya kamu membaca Novel, maka carilah buku Novel berbahasa inggris di toko buku, atau kamu juga bisa membaca koran yang berbahasa inggris, ataupun buku bacaan lainnya.

Dengan begitu, kamu akan terbiasa membaca bacaan yang berbahasa inggris, sehingga hal ini menjadi salah satu tempat dimana kamu belajar bahasa inggris, maka luangkan waktumu untuk membaca dan biasakan lah membaca sehingga wawasan kamu akan lebih banyak dan bahasa inggris pun akan lebih bisa kamu ucapkan jika membaca buku berbahasa inggris.

4. Biasakan berbicara dalam bahasa inggris

Nah, selanjutnya kamu biasakan juga berbicara dalam bahasa inggris, kamu tahu kan Deddy Corbuzier atau Boy Williams? Kamu sering kan mendengar mereka bedua selalu menempatkan bahasa inggris yang mereka gunakan untuk berbicara saat ada acara yang mereka bintangi?

Ikuti yang mereka lakukan saat berbicara yaitu berbicara dalam bahasa inggris, mereka berdua pinter lho bahasa inggrisnya, karena mereka sering bebicara dalam bahasa inggris sehingga tidak ada kata yang salah yang mereka ucapkan, karena ya sudah terbiasa, kamu juga bisa lho seperti mereka jika terus berlatih.

5. Nonton film luar negeri

Kamu suka nonton film-film aksi luar negeri? Seperti Stars Warsh, atau film box office? Nah, jika suka, jangan cuma nonton aja, karena kamu juga bisa lho belajar bahasa inggris dari film. Kamu tahu kan? biasanya dalam film luar negeri yang berbahasa inggris pasti ada terjemaahnya di layar kaca TV.

Dengan itu, kamu dengarkan apa yang di katakan dalam film itu dan lihat apa terjemaahnya, sehingga kamu bakal bisa bahasa inggris dengan mudah, dan terus ikuti apa yang di bicarakan dalam film itu serta terjemaahnya.

Jadi, itulah kira-kira tempat atau cara belajar bahasa inggris dengan mudah dan tanpa harus memerlukan banyak waktu, cukup luangkan waktu tertentu saja sambil bersantai kamu sudah berusaha belajar bahasa inggris seperti yang sudah saya jelaskan di atas, jika terus berlatih, insa allah kamu akan berhasil.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.