Tips Agar Tidak Ngantuk Setelah Makan Siang

Tips agar tidak ngantuk setelah makan siang

Hayo ngaku, siapa yang sering ngantuk setelah selesai makan siang? Kebanyakan orang-orang ngantuk setelah makan siang, hal ini tentunya membuat aktivitas terganggu karena pulsanya tidur, yang sering aku rasakan, tidur siang setelah makan itu nyenyak bangetm, sehingga lupa segalanya.

kenapa sih suka ngantuk setelah makan siang? Sebenarnya kita gak bakalan ngantuk kalau tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan saat makan siang, yang artinya saat kebanyakan makan di siang hari, rasa kantuk itu akan dirasakan. Lho ko bisa, kenapa emang?

Faktor penyebab ngantuk setelah makanan karena banyaknya karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatakan glukosa dalam darah, sehingga hal ini menjadi penyebab ngantuk, yakin deh kalau kamu kebanyakan makan makanan yang mengandung karbohidrat terutama Nasi, kamu pasti ngantuk.

Jadi, jangan heran kalau kamu ngantuk setelah makan siang, apalagi makan nasi, kalau kebanyakan ngantuk pun tidak akan ketulungan dan langsungg aja tidur, hmm ini nih yang sering aku rasakan banget, aku belum tahu kalau ternyata kebanyakan konsumsi karbohidrat dapat meningkatkan rasa kantuk, dan sekarang aku sudah tahu.

Bagaimana cara agar tidak ngantuk setelah makan siang?

Pertanyaan itu akan kita bahas, bagaimana cara agar tidak ngantuk setelah makan siang? Bisa kita lihat tulisan di atas, konsumsi karbohidrat yang banyak dapat meningkatkan rasa kantuk, yang artinya kalau kamu tidak mau ngantuk setelah habis makan, maka jangan kebanyakan konsumsi makanan karbohidrat, terutama nasi.

Bukan cuma itu saja, ada baiknya kurangi cemilan yang biasa kamu makan, seperti gorengan disaat makan siang, dan usahakan untuk memperbanyak makan sayur untuk mengontrol jumlah kalori agar tubuh tidak gemuk. Gorengan kan enak? Meskipun enak, usakan kurangi ya kalau kamu tidak mau ngantuk.

Sekarang kita bahas, kenapa tidak harus banyak makan gorengan? Seperti informasi yang aku dapatkan tentang kesehatan dan gorengan, ternyata Gorengan itu mengandung banyak kalori, satu gorengan saja ada 100, dan jika makan 4 gorengan, berarti 400 kalori masuk dalam tubuh.

Tentu saja ini menjadi penyebab kamu gemuk, benar gak? Gemuk sendiri karena banyaknya kalori dalam tubuh yang yang tidak terkontrol sehingga menyebabkan hal demikian.

Jadi, tips agar tidak ngantuk setelah makan siang cukup makan dengan secukupnya saja, jangan terlalu banyak makan makanan karbohidrat dan jangan kebanyakan juga makan gorengan agar kamu tidak ngantuk dan tidak gemuk.

Dengan demikian, setelah jam kerja atau sekolah (bagi yang sekolah) masuk, kamu tidak akan ngantuk dan fokus terhadap pelajaran dan juga pekerjaan kamu dengan semangat. Kalau misalnya tidak makan siang boleh gak sih din? Boleh-boleh aja, tapi…

Kalau kamu tidak sarapan, tubuh pun kurang sehat, bahkan makan siang akan menigkatkan stamina dan rasa semangat, sehingga direkomendasikan bahkan di wajibkan untuk makan siang saat jam istirahat, para ahli kesehatan juga sering mengingatkan kita untuk tidak meluapakan makan siang juga sarapan pagi.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.