Menguasai Bahasa Inggris Itu Sulit

Hal-hal paling aku benci saat masih sekolah adalah saat datang pelajaran Bahasa Inggris, bisa di katakan pelajaran ini paling aku benci di waktu aku sekolah, SD-SMP ada pelajaran Bahasa Inggris dan aku berhenti di Kelas Satu SMK, eh enggak bahas soal pendidikan aku ya, tapi bahas tentang Sulitnya Menguasai Bahasa Inggris.

Di setiap pendidikan di Indonesia takan lepas dari pelajaran bahasa inggris, karena bahasa inggris adalah bahasa Internasional yang memungkinkan kita untuk menguasainya, namun faktanya tidak segampang itu menguasai bahasa inggris, apalagai aku yang pemalas.

Sebenarnya mudah kalau kita mau belajar, belajar itu butuh waktu yang lamanya minta ampun untuk bisa menguasai apa yang kita pelajari, seperti bahasa inggris, meskipun sulit, namun kalau kita terus belajar, insa Allah deh kita mampu menguasai seluruh kosakata dalam bahsa inggris serta artinya.

Kenapa sih menguasai Bahasa Inggris itu sulit sekali?

Bahasa inggris itu sulit
Gambar/economist.com

Bagi warga Indonesia, bahasa inggris merupakan bahasa asing, walaupun asing tapi kita diharuskan untuk bisa menguasainya, karena bisa kita lihat di negara kita banyak sekali turis-turis asing yang sering kali menggunakan Bahasa Inggris untuk berbicara, karena bukan hanya di Indonesia saja yang diharuskan, di Negara lain, temasuk Jepang dan lainnya warganya harus bisa bahasa inggris.

Kenapa? Ya, kita sudah tahu bahwa Bahasa Inggirs adalah Bahasa Internasional atau bahasa dunia. Tapi ada yang membuat aku jengkel, ketika pergi ke salah satu Negara yang berbahasa inggris, kita tidak dapat berbicara dengan bahasa Indonesia, sedangkan mereka yang berkunjung ke Negara kita, mereka juga tidak menggunakan bahasa indonesia, ya itulah hal yang membuat aku jengkol eh jengkel maksudnya, tapi ya itu tadi, B. Inggris merupakan B. Internasioanl.

Kenapa sulit di kuasai?

Bahasa inggris itu sulit
gambar/translangways.com

#Cara pengucapan dan penulisan bahasa inggris itu berbeda, sehingga ini menjadi alasan utama

Nah, aku sudah bilang di atas, bahwa untuk menguasai bahasa inggris kita membutuhkan daya ingat yang tajam, hal ini karena dalam bahasa inggris, penulisan dan pengucapannya berbeda, tidak seperti bahasa indonesia, contohnya One bukan dibaca one, tapi di baca Wan, Apple dibaca Epel.

Berbeda dengan bahasa indonesia, kalau bahasa kita cara pengucapan dan penulisannya sama, contohnya, baca aja tulisan ini, apa beda cara baca dan cara nulisnya? Paling cuma ada Typo doang, hehe. Terkadang B.Inggris seunik itu, di tulisnya ini di bacanya itu, hmm makanya susah banget di kuasai.

Untuk mempelajari Bahasa Inggris kita membutuhkan banyak hal, mempelajari kosakata, struktur kalimat, pengucapan di setiap kata, dan mungkin masih banyak lebih dari itu, maka kita butuh proses banyak memakan waktu yang bukan sedikit untuk menguasainya.

#Berbicara dalam bahasa inggris terbolak-balik

Memang, bahasa inggris bukan bahasa yang mudah untuk di pelajari, bahasa inggris pula bukan bahasa yang cuma bahasa internasional, tapi bahasa penuh dengan perjuangan untuk bisa mempelajari dan menguasainya, orang Indonesia sulit menguasai bahasa inggris, bahkan hampir seluruhnya.

Kalau kita tahu artinya, maka saat kita berbicara dalam bahasa inggris terbolak-balik dan gunta-ganti kata, sama layakanya seperti B. Indonesia, ada Aku, Saya, Gue, Bahasa Inggris pun begitu, ada I, My, dan Me. Tapi ada sedikit perbedaan dengan Bahasa Indonesia.

Jika dalam bahasa indonesia kita berbicara dengan kata itu, kita bebas menggunakan kata yang manapun, contohnya kita berbicara dengan teman, kita boleh menggunakan kata Aku atau Saya, kalau Gue kan bahasa gaul, jadi mungkin pantang untuk di ucapkan.

Dalam bahasa inggris bukan seperti itu, tapi kata-kata dalam topik pembicaraan berbeda, misalnya berbicara mau melakukan sesuatu, contoh, Aku Mau Pergi Kalau bahasa indonesia “AKU” nya kita bebas mau menggunakan saya atau gue, tapi dalam bahasa inggris harus menggunakan kata “I‘ (ai), nah sedangkan untuk menyebutkan kata benda kita harus menggunakan kata ‘My” Contohnya ini blog saya, coba kalau B. indo, Ini Blog saya/aku/gue bebas, tapi kalau bahasa inggris harus menggunakan beda kata, apalagi katanya di balik.

Ini Blog Saya, Maka pengucapan katanya menggunakan kata “my” (This my blog) dan kata my tersebut bukan di akhir kata tapi di tengah-tengah, beda banget kan sama indo, makanya sulit sekali mempelajari bahasa indo, itu cuma contoh kecil saja, kalau sudah mempelajari yang lebih dalam, maka lebih sulit, berjuta bahasa dalam Inggris mengandung arti yang sama namun kata/pengucapan/penulisan/penempatan yang berbeda.

Maaf ya sob, kalau tulisannya kurang kamu pahami, soalnya aku gak paham bahasa inggris, tadi aku udah bilang kalau pelajaran bahasa inggris waktu sekolah adalah pelajaran yang paling aku benci, alsannya ya karena ini yang sedang kita bahasa sekarang.

Jadi, dalam penggunaan bahasa inggris ada tahap-tahapnya yang di bantu dengan Kata Kerja atau lebih sering di kenal ada Verb nya gitu, atau apalah aku enggak ngerti, suer aku enggak ngerti, yang aku ngerti cuma I Love You doang, hehe, ya itu bahasa Inggris paling mudah di pelajari, bahkan anak SD kelas 1 pun bisa, hahaha.

Jangan lepaskan pelajaran kalau kamu mau menguasainya

Bahasa inggris itu sulit
gambar/makeitation.com

Jika kamu benar-benar ingin menguasai jangan sampai melepaskan pelajaran dan terus belajar, dimanapun dan kapanpun jangan sampai lepas, dan kalau bisa mending kursus, dengan kursus kamu akan mudah mendapat pelajarn mengenai hal-hal apa saja yang ada dalam bahasa inggris agar mudah dikuasainya.

Intinya, kalau kamu mau bisa atau menguasai, meskipun cuma satu kata kamu pelajari, jangan sampai lepaskan, dengan berus belajar dan berusaha Insa Allah, kamu pasti bisa menguasainya, bahkan seluruh kata-kata dan artinya bisa kamu kuasai, I, You We, They, He, She, IT, hehe, biasanya aku sering di ajari kata itu.

Segitu aja kali ya, aku pusing kalau ngomongin bahasa inggris, eh suruh siapa mau nulis artikel tentang bahasa inggri? Intinya aku mah cuma ngingetin aja sih, kalau bahasa inggris itu sulit di mengerti, hm kaya orang pacaran aja sulit dimengerti. Aku cuma ngasih motivasi aja, karena sulit jadi jangan lepaskan pelajaran kamu mengenai bahasa inggris.

Lah, kalau cuma itu mah ngapain harus panjang lebar? Eh sue lu, banyak bacot, udah lah pusing aku, selamat mempelajari bahasa inggris aja ya yang ingin bisa menguasai B. Inggris, aku mah enggak, pusing, dan semoga kalian cepat bisa dan terkuasai, aku mah mau nguasai dunia blog aja dan menguasai hatimu, hehe, oy khusus untuk cewek jomblo aja itumah ya.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

2 Comments

  1. bahasa inggris itu mudah kok. Haha, saya aja bisa. Malah udah ngobrol ngalur kidul sama bule2 diluar sana.

    Bahasa asing ini ga spesial lagi, tapi lebih ke wajib. Karena semua orang udah menggunakannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.