Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan Saat Mandi

Mandi adalah hal yang wajib untuk kita lakukan, karena mandi akan membuat badan kita jadi sehat, segar, dan bertumbuh, mandi juga yang harus kita lakukan setelah merasa tidak nyaman dalam tubuh.

Namun, nyatanya ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui saat melakukan mandi, karena hal tersebut ketergantungan terhadap kesehatan tubuh kamu, apa saja hal-hal yang saya maksud? Yuk kita simak di bawah.

Jangan terlalu lama saat mandi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah lama waktu kamu saat mandi, hal ini sangat penting, karena jika terlalu lama saat mandi akan menyebabkan kulit kamu kering, pucat, dan keriput, tentu saja kamu akan cepat tua.

Lalu berapa lama waktu yang tepat untuk mandi? Tergantung sih, sebenarnya lama waktu saat mandi tergantung dari sifat dan karakter seseorang, namun yang pasti saat kamu mandi cukup dengan waktu yang tidak lama, cukup 15-20 menit saja ya sob, agar tidak menggangu kulit kamu.

Untuk kamu yang suka lama-lama saat madi, mulai sekarang kurangilah waktunya, cukup seperti yang sudah saya tulis.

Hindari mandi dengan air yang terlalu panas

Memang mandi dengan air hangat itu sangat nyaman, seperti yang saya lakukan saat mandi, saya tidak bisa mandi kalau tidak menggunakan air hangat, maka setiap kali mau mandi pasti harus ada air hangat.

Namun, apa jadinya kalau air yang kamu gunakan untuk mandi tersebut terlalu panas? Tentu akan merusak sel-sel kulit pada tubuh kamu. Maka, jika kamu suka mandi dengan air hangat, cukup gunakan air hangat di bawah 60 derajat Celcius saja ya sob.

Ada baiknya, mandi dengan air yang biasa saja, atau mandi dengan air dingin, akam tetapi hal tersebut nyatanya tidak bisa dilakukan oleh semua orang, seperti yang saya lakukan.

Selalu ganti sponge setelah satu bulan atau kurang

Saat kamu mandi, tentu ada barang lain yang kamu gunakan untuk mandi, diantaranya adalah sponge, dimana sponge biasa digunakan untuk menggosok tubuh agar bersih dengan menggunakan sabun.

Mungkin kamu sering tidak mengganti sponge setelah beberapa lama kamu gunakan, hal ini dapat menyebabkan masalah yang cukup rumit lho. Ya, jika kamu tidak mengganti sponge setelah beberapa kali kamu pakai, hal ini dapat menyebabkan perkembangan kuman pada sponge, dan akan mengakibatkan penyakit terhadap tubuh kamu.

Selain kuman, sponge juga akan menyebabkan aroma bau tak sedap pada ruangan atau kamar mandi kamu. Maka, usahakan untuk selalu ganti sponge sebulan sekali, atau lebih baik lagi setelah kelihatan udah buluk ya sob.

Jangan terlalu keras saat menggosok handuk pada punggung

Setelah selesai mandi, tentu saja yang harus dilakukan selanjutnya adalah membersihkan tubuh dengan menggunakan handuk, ya ini yang harus dilakukan setelah selesai mandi.

Apakah kamu sering menggosok bagian punggung kamu terlalu keras? Dengan alasan agar lebih bersih? Faktanya hal ini tidak boleh kamu lakukan, kenapa? Karena hal ini dapat menyebabkan keringnya kulit kamu, alhasil kulit tidak akan sehat, bahkan dapat menyebabkan luka juga terhadap punggung kamu lho!

Untuk itu, jika kamu menggosokkan handuk pada bagian punggung, jangan terlalu kencang atau keras ya sob, cukup dengan gerakan normal saja, biasa saja lah ya.

Pilih sabun yang bagus, bukan hanya dari busa yang banyak

Mungkin banyak sebagaian orang yang suka memilih sabun dengan busa yang sangat banyak, dengan alasan agar nyaman saat dipakai mandi, ataupun agar kulit lebih bersih.

Namun, mayatnya hal itu sangat tidak benar, karena fakta lain mengatakan terlalu banyak busa malah akan mengakibatkan banyak bakteri, sehingga akan menyebabkan tubuh terkena penyakit dengan mudah, ngeri bukan?

Untuk itu, pilih sabun yang pas saja ya sob, di utamakan pilih sabun dengan kualitas yang istimewa, dengan adanya anti bakteri dan anti kuman, maka ini lebih baik kamu gunakan, daripada yang banyak busanya.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.