Mau Kerja Di Bank? Ini Hal-hal Yang Harus Kamu Lakukan

bekerja di bank

Mungkin kamu pernah mengalami hal buruk ketika melamar kerja di salah satu perbankan, hal buruk tersebut adalah tidak di terimanya lamaran kamu, sehingga kamu tidak mendapat pekerjaan yang kamu impikan itu. Setiap ada lowongan di perbankan, tak bisa di pungkiri kalau banyak sekali orang yang berminat melamar lowongan tersebut sesuai posisi yang di butuhkan.

Dari banyak nya pelamar kerja, tentu saja membuat kamu bersaing semakin ketat untuk mendapatkan kabar baik yaitu lamaran diterima dan sudah bisa kerja di bank yang dilamar tersebut, namun nyatanya hal tersebut bukanlah hal yang mudah, bahkan bisa di katakan sangat sulit.

Memangnya apa enaknya kerja di Bank? Bisa di pastikan, kerja di bank bakal menjamin gaji tidak akan telat, gaji yang luamyan besar, pengalaman yang membanggakan serta masih banyak lagi, alasan inilah yang membuat orang lebih tertarik dengan pekerjaan di perusahaan perbankan ini, sehingga jangan heran ketika kamu melamar banyak banget orang yang melamar di sana.

Enggak seperti yang sekarang di kerjakan oleh saya, gaji kecil, udah gitu telat lagi, padahal di pemerintahan, mungkin karena pekerjaan saya yang kurang mumpuni ya hanya sekedar OB di rumah sakit, maklum lah saya cuma lulusan SMP doang, kerja banyak aturan tapi gaji enggak teratur, mana di urus oleh yayasan pua udah gitu gajinya cuma sembilan ratus, kadang gaji nya pun turun 2 bulan sekali, saya berharap sih mendapat kerjaan yang lebih baik lagi kedepannya.

Oya saat nya kembali ke topik yang sedang di bicarakan, yaitu soal melamar dan bekerja di bank, apa saja sih emangnya yang membuat kita mudah di terima di bank selain pengalaman dan pendidikan yang sempurna? Sebenarnya enggak terlalu rumit sih, seperti biasa yang kamu lakukan setiap hari.

Dan ini hal-hal yang bisa membuat kamu bisa bekerja di bank, sesuai info yang saya dapatkan.

1. Memiliki penampilan yang menarik serta rapi

Bisa kamu lihat seketika kamu pergi ke bank, dan lihat para pekerja di sana, apakah mereka menarik? Tentu saja, kita bisa lihat sendiri, penampilan mereka sangat menarik, udah gitu mereka juga sangat rapi sehingga membuat orang yang berkunjung ke bank tidak mudah bosan ketika melihat para pekerjanya. Bahkan Kerapihan adalah prosedur yang wajib sesuai yang telah di tentukan oleh pihak perbankan.

Penampilan yang menarik juga merupakan suatu hal kewajiban untuk bisa bekerja di Bank, tidak perlu cantik, cukup memberikan potensi dan kompetensi yang baik dan percaya diri, serta terlihat menarik, hal ini bisa membuat kamu lebih dekat lagi jika ingin bekerja di perbankan sesuai impian kamu.

2. Jadilah orang yang mudah senyum

Nasabah adalah tujuan utama perbankan, hingag hal ini membuat bank tidak mudah begitu saja mencari pekera yang tidak memiliki hal sesuai standar perbankan. Murah senyum harus tertera dalam sikap kamu, karena hal ini menjadi bagian terpenting dalam bidang pekerjaan, bukan hanya di bank saja, dalam bidang lain pun senyum adalah cara yang mampu mendalami bidang pekerjaan.

Ketika kamu bekerja di bank, apa mau kamu di marahi oleh nasabah, karena kamu yang terlihat tidak sopan? Enggak kan? Maka, sikap baik harus kamu lakulan jika benar kamu ingin bekerja di bank, murah senyum, ramah adalah hal yang sangat di perlukan oleh pihak bank untuk berhadapan dengan berbagai kondisi nasabah.

3. Bersikaplah sabar

Kemudian kerja di bank identik dengan tekanan kerja keras yang tinggi, selebihnya lagi bagi yang berposisi di lini depan, selain ramah, sabar juga merupakan hal utama dalam bekerja di sebuah bank. Kenapa sifat sabar harus dimiliki saat bekerja di bank? Karena setiap hari kecuali hari libur kamu akan bertemu dengan banyak nasabah yang memiliki karakter berbeda-beda.

Ketika itu, munngkin saja nasabah yang ini mood nya sesuai dengan yang kamu harapkan, tapi ada lagi nasabah lain yang moodnya sedang tidak bersahabat sehingga perlu bersabar untuk menghadapi nasabah yang kurang mood. Bahkan saya sering lihat di salah satu bank di tempat saya, banyak juga nasabah yang sering marah-marah, namun mereka tetap sabar karena sabar itu penting.

4. Menjadi orang yang cermat dan teliti

Bekerja di bank itu tidak mudah, meskipun keliatannya cukup gampang, tinggal duduk di depan komputer atau cuma ngitung duit atau cuma bicara dengan nasabah, di balik semua itu ada hal yang membebani dalam pekerjaaan tersebut. Memang tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga, tapi harus tahan menahan tenaga otak serta pikiran.

Bayangkan, ketika akhir bulan datang sebuah laporan yang menumpuk, apa mungkin hal itu mudah di kerjakan? Tentu saja tidak, apalagi laporan tersebut bukan hanya 100-200 lembar, tapi ribuan lembar laporan harus kamu kerjakan. Sehingga hal ini mengharuskan kamu untuk lebih cermat dan teliti dalam mengerjakan laporan bulanan tersebut, kamu enggak bakalan pusing jika pernah menjadi bendahara di sekolah, karena pekerjaan nya sama, cuma di sekolah enggak di gaji, hehe.

5. Mengedepankan pelayanan yang lebih baik

Karena bank adalah sebuah perusahaan yang berjenis jasa, jasa keuangan sehingga para pekerjanya harus mengedepankan pelayanan yang lebih baik lagi. Kamu harus bisa menjadi pelayan yang handal serta mudah di pahami setiap bait kata yang kamu ucapkan oleh nasabah.

Apalagi jika kamu di tempatkan di bagian depan kantor, seperti Teller dan Customer Service, tentu saja harus siap melayani orang-orang, jika tidak bisa, gimana mau kerja? Maka jadilah orang yang pintar dalam melayani orang. Jangan remehkan pekerjaan di bank ya sobat, meskipun terlihat gampang, tapi sebenarnya kerja di bank itu susah lho.

Jadi, jika kamu ingin bekerja di bank, kamu harus memiliki beberapa sifat tersebut agar kamu tidak mudah lelah saat mengerjakan pekerjaan yang kamu kerjakan di bank. Dan ketika ada panggilan interview, tunjukan kemampuan kamu dengan sikap-sikap di atas agar pihak bank bisa menerima kamu untuk bekerja di sana.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.