Yuk Atasi Ketombe Dengan Minyak Kelapa, Nih Caranya

Kamu ketombean sob? Bingung cara atasi ketombe gimana? Beli produk mahal, apalagi produknya takut gak ada hasilnya. Jangan bingung dulu ya sobat, pokonya kamu bisa mengatasi ketombe dengan bahan alami ini, adalah minyak kelapa.

Tahu kan minyak kelapa? Ya minyak kelapa bisa digunakan untuk bahan memasak, selain memasak minyak kelapa juga nyatanya bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan, seperti yang akan kita ketahui ini, minyak kelapa efektif untuk mengatasi rambut yang berketombean.

Sedikit tentang minyak kelapa yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur, minyak kelapa juga merupakan bahan terbaik untuk dijadikan sebagai pelembab kulit dan sangat efektif untuk menyehatkan rambut, sehingga kamu gak perlu lagi mengeluarkan biaya banyak untuk kecantikan kamu sendiri.

Nah, buat kamu yang memiliki masalah pada rambut seperti Ketombe, kita akan menggunakan minyak kelapa ini untuk atasi masalah tersebut.

Pijatan minyak panas pada rambut

Ini bisa membantu kamu mengatasi ketombe ya sobat, dengan pijatan minyak panas dengan minyak kelapa, maka kotoran berlebihan pada rambut akan mudah dibersihkan, sehingga kotoran tersebut akan hilang yang merupakan penyebab ketombe.

Cara menggunakannya adalah siapkan 3-4 sendok makan minyak kelapa.

Selanjutnya panaskan sedikit saja minyak kelapa murni, tergantung banyaknya atau panjangnya rambut kamu. Kemudian pijatkan pada rambut dan kulit kepala selama 10-15 menit, dan diamkan selama 30 menit, setelah itu cuci dengan air dan ada baiknya gunakan shampoo.

Catatan : Jangan terlalu panas minyak kelapanya ya sobat, dan lakukan secara rutin seminggu sekali.

Minyak kelapa dan jus lemon

Sifat asam pada jus lemon bisa membantu untuk memperbaiki dan membersihkan kulit kepala, ini merupakan cara terbaik untuk mengusir ketombe pada rambut kamu.

Ini bisa kamu lakukan dengan menyiapkan 2 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok teh jus lemon.

Campurkan kedua bahan tersebut dengan baik dalam mangkuk atau wadah lainnya, lalu oleskan pada kulit kepala dan atau rambut kamu, pijatlah dengan selembut mungkin. Diamkan selama 20-30 menit, kemudian cucilah dengan shampo bebas sulfat.

Minyak kelapa dengan minyak Rosemary

Kandungan yang terdapat pada minyak Rosemary memiliki manfaat untuk penyembuhan yang sangat baik, maka jika kamu kombinasikan dengan minyak kelapa, ini bisa menyembuhkan kulit kepala kering dan gatal dengan efektif.

Caranya, siapkan 2-3 sendok makan minyak kelapa dan 3-4 tetes minyak esensial Rosemary. Silahkan tambahkan minyak esensial Rosemary tersebut pada minyak kelapa yang tadi di siapkan, lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala, pijatlah dengan lembut dengan gerakan memutar, diamkan selama 30 menit, setelah selesai bersihkan dengan air dan shampo.

Minyak kelapa dan fenugreek

Kamu juga dapat mencampur fenugreek bersama minyak kelapa, karena fenugreek efektif untuk menyembuhkan gatalnya kulit kepala yang diakibatkan Ketombe.

Lakukan cara ini dengan menyiapkan 1 sendok makan bubuk fenugreek serta 4 sendok makan minyak kelapa. Panaskan terlebih dahulu sedikit minyak kelapa, tambahkan 1 sendok makan bubuk fenugreek lalu aduklah hingga merata. Pijatkan pada kulit kepala campur tersebut, dan diamkan 30 menit, lalu bilas seperti biasa dengan air serta shampoo.

Minyak kelapa dan minyak jojoba

Manfaat minyak jojobo yaitu untuk membantu mengendalikan produksi minyak berlebihan pada kulit kepala, nah jika rambut kamu berminyak, maka ini adalah solusi yang tepat untuk mengurangi minyak berlebihan di rambut, serta dapat menghilangkan Ketombe.

Ambil dan siapkan 3 sendok makan minyak kelapa, siapkan juga 3 sendok makan minyak jojoba. Jika sudah di siapkan, maka campurkan kedua minyak tersebut ke dalam wadah, bisa menggunakan mangkuk.

Jika sudah di campurkan, langkah selanjutnya adalah oleskan campuran minyak tadi pada kulit kepala, pijatlah dengan gerakan melingkar, lalu bungkus rambut dengan shower cup, dan biarkan selama 30 menit. Jika sudah, selesaikan dengan membersihkannya menggunakan air bersih dan shampo.

Minyak kelapa dan kamper

Siapa sangka, ternyata minyak kelapa dan kamper memiliki manfaat yang luar biasa bagi rambut, diantaranya ya dapat mengatasi masalah ketombe, serta dapat mengusir Ketombe yang kamu alami di rambut.

Caranya pun tidak rumit, cukup siapkan 1 sendok teh kamper dan ½ cangkir minyak kelapa. Selanjutnya silahkan campur kapur barus dan minyak kelapa dalam mangkuk, lalu oleskan secara merata pada kulit kepala dan diamkan selama 30-40 menit dan bilas dengan air bersih serta shampoo bebas sulfat.

Untuk hasil yang maksimal dan cepat lakukan cara perawatan ini dengan rutin, 2-3 kali seminggu.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.