Ini Dia 5 Manfaat Daun Kelor Untuk Membuat Tubuh Sehat

Daun kelor adalah daun dari tanaman kelor yang memiliki ukuran daun yang sangat kecil, memang dari dulu daun kelor telah dipercaya dan digunakan sebagai bahan obat alternatif dan obat tradisional.

Daun kelor bisa ditemukan di pinggir-pinggir jalan ataupun sungai, karena biasanya kelor tumbuh secara bebas di perkebunan, perhutanan, maupun di tengah perkampungan. Di daerah saya, daun kelor biasa digunakan sebagai bahan makanan untuk kambing, karena ini adalah makanan kambing yang banyak manfaatnya.

Selain makanan kambing, ternyata daun kelor juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi manusia, maka jangan sampai kamu sepelekan daun kelor ini ya sob. Untuk kamu yang ingin tahu manfaat dari daun kelor bagi manusia, maka saya akan kasih tahu. Nah, dibawah adalah manfaat daun kelor yang wajib kamu ketahui.

1. Bisa digunakan sebagai obat sariawan

Siapa yang sering sariawan? Mungkin kamu sering membeli obat di apotek atu pergi ke dokter untuk mengobati sariawan, namun kamu tidak perlu lagi lakukan hal itu, karena ternyata daun kelor juga bisa menjadi obat bagi kamu yang lagi sariawan.

Kamu tahu, sariawan diakibatkan oleh kurangnya vitamin C, sehingga penyakit ini akan kamu rasakan pada mulut, dan daun kelor bisa memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh kamu. Hal yang menakjubkan dari daun kelor ini sangat luar biasa, ternyata daun kelor memiliki vitamin C melebihi buah jeruk, vitamin C pada daun kelor adalah 7X lipat daripada buah jeruk.

Jadi, saat kamu minum air rebusan daun kelor, vitamin C pada tubuh kamu akan terpenuhi, maka penyakit sariawan akan sembuh dengan cepat dan secara sempurna. Untuk melakukannya cukup mudah, kamu tinggal rebus daun kelor, dan minuman air rebusan tersebut sebelum tidur.

2. Dapat menyembuhkan penyakit rematik

Manfaat lain dari daun kelor yaitu bisa menyembuhkan penyakit rematik yang kamu rasakan. Nyatanya penyakit rematik disebabkan oleh tingginya kadar asam urat yang ada pada tubuh kita, gejala dari rematik akan kamu rasakan pada sendi, seperti nyeri sendi, juga pembekakkan pada persendian.

Daun kelor memiliki kandungan zat potassium yang dapat mengurangi kadar asam urat di tubuh kamu. Maka untuk mengatasi penyakit rematik ini bisa menggunakan daun kelor, dengan cara, mimunlah segelas air perasan daun kelor secara rutin, ini akan membantu mengobati penyakit rematik

3. Dapat mencegah tulang keropos

Untuk menghindari keropos tulang pada tubuh kamu, kamu harus bisa memadatkan tulang agar tidak mudah keropos. Tentu saja caranya dengan menambahkan kalsium agar tulang padat dan tumbuh secara maksimal.

Dan, kamu tidak perlu bingung bagaimana caranya agar kalsium bisa terpenuhi, karena daun kelor dapat mengatasinya. Mungkin kamu belum tahu, kalau kalsium pada daun kelor melebihi kalsium pada susu, hingga 4X lipat daripada kalsium yang ada pada susu.

Hal ini telah dikatakan oleh para ahli gizi, untuk itu jika kamu tak ingin mengalami tulang keropos, maka kamu bisa mencegahnya menggunakan daun kelor.

4. Menjaga kesehatan pada otak dan saraf

Jika kamu sering mengkonsumsi daun kelor, hal tersebut sudah bisa menjaga saraf dan otak kamu dengan cara yang tepat. Mengapa? Karena daun kelor memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, jadi ini akan menjaga kesehatan pada otak juga sarat kamu.

Daun kelor mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tiroid, selain itu daun kelor juga dapat meningkatkan hormon serotonin yang akan membuat perasaan menjadi lebih baik. Dengan ini, otak dan saraf kamu akan bekerja lebih optimal lagi, ketika mood kamu dalam keadaan baik.

5. Menjaga kesehatan mata

Manfaat terkahir dari daun kelor ini dapat menjaga kesehatan mata kamu. Mata akan selalu sehat jika kamu sering mengkonsumsi daun kelor yang memiliki manfaat luar biasa ini.

Karena, ternyata daun kelor memiliki kandungan vitamin A dan juga mengandung beta karoten empat kali lipat daripada wortel. Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk fungsi dan struktur organ mata. Maka, kamu dapat mengkonsumsi daun kelor agar mata kamu sehat selalu.

Nah, sekarang kita tahu bahwa daun kelor ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan hidup kita, dimana telah saya tulis diatas manfaat dan khasiat dari daun kelor ini. Maka, untuk hidup sehat tidak perlu mahal-mahal, yang penting kita mau melakukannya.

Daun kelor yang biasa diabaikan, ternyata memiliki banyak manfaat yang harus kamu ketahui, dan itulah manfaat yang saya maksud.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.