Waspada, 7 Gejala Ini Bisa Menjadi Tanda Ginjal Kamu Bermasalah

Kalau ngomongin soal ginjal, organ tubuh yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh. Ginjal merupakan organ tubuh yang menyaring racun dalam tubuh setiap hari, sehingga salah satu organ tubuh ini wajib kamu jaga untuk kesehatan kamu. Ginjal sendiri ada dua, yaitu pada bagian kanan dan kiri di bawah tulang iga dan berbentuk seperti kacang merah.

Mungkin kamu sudah tahu, bahwa ginjal harus menyaring kurang lebih 20-150 Liter darah untuk menghasilkan sekitar 1-2 liter urine, yang merupakan bahan-bahan yang sama sekali tidak ada gunanya, juga cairan berlebihan, sehingga menjadi sebuah urine. Maka, kamu wajib tahu, kalau ginjal memiliki peran yang sangat penting.

Sepenting itukah? Ya tentu saja, bahkan sangat penting peran ginjal untuk tubuh dan menjaga kesehatannya. Ketika ginjal bermasalah, maka gejala-gejalanya akan kita rasakan dari beberapa pertanda yang akan kita bahas di bawah. Maka, sebelum terlambat, kamu harus mengamati, ketika beberapa gejala ini terjadi pada tubuh kamu.

1. Nyeri pinggang pada bagian atas punggung hingga menjalar ke area kemaluan

Ketika kamu merasakan nyeri pinggang yang terjadi pada bagian atas punggung bawah dan menjalar pada bagian kemaluan kamu, ini bisa menjadi pertanda bahwa ginjal kamu sedang dalam masalah. Bahkan kamu bakal merasakan nyeri ini secara terus-menerus, hingga kamu harus mewaspadai hal ini.

Jadi, ketika hal tersebut kamu rasakan dengan berkepanjangan, maka harus kamu waspadai, karena ini bisa saja menjadi tanda bahwa adanya permasalahan dalam ginjal kamu.

2. Rasa tidak enak dan membuat bau kurang sedap pada mulut

Disaat ginjal sedang dalam masalah, maka hal ini bisa saja menjadi tandanya. Kadar ureum yang tinggi sehingga menyebar dalam darah, bahkan bukan hanya menyebabkan gatal, akan tetapi hal ini juga dapat menyebabkan bau menyengat pada urine, dan mulut.

Selain itu, lidah pun akan merasa seperti sedang mengecap logam. Untuk itu, bau mulut dan bau urine bisa menjadi salah satu tanda akan permasalahan dalam ginjal.

3. Sulit berkonsentrasi dan badan mudah lelah walaupun aktivitas tidak terlalu banyak

Kelelahan juga ternyata bisa saja menjadi pertanda bahwa adanya masalah dalam ginjal, hal ini terjadi karena penumpukan racun dalam darah membuat badan mudah lelah dan juga badan sama sekali tidak memiliki tenaga.

Bukan hanya itu saja, ketika badan mudah lelah bisa juga disebabkan karena produksi sel darah merah semakin merendah, juga tingkat oksidasi pada ginjal yang bermasalah. Hal ini juga akan membuat kamu mudah pusing, menggigil, dan demam yang di akibatkan oleh anemia.

4. Kehilangan nafsu makan bahkan mual dan muntah-muntah

Penumpukkan metabolisme, seperti asam amino dalam darah yang menyebabkan efek toksik dan mengganggu fungsi kontrol nafsu makan dalam otak, sehingga kamu akan kehilangan nafsu makan dengan mudah dan mungkin saja membuat kamu kekurangan gizi.

Rasa muntah dan mual juga akan terjadi, karena zat sisa racun berkumpul dalam darah, penumpukan zat sisa racun tersebut merupakan mengganggunya pusat rasa muntah di tubuh, sehingga ini akan membuat kamu mudah mual dan muntah.

5. Kulit menjadi kering dan gatal-gatal

Peran ginjal juga cukup penting untuk menjaga kestabilan mineral dalam tubuh. Dan ketika ginjal tidak lagi mampu untuk menjaga keseimbangan mineral dan Nutrisi dalam darah sehingga kadar ureum akan meningkat dan menyebar dalam darah, maka kulit kamu akan mudah mengering juga akan terasa gatal-gatal.

Selain itu, bisa juga karena tubuh sedang melakukan proses menghilangkan racun yang tidak terbuang melalui pori-pori kulit. Untuk itu, kiat waspadai ketika kulit kamu tiba-tiba mengering dan mengeluarkan rasa gatal.

6. Gangguan pada sistem pernapasan karena penumpukan cairan dalam tubuh

Ketika ginjal mulai melemah, maka akan menyebabkan penumpukan cairan langsung pada ginjal, bahkan ada dalam organ tubuh lainnya, seperti anemia dan paru-paru yang dapat menurunkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Penumpukkan cairan pada paru-paru dapat membuat nafas kamu terengah-engah, padahal sebelumnya kamu tidak memiliki riwayat sesak nafas.

Sehingga suara kamu menjadi berat dan serak. Jadi, ketika ada gangguan pada sistem pernapasan seperti serak, sesak nafas, ataupun lainnya, maka kamu harus mewaspadai hal ini, bisa saja menandakan bahwa adanya gangguan dalam ginjal kamu.

7. Gangguan saat buang air kecil

Ini merupakan gejala yang paling terlihat ketika ginjal kamu dalam bermasalah. Ini karena fungsi utama dari ginjal adalah memproduksi urine, jadi ketika ginjal bermasalah, pola buang air kecil pun akan mengalami gangguan.

Saat kamu merasakan beberapa perubahan pada perkemihan ini harap kamu waspadai, di antaranya

– urine bercampur darah merupakan kebocoran pada ginjal

– Urine berubah warna menjadi gelap dan frekuensi buang air kecil berkurang

– urine berbusa yang menandakan kandungan protein tinggi yang tidak tersaring sempurna

– tekanan aliran akan berubah saat buang air kecil, seperti tersendat atau tidak lancar

– keinginan buang air kecil yang terlalu intens di malam hari, namun kadarnya sedikit bahkan sama sekali tidak keluar

Jadi, saat kamu mengalami gangguan tersebut di saat buang air kecil, maka ini harap kamu waspadai, dan segeralah pergi ke dokter untuk di periksa.

Nah, itulah gangguan yang bisa menjadi pertanda adanya permasalahan atau gangguan yang terjadi pada ginjal tubuh kamu, untuk itu kamu harus lebih waspada dan jangan di sepelekan jika kamu merasakan 8 gangguan diatas pada tubuh kamu.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.