10 Efek Buruk Jika Kurang Tidur, Ini Yang Akan Terjadi

Tidur itu salah hal untuk mengistirahatkan tubuh agar tidak buruk kesehatannya, apalagi jika kita lelah, lemah, dan lesu, tidur adalah cara yang sempurna agar tubuh segar kembali hingga aktivitas bisa dilakukan dengan mudah dan semangat.

Kekurangan tidur merupakan hal buruk bagi kita, terutama untuk kesehatan tubuh, karena kurangnya istirahat tubuhpun akan mudah terserang penyakit, sehingga kita diwajibkan untuk mengistirahatkan tubuh dengan cara tidur.

Apalagi saat kita ngantuk, tentu saja tidur salah satu cara untuk menghilangkan kantuk.

Dan, jika kekurangan tidur, apa yang akan terjadi pada tubuh kita? Tentu saja efek buruk yang mengancam kesehatan tubuh. Apa saja efek negatif tersebut? Mari kita simak.

1. Mudah sakit akan kita rasakan

Jika mata kurang tidur dan sakit pun akan mudah menyerang kita, karena kurangnya tidur dapat mengurangi kemampuan untuk melawan penyakit. Tentunya tidur ada kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh, sehingga saat tidur, sistem kekebalan tubuh manusia akan menghasilkan protein.

Protein tersebut dinamakan CYTOKINES yang memiliki kegunaan saat kamu tetkena infeksi atau peradangan. Jadi, jika tubuh kekurangan tidur, protein cytokines pun tidak akan di dapatkan dengan sempurna oleh sistem kekebalan tubuh.

2. Kulit akan mudah keriput, sehingga cepat tua

Bahkan kekurangan tidur dapat membuat kulit mudah keriput, sebuah riset mengevakuasi sekelompok orang berumur 30 sampai 50 tahun berdasarkan kebiasaan tidur mereka. Hasilnya beberapa orang yang kurang tidur memiliki banyak kulit kering, keriput, kulit kendor, garis halus, juga warna kulit yang tidak merata.

Selain itu, responden juga mengatakan bahwa mereka kurang puas dengan penampilan dan kepercayaan diri mereka. Gak mau kan cepat tua?

3. Mudah lupa dan kehilangan fokus

Kamu tahu kan? Banyak orang yang kecelakaan gara-gara kurang fokus, nah itulah yang mungkin akan terjadi jika kekurangan tidur, karena waktu tidur yang kurang dapat membuat ketidakfokusan atas hal yang kita lakukan, termasuk berkendara, belajar, dan hal lainnya.

Bahkan ada pengaruh buruk bagi daya ingat dan kemampuan untuk menyerap informasi. Jam tidur itu punya peranan penting bagi proses penyimpanan dan pengolahan informasi dalam otak. Maka, agar tidak mudah kehilangan fokus dan daya ingat tetap kuat, jangan sepelekan waktu tidur, tidur lah dengan waktu yang sempurna.

4. Resiko diabetes akan meningkat

Bukan hanya kelamaan tidur saja yang mudah meningkatkan resiko diabetes, kekurangan tidur pun dapat mengakibatkan hal serupa. Waktu tidur yang tepat adalah 7-8 jam, maka hal ini akan menghindari masalah insulin yang mengarah ke diabetin

Mungkin kamu ini gak masuk akal, tetapi nyatanya kekurangan dan kelebihan tidur ada kaitannya dengan resiko diabetes. Ini mungkin karena lingkaran perut yang melebar.

5. Menurunkan kesehatan jantung

Jika waktu tidur kamu kurang dari 5 jam dan lebih dari 9 jam, maka ini berpengaruh pada kesehatan jantung, ya kesehatan jantung akan berkurang sehingga masalah buruk pada jantung akan dirasakan jika kekurangan tidur dan juga kelebihan tidur.

Diungkapkan oleh peneliti European Heart Journal, yang mengatakan bahwa kekurangan tidur bisa meningkatkan resiko jantung atau stroke.

6. Meningkatnya resiko kanker

Selain kesehatan jantung akan menurun, kekurangan tidur juga dapat meningkatkan resiko kanker. Sebuah riset mengungkapkan bahwa kekurangan tidur dapat meningkatkan resiko kanker payudara dan kanker prostat. Ngeri kan sob?

Maka khususnya bagi ladies nih, kamu harus mengurangi jika kamu sering atau suka begadang, tepatnya tidurlah dengan waktu selama 7-8 jam, itu adalah waktu yang sangat tepat.

7. Nyeri otot dan nyeri sendi

Apakah kamu sering merasakan myeri otot atau sendi? Dan apakah kamu suka begadang? Jika ia, maka mulai sekarang kurangilah waktu begadang kamu, dan tidurlah dengan waktu yang tepat.

Ini karena kekurangan tidur ada kaitannya dengan nyeri otot juga sendi. Ya, penyebab utama dari hal tersebut adalah kurangnya waktu tidur dan istirahat. Jadi, jika tidak ingin mengurangi nyeri sendi dan otot, mulai sekarang jangan lagi begadang ya sobatku.

8. Kemampuan berpikir jadi berkurang

Percaya gak? Kurang tidur satu malam saja dapat mengurangi kemampuan kamu untuk berfikir. Ya, mungkin kamu tidak percaya, tapi hak ini pernah saya rasakan, bahkan sering lho sob.

Karena saya suka banget begadang waktu sekolah SMP dulu, setiap dikasih tugas sama guru saya tidak bisa mengerjakan tugas tersebut. Karena malam nya saya bergadang, jadi saya pun dapet nilai C.

9. Merusak mood kamu

Selain hal-hal buruk diatas, kekurangan tidur pula dapat membuat kamu mudah emosi, gampang tersinggung, dan moddy. Bahkan jika kebiasaan, ini dapat mengakibatkan depresi dan gangguan kecemasan.

Efek buruk ini adalah efek yang mudah dirasakan saat kekurangan tidur, ataupun bangun saat tubuh masih lelah, lesu, atau lemas.

10. Menurunkan libido

Katanya kekurangan tidur juga akan membuat gairah seksual menurun. Pria muda yang kurang tidur dalam jangka waktu seminggu menunjukkan penurunan level testosteron.

Jika kamu kurang tidur 5 jam, hormon seksual akan menurun 10-15 persen, bahkan stamina dan mood juga aka menurun karena kurangnya waktu tidur.

Jadi, jangan sampai kamu kekurangan tidur untuk menghindari 10 hal buruk diatas yang mungkin akan kamu rasakan ataupun sudah pernah atau yang sekarang kamu rasakan. Tidurlah dengan waktu yang pas dan tepat yaitu 7-8 jam ya sobatku.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.