Peranan Keluarga Sangat Penting Dalam Pendidikan Era Digital

Pendidikan merupukan sebuah hal utama untuk menjadi penerus bangsa, bahkan untuk meraih sukses dimasa depan. Hal ini tentunya membuat para orang tua sangat penting dalam mendorong dan mendukung anaknya untuk sukses mengejar pendidikan.

Peranan orang tua memang sangatlah penting, orang tua adalah awal dari suksesnya si buah hati dalam meraih keberhasilan pendidikan dan mengejar cita-citanya.

Dalam pendidikan di era digital ini, tentu saja orang tua harus lebhi serius lagi dalam mendukung dan mengawasi buah hatinya untuk mencerminkan sebuah niscaya akan keberhasilan sang buah hati dalam menjenjang pendidikan.

Keterlibatan orang tua tentunya bisa mewujudkan si buah hati meraih cita-citanya, tanpa dorongan dan dan dukungan dari orang tua dan keluarga tentu saja pendidikan yang diraih si buah hati tidak akan tercapai.

Masih banyak para orang tua yang kurang mendorong dan melibatkan dirinya dalam pendidikan anaknya, tentu saja ini adalah hal yang salah, karena sekali lagi pendidikan adalah kunci utama dalam mendorong anak untuk masa depannya.

Pendidikan di era digital dan perlibatan orang tua

bimbingan orang tua dalam pendidikan sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id
bimbingan orang tua dalam pendidikan sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

Tentu saja di jaman yang serba teknologi ini memudahkan kita dalam segala hal, termasuk pendidikan, dalam pendidikanpun, teknologi yang semakin canggih ini tentunya memberikan tnantangan tersendiri terhadap pendidikan yang sedang di jenjang, maka itulah pentingnya peranan para orang tua dalam mengawasi dan mendorong anaknya untuk pendidikan yang sedang dia jalani.

Teknologi yang selalu berupaya untuk memberikan kita kemudahan dalam segala hal harus kita konsumsi dengan sangat baik, karena teknologi memiliki sifat buruk yang mestinya kita hindari, termasuk keburukan dalam pendidikan.

Era Digital yang sekarang semakin canggih memberikan sebuah dorongan terhadap orang tuas dan keluarga untuk mendukung dan membimbing anaknya dalam pendidikan yang sedang dia kejar. Bukan hanya ketika disekolah saja, belajarpun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, ini yang menjadi peran pentingnya orang tua untuk si buah hatinya.

Ya, perlibatan orang tua harus terjamin kelanjutannya, seperti yang dikutip dari laman Sahabat Keluarga kemdikbud, Hal itu dikatakan Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Sukiman, saat membuka Bimbingan Teknis Pengembangan Model Pendidikan Keluarga gelombang ke-2 di PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Minggu, 11 Februari 2018.

“Harus diperhitungkan  ketika pamong belajar yang mengembangkan model sudah pensiun atau pindah tugas. Bagaimana keberlanjutannya. Harapan kita, ketika ditinggalkan, program terus tumbuh dilanjutkan pihak sekolah, “ kata Sukiman.

Diakuinya, kalau mau fair, penilaian pengembangan model itu seharusnya dilakukan di tahun kedua atau ketiga dengan melihat keberlanjutannya. “Pendekatannya bukan pendekatan proyek, tapi bagaimana  keberlanjutannya, apakah perlu intervensi tambahan, misalnya kebijakan tambahan dari BP atau PP PAUD dan Dikmas atau para UPT dan sebagainya, “lanjut Sukiman dari laman Sahabat Keluarga Kemdikbud.

Dorongan orang tua dalam mendukung pendidikan si buah hati di era digital

pentingnya peran orang tua dalam membimbing pendidikan anak sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

Sangat penting, orang tua harus lebih waspada dalam mendukung dan mendorong anaknya dalam pendidikan di era digital ini. Keberhasilan anaknya dalam mewujudkan cita-cita tentu saja harus di bimbing dengan lebih baik lagi oleh keluarga.

Ketika orang tua tidak bisa mendukung dan mendorong anaknya berpendidikan, tentu si anak pun gagal dalam meraih pendidikannya, apalagi jika orang tua yang kurang perhatian dalam pendidikan anak, mau jadi apa anaknya nanti?

maka, jangan menyepelekan pendidikan, karena pernanan orang tua sangat penting, dukung dan bimbinglah si anak belajar dalam segala hal apapun di era digital ini dengan lebih baik lagi.

Peran orang tua bersama Sahabat Keluarga Kemdikbud dalam pendidikan di jaman kekinian

mendorong anak dalam pendidikan sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

Era digital tentu saja merupakan suatu hal yang menyebar luaskan sarana informasi di jaman kekinian, tentu saja kita harus ingat dalam mengkonsumsi informasi yang sangat luas di kalangan pendidikan. Banyak kasus-kasus korban era digital yang membuat si anak gagal dalam pendidikan.

Keterlibatan keluarga dalam pendidikan era digital tentu sudah di dukung oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI NO 30 Tahun 2017 tentang perlibatan keluarga dalam pendidikan.

 

 

 

Pentingnya peran keluarga dalam mendukung anaknya dalam pendidikan di era digital ini sudah jelas sekali, sangat penting, bahkan orang tua adalah peran utama akan hal tersebut, jadi kita harus lebih baik lagi dalam mendorong dan mendukung anak dalam pendidikan di jaman ini.

Bukan cuma belajar di sekolah saja, orang tua yang memiliki peran penting dalam pendidikan harus bisa membagi waktu untuk membingbing anaknya belajar dirumah, dan usahakan jangan sampai ketularan teknologi yang berlebihan, lebih baik lagi, jauhkan dia dari yang namanya gadget, karena ini sangat mengganggu dirinya dalam belajar dan tentu saja ketularan gadget membuatnya malas untuk belajar, darisitulah pendidikannya gagal dan mood dia untuk belajarpun berkurang.

#sahabatkeluarga



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.