Cek 4 Penyebab Pusing Ketika Berdiri, Ternyata Berhubungan Dengan Darah

Sobatku, artikel seputar kesehatan akan terus menerus saya publikasikan dan bagikan kepada kalian, karena bagi saya kesehatan itu sangat penting, sehingga artikel kesehatan adalah utama yang akan saya tulis pada blog ini. Dan, pada kesempatan ini saya akan nulis tentang penyebab pusing ketika bangun.

Sobat, apakah kamu pernah merasakan pening atau pusing ketika kamu berdiri? Jika pernah mengalami hal ini wajib kamu waspadai, karena ini merupakan tanda terancamnya kesehatan tubuh kamu, dan ternyata paling dekat adalah masalah darah.

Saya pernah mengalami hal seperti ini, ketika bangun setelah duduk, yang dirasakan mata kabur dan pusing. Namun saya abaikan karena saya gak tahu kalau ada hubungannya dengan kesehatan.

Setelah mata kabur ketika berdiri, untuk menghilangkannya butuh waktu beberapa menit, baru pusing dan mata kabur akan hilang tiba-tiba, dan perasaan akan kembali semula.

Ternyata, ini ada kaitannya dengan masalah kesehatan, sehingga kamu harus mewaspadai hal ini ya sobatku. Ada dua penyebab dari hal ini, ada dari penyakit dan bukan penyakit, tapi saya akan ulas penyebabnya oleh penyakit, untuk mewaspadainya, haral perhatikan ketika kamu mengalami ini, maka ini berarti ada hal dari kesehatan yang bermasalah.

1. Kurangnya darah dalam tubuh atau anemia

Penyebab pertama yang membuat kamu pusing ketika berdiri, ternyata ini bisa terjadi akibat kurangnya darah. Ketika hemoglobin atau sel darah merah yang mengantar oksigen ke seluruh tubuh berkurang, maka kamu akan merasa pusing ketika kamu bangun.

Selain pusing, kurangnya hemoglobin juga dapat membuat kamu mudah lelah, sesak dada, sering mual, dan denyut jantung tidak beraturan. Sehingga ini adalah masalah yang lumayan besar. Kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan sehat sesering mungkin, yang mengandung banyak folat, zat besi dan vitamin.

2. Hipotensi atau tekanan darah rendah

Pasokan oksigen penting ke otak terhambat, sehingga tekanan darah menjadi rendah. Ini bisa terjadi karena kurang minum, kurang tidur, dan haid yang tidak normal.

Maka efek dari rendahnya tekanan darah adalah pusing ketika kamu berdiri atau bangun setelah duduk. Selain itu, efeknya juga akan berakibat mata berkunang-kunang, mudah lelah sampai pingsan, dan keringat yang dingin.

3. Aliran darah yang tidak lancar

Mudah kesemutan bisanya salah satu gejala yang umum ketika kamu duduk atau tidur dalam waktu lama dan tanpa merubah posisinya. Ini karena aliran darah dalam tubuh tidak mengalir dengan lancar.

Jika dipaksakan berdiri ketika tubuh belum normal, kamu akan merasakan pusingnya kepala kamu, bahkan bisa saja membuat kamu jatuh. Maka, jika kamu sering atau pernah mengalami ini, buru-buru deh pergi ke dokter.

4. Kekurangan minum air putih

Kurang minum akan membuat kesehatan tubuh terancam, sehingga asupan air dalam tubuh jangan kamu sepelekan, jika tubuh kamu ingin tetap sehat tanpa adanya masalah.

Mungkin umumnya dehidrasi, tapi bukan hanya dehidrasi saja, kurang minum juga akan membuat kamu mudah lelah, gangguan ginjal, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, kulit kusam dan kering, juga pusing tiba-tiba, ini akan terjadi jika kamu kurang minum.

Maka, jangan sepelekan aturan kesehatan, seperti standar minum minimal 8 gelas atau dua liter per hari, agar tubuh kamu tetap sehat dan terhindar dari masalah ngeri seperti yang telah saya tulis.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.