4 Makanan Ini Sangat Berbahaya Jika Di Makan Mentah

Banyak orang yang menganggap bahwa makanan mentah merupakan makanan yang paling sehat, makanya kebanyakan orang lebih memilih makanan mentah di bandingkan makanan yang sudah matang. Memang sehat, namun jika kamu tidak berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan mentah, malah berarti sebaliknya.

Dan harus kamu tahu, ada empat makanan yang ternyata tidak boleh dimakan. Mungkin ini merupakan makanan yang sering kamu makan mentah, akan tetapi harus kamu waspadai, karena makanan tersebut berbahaya bagi kamu.

1. Toge

Toge merupakan makanan sehat, apalagi dimakan saat masih mentah, itulah kenapa toge sering banget dikonsumsi selagi mentah, apalagi buat orang-orang yang suka kuliner seperti mie, bakso, dan sejenisnya.

Asal kamu tahu, jika kamu memanfaatkan kecambah Alfalfa dan lobak, ini sangat beresiko mendapat bakteri salmonella, Listeria, dan bakteri E.coli. jadi, hati-hatilah saat kamu memanfaatkan kecambah ini, tapi kamu gak perlu khawatir, untuk mendapatkan kecambah yang sehat, maka kamu dapat membeli yang organik dan juga segar, dan jangan lupa untuk mencucinya.

2. Susu mentah

Ketika kamu minum susu sapi mentah, bakteri E.coli dan Salmonella akan merasuki tubuh kamu, karena tidak tanpa dikemas, hal tersebut akan sangatlah berbahaya bagi tubuh kamu, waspadai lah minum susu mentah tanpa dikemas terlebih dahulu.

Menurut Food and Drug Administration susu mentah mungkin terdapat 150 kali lebih menyebabkan penyakit bawaan makanan dibanding dengan produk susu lainnya yang telah dikemas. Maka, buat kamu yang doyan minum susu mentah, berhentilah mulai sekarang juga.

3. Kacang merah

Kacang merah mengandung kaya akan protein, serat dan kandungan antioksidan yang tinggi, dari kandungan tersebutlah yang membuat orang-orang percaya bahwa kacang merah merupakan makanan yang sehat. Akan tetapi, jika kacang merah kamu makan saat mentah, akan membawa bencana bagi kesehatan kamu.

Hal ini karena kacang merah mengandung Phytohaemagglutinin dan toksin, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan gastrointestinal yang tidak menyenangkan, serta gejala yang mirip dengan keracunan makanan. Maka, usahakan untuk merebusnya terlebih dahulu selama 10 menit, jika kamu ingin memakannya.

4. Kentang

Yang terakhir adalah kentang, dimana jika Mengkonsumsi kentang saat mentah, maka dapat menyebabkan efek gastrointestinal yang kembung, karena kentang mengandung pati yang tahan untuk dicerna.

Pati pada kentang sulit dipecah, kentang mentah terlalu lama terbaring dalam tempat yang hangat dan basah, kentang akan menjadi hijau sehingga dapat mengembangkan racun berbahaya yang disebut solanin. Untuk itu, jika kamu melihat ada titik hijau pada kentang, jangan dimakan ya sob.

Nah, itulah makanan yang dapat menyebabkan resiko penyakit dalam tubuh kamu, jika kamu makan dalam keadaan metah. Untuk itu, usahakan untuk selalu memasak terlebih dahulu makanan tersebut jika kamu ingin memakannya.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.