Hidup Sehat Dengan Melakukan Donor Darah

manfaat donor darah

Mendonorkan darah ternyata dapat membuat kita menjadi sehat

Berbagai cara agar hidup sehat memang tak jarang dilakukan orang-orang, karena hidup sehat adalah mutiara bagi kita semua sehingga jangan pernah kita sepelekan yang namanya Pola Hidup Sehat, ya begitu pentingnya kesehatan bagi manusia dan jangan pernah sesekali di asingkan. Bagi siapapun itu, kesehatan sangat penting, ada banyak cara untuk melakukan pola hidup sehat yang sering dilakukan orang-orang.

Dan, ada satu cara yang sangat istimewa agar kita hidup sehat, bukan hanya sehat, tapi banyak manfaat serta hal-hal yang didapatkan dari melakukan cara ini, manfaat bagi kita dan orang lain hanya melakukan satu cara untuk memulai hidup sehat. Apa cara itu? Adalah Donor Darah, kenapa harus donor darah apa Manfaat Donor Darah? Mari kita jelaskan manfaat dan hal-hal penting dari donor darah.

Menyumbangkan darah kepada orang lain atau disebut dengan donor darah, begitu banyak manfaat yang kita dapatkan, bukan hanya untuk penerima darah saja, melainkan kita juga akan mendapat sebuah mutiara dari mendonorkan darah, yakni kesehatan yang luar biasa bagi kita sang pendonor darah, sehingga jangan sungkan untuk menyumbang darah kepada orang yang membutuhkan.

manfaat donor darah
Photo Google

Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Menurunkan resiko penyakit jantung serta pembuluh darah

Mendonorkan darah secara teratur di cap dapat menurunkan kekentalan darah, dimana kekentalan darah adalah faktor yang meningkatkan terkena penyakit jantung. semakin kentalnya darah, semakin besar pula terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah.

Dan gesekan ini menyebabkan kerusakan pada sel-sel dinding pembuluh darah kemudian akan mengakibatkan terjadinya sumbatan pada pembuluh darah, dan apa yang akan terjadi? Tentu saja masalah besar pun akan kita rasakan ketika hal ini terjadi, maka kita dapat melakukan pencegahannya dengan rutin mendonorkan darah.

Manfaat donor darah juga membantu membuang kelebihan zat besi yang ada dalam tubuh.Zat besi yang berlebihan juga akan mengakibatkan oksidasi kolesterol, alhasil hal ini akan menyebabkan oksidasi menumpuk pada dinding arteri yang menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Jika kamu tidak mau hal ini terjadi, maka donor darah secara rutin lah solusinya, selain membantu orang yang membutuhkan, donor darah juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kita.

Menurunkan resiko kematian

Meskipun usia manusia hanya Allah yang tahu, tapi kalau kita berusaha kitapun akan berikan umur yang panjang. Sperti manfaat donor darah yang dapat memperpanjang usia karena tubuh kita sehat, jadi tuhan akan menganugerahkan kita ketika tubuh tidak mengalami masalah.

Ya, sebuah penelitian pun menyatakan bahwa orang yang mendonorkan darahnya memiliki resiko kematian yang rendah, selain kematian di pendonor yang rendah, pendonor juga dapat menolong orang lain dari kematian, sehingga manfaat ini merupakan suatu anugerah yang harus kita terapkan.

Donor darah dapat menurunkan resiko kanker

Selain menurunkan resiko terserang penyakit jantung, donor darah secara rutin juga mengandung manfaat yang bisa mengurangi kita terserang kanker. Dengan berkurangnya zat besi dalam tubuh, maka kanker pun akan sedikit resikonya.

Kadar zat besi dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan peningkatan radikal bebas di tubuh yang menjadi faktor besarnya terserang kanker serta penuaan, sehingga jika tak mau hal ini terjadi, jangan ragu untuk mendonorkan darah

Menurunkan berat badan

Siapa sangka, donor darah juga ternyata dapat menurunkan berat badan, cocok sekali nih buat yang lagi diet. Kenapa bisa menurunkan berat badan? Karena, rata-rata orang dewasa bisa membakar 650 kalori disaat memberikan 450 ml darahnya.

Meskipup begitu, bukan berarti donor darah dijadikan sebagai program diet ya, jangan sampai lho.

Memeriksa penyakit yang serius

Keran setiap kita mendonorkan darah kita akan mengalami pemeriksaan Nadi, suhu, tekanan darah, berat badan, dan kadar hemogolobin, membuat kita bisa mendeteksi dari kesehatan tersebut, bahkan kita juga harus memeriksa darah untuk mendeteksi penyakit hepatitis B dan C, malaria, sipillis dan HIV, tentu kita akan tahu apakah penyakit itu ada dalam tubuh kita atau tidak?.

Jadi, dengan mendonorkan darah kita dapat mengecek kesehatan dengan cuma-cuma, hanya dengan melakukan donor saja kita akan tahu betul mengenai kesehatan dalam tubuh kita, manfaat yang luar biasa bukan?.

manfaat donor darah
Photo google

Nah, begitulah manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita rutin mendonorkan darah kepada orang yang membutuhkan, selain akan membuat kita mendapat pola hidup sehat, kita juga tetunya membantu orang lain dari resiko-resiko akibat mereka tidak mempunyai darah yang cukup, dan bahkan kita dapat membantu orang lain terhindar dari resiko kematian, meskipun nyawa di tangan tuhan, tapi alangkah baiknya kita dapat melakukan uoaya untuk tetap menghindari kematian ya sobatku.

Jadi, mari kita tetap laksanakan berbagai cara untuk pola hidup sehat, seperti hal ini, jangan ragu untuk mendonorkan darah karena dengan ini kita bakal mendapat banyak manfaat yang luar biasa seperti yang telah kita bahas di atas, dan buat kamu yang ingin tahu info-info dan tips mengenai hidup sehat, kamu bisa mendapatkannya di situ DokterSehat, disana kamu bisa mengetahui info hidup sehat serta tips-tipsnya yang bisa kamu dapatkan hanya dalam genggaman saja dan tidak perlu repot-repot lagi.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.