Dampak Buruk Jika Terlalu Banyak Minum Air Putih

Minum air putih memang wajib untuk kita, karena salah satu sumber kehidupan adalah air putih, jangan heran jika jika kita diharuskan minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Air berfungsi untuk memaksimalkan kinerja organ vital, serta menyeimbangkan cairan dalam tubuh yang akan menghindari kita dari dehidrasi.

Dibalik manfaat air putih, ternyata ada sisi negatifnya yang harus kita ketahui jika tidak mengatur asupan Air Putih dalam tubuh. Ya benar, minum air putih wajib kita perhatikan untuk menghindari masalah kesehatan tubuh.

Seperti yang ditulis di bantennews.com yang dilansir di Food NDTV, untuk memenuhi cairan di dalam tubuh, manusia membutuhkan setidaknya 1,5 – 2,5 liter air setiap harinya. Maka, ada baiknya kita konsumsi air putih dengan teratur setiap hari, seperti anjuran yang mungkin kamu juga sudah mengetahuinya.

Lalau, bagaimana jika berlebihan minum air putih? Jelas akan bermasalah, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk air putih. Walaupun sumber kehidupan, akan tetapi jika air putih terlalu banyak kita minum maka cairan yang menumpuk dalam tubuh akan menyebabkan keracunan cairan yang dapat menyebabkan resiko kesehatan yang fatal.

Dan, jika terlalu berlebihan air putih dikonsumsi, maka tubuh akan mengakibatkan buruknya kesehatan, seperti.

1. Sel dalam tubuh akan membengkak

Jika asupan air terlalu banyak dalam tubuh, maka dapat menyebabkan darah encer, sehingga kadar elektrolit dalam darah menjadi rendah dibandingkan kasar di dalam sel. Untuk mengembalikan keseimbangannya, air akan mengisi sel-sel tubuh yang menyebabkan pembekakan.

Dari hal ini, masalah serius akan dirasakan, seperti mual, kejang-kejang, bahkan resiko terkena Hidrosefalus. Dari masalah tersebut, tentu saja dapat membuat tubuh terkena masalah yang serius.

2. Kadar kalium dalam tubuh akan menurun

Mineral terpenting yang dibutuhkan tubuh adalah kalium, untuk meningkatkan sistem saraf serta mendukung metabolisme, sehingga kalium amat penting untuk tubuh. Jika kadar kalium tubuh akan menurun atau berkurang, maka sistem saraf pun akan menjadi lemah, untuk itu asupan kalium wajib untuk tubuh.

Maka, kamu harus menghindari minuman air putih terlalu banyak, karena ini memicu pada penurunan kadar kalium. Ya, jika air terlalu banyak, maka kalium akan larut bersama air, sehingga kadar kalium yang terdapat dalam tubuh pun berkurang. Dan juga akan menyebabkan nyeri dada, iritasi, dan keram otot.

3. Meningkatnya resiko gangguan jantung

Fungsi jantung adalah sebagai pompa darah, sehingga darah akan tersebar ke seluruh tubuh. Jadi, organ tubuh yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting, bayangkan jika jantung terkena masalah besar, mungkin tubuh tidak lagi sehat, bahkan darah pun tidak mengalir atau bahkan terlalu cepat di seluruh tubuh.

Jantung wajib kita jaga kesehatannya, agar dia stabil memompa darah ke seluruh tubuh kita. Seperti kebanyakan meminum air yang dapat memicu kesehatan Jantung. Dimana volume darah akan meningkat, sehingga kerja jantung lebih keras dalam memompa darah.

Hal ini akan akan berdampak pada peningkatan tekanan tidak diperlukan pada pembuluh darah dan jantung, sehingga dapat menyebabkan gangguan jantung yang lebih serius.

4. Iritasi perut dan buang air kecil berlebihan

Ya, kadar elektrolit dalam tubuh tidak seimbang, karena terlalu banyak cairan dalam tubuh. Kadar elektrolit yang tidak seimbang tersebut akan menyebabkan iritasi di perut, ini merupakan gejala awal keracunan cairan.

Selain itu, asupan air dalam tubuh yang berlebihan juga akan membuat saluran kencing bekerja lebih keras, dampaknya akan membuat frekuensi air seni meningkat. Tentu saja ini dapat membuat kamu sering buang air kecil, bahkan akan berdampak dehidrasi karena cairan tubuh akan terbuang bersama urin.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.