Kebiasaan Makan Yang Dapat Meningkatkan Resiko Diabetes

Makan memang sangat penting untuk bertahan hidup, namun ternyata kesalahan dalam makan juga dapat menyebabkan penyakit, bahkan akan menyebabkan kematian.

Setiap makan tentu saja ada cara-cara tertentu, dan yang paling penting makan itu tidak harus berlebihan. Dab, ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan resiko meningkatnya penyakit diabetes.

Diabetes tipe 2 merupakan diabetes yang disebabkan karena resistansi insulin yang akan terjadi disaat tubuh kita tidak dapat menggunakan insulin dengan benar. Insulin merupakan sebuah hormon yang mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Nyatanya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sel penghasil insulin menjadi lemah dan gagal, mungkin kita sudah tahu, penyebab utama hal tersebut adalah kurangnya bergerak, merokok, obesitas, kebanyakan mengkonsumsi alkohol, dan juga banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar glisemik tinggi.

Selain hal tersebut, ternyata kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan dalam keseharian merupakan salah satu terjadinya diabetes meningkatkan. Kebiasaan yang mungkin tidak kamu sadari bahwa dapat meningkatkan resiko diabetes.

1. Sering ngemil buah-buahan yang kering

Makan buah-buahan kering merupakan salah satu penyebab meningkatnya resiko diabetes, karena buah kering menyebabkan lonjakan gula darah, juga tidak akan mencegah kelaparan, seperti buah-buahan yang segar-segar.

Nyatanya, serat yang dalam buah yang telah di keringkan akan berkurang tidak seperti aslinya. Kita tahu kalau serat merupakan hal terpenting untuk mengatur gula darah, maka ada baiknya jangan kebanyakan makan buah kering, lebih baik makanlah buah-buahan yang masih segar.

2. Kebanyakan makan daging merah

Meskipun katanya daging merah terkait pada penyakit jantung, namun nyatanya meskipun kita makan dalam jumlah yang tidak banyak, hal tersebut akan menyebabkan meningkatnya resiko diabetes sebesar 19%.

Hal ini dikarenakan, katanya daging merah dapat merusak sel yang menghasilkan insulin dalam tubuh. Maka, daging merah dapat meningkatkan resiko diabetes.

3. Makan sayuran bertepung

Sayuran merupakan salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi, karena banyak kandungan yang dapat membantu tubuh untuk selalu sehat. Namun, saat kamu makan sayuran, ada baiknya jangan dibarengi dengan makanan yang bertepung.

Seperti nasi dengan ubi jalar, jagung ataupun kacang polong. Jika ingin memastikan setiap makanan seimbang, silahkan kamu isi setengah piring dengan sayuran hijau, kemudian sisanya isikan dengan sayuran bertepung, atau protein dan biji-bijian.

4. Keseringan makan makanan olahan

Jika keseringan mengkonsumsi daging olahan setiap hari, ini dapat meningkatkan resiko diabetes sebesar 51%. Karena tingginya kadar garam dan kadar pengawet dalam daging olahan.

Untuk itu, usahakan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan olahan yang biasanya kamu konsumsi sehari-hari.

5. Kekurangan mengkonsumsi kacang

Seharusnya kamu sering mengkonsumsi kacang, karena lemak tak jenuh terdapat dalam kacang maupun biji-bijian yang dapat mencegah resiko diabetes dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Maka, jangan lupa untuk konsumsi kacang-kacangan, agar kamu dapat terhindar dari resiko diabetes yang merupakan penyakit dari kadar gula dalan tubuh.

Diatas merupakan kebiasaan sehari-hari saat kamu makan yang dapat menyebabkan meningkatnya resiko diabetes, maka usahakan untuk menghindari ataupun melakukan hal yang telah saya tulis diatas.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.