Saat Berbuka Puasa, Hindari 5 Makanan Ini, Kenapa?

Setelah berpuasa seharian penuh, maka waktu berbuka puasa memang sangat dinanti-nantikan, untuk menyantap makanan dan minuman yang segar. Itulah yang kita tunggu-tunggu setelah berpuasa.

Karena saking laparnya dan ingin segera makan, makanan pun tidak diperhatikan, langsung di makan. Bahkan dari penyediaan untuk berbuka pun sering tidak diperhatikan, padahal hal tersebut amat penting untuk menjaga kesehatan, apalagi seharian kita tidak terasupi makanan dan minuman dalam tubuh.

Untuk itu, kita harus bisa menjadi kesehatan tubuh kita selama berpuasa dengan memperhatikan menu berbuka puasa. Nah, agar kamu tidak salah saat menyantap makanan setelah waktu buka puasa tiba, yuk kita cari tahu dulu makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa.

1. Makanan/minuman yang terlalu manis

Makanan maupun minuman manis memang dianjurkan untuk kita santap saat berbuka puasa, apalagi ini sangat penting bagi kebutuhan daya tubuh kita. Maka, rasulallah pun menganjurkan kita untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis, seperti kita tahu ada pepatah mengatakan “berbuka lah dengan yang manis-manis”.

Akan tetapi jika Makanan atau minuman tersebut terlalu manis, yang terjadi adalah sebaliknya. Akan berdampak pada kesehatan tubuh, apalagi ketika salah memilih makanan yang mengandung rasa manis. Ada baiknya saat sahur makan buah Kurma, semangka atau melon.

2. Makanan yang terlalu asin

Ketika kita berpuasa, tentu kita harus sabar menahan lapar serta haus. Setelah berbuka puasa maupun Sahur, makanan yang memiliki rasa asin berlebihan sangat buruk jika di konsumsi.

Karena makanan asin dapat membuat kita cepat lelah, capek, dan haus, karena makanan asin dapat membuat tubuh cepat dehidrasi. Asin mudah mengikat air tubuh dan ditahan di sela-sela sel sehingga cairan tidak akan tersebar ke seluruh tubuh. Dan sebaiknya hindari makanan yang memiliki rasa asin yang berlebihan, apalagi saat sahur.

3. Gorengan dan kopi

Memang sih, biasanya kita suka banget makan gorengan dan minum kopi saat berbuka, namun sebaiknya ini tidak terlalu kita konsumsi, bahkan sebaiknya sama sekali tidak boleh dimakan saat berbuka puasa. Karena, minyak yang terkandung dalam gorengan dapat membuat lemak semakin menumpuk. Gorengan dan kopi dapat menghambat pencernaan.

Namun untuk si pecinta kopi, jika tetap ingin minum kopi di waktu berbuka puasa kamu bisa meminumnya setelah 2 jam dari waktu berbuka puasa, ini karena kadar gula darah sudah kembali serta sistem pencernaan aman menerima kopi.

4. Makanan pedas

Tak bisa dipungkiri, jika pedas memang menjadi rasa paling favorit di kalangan pecinta kuliner, termasuk saya. Tak jarang orang yang tidak suka dengan makanan yang berbau pedas.

Untuk si pecinta pedas, saat berpuasa, usahakan untuk mengurangi makanan yang pedas-pedas, karena dapat mengakibatkan diare. Walaupun seperti itu, ternyata disisi lain dari pedas ada manfaat yang luar biasa, dimana pedas dapat memperlancar buang air besar.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.