Arti Pansos, Apa Sih Pansos?

arti pansos

Dalam artikel ini, saya mau membahas dari kata pansosapa sih pansos? Panti Sosial? Atau apa? Baik, kita akan menjabarkan dengan bahasa yang insa allah akan bisa membuat kalian paham, apa itu istilah panosos?.

Pansos, atau panjat sosial memang bukanlah istilah atau kata yang baru, pansos sudah hadir dari jauh-jauh sebelumnya, namun, pansos sendiri akhir-akhir ini sering dijadikan kata-kata dalam pembahasan, dansedang menjadi trending topik di kalangan media sosial.

Lalu, apa sebenarnya arti pansos? yang sering digunakan orang-orang?

Dari tahun ketahun, bahasa gaul dan istilah-istilah gaul memang sering di temukan, dari tahun ke tahun juga bahasa-bahasa yang digunakan anak-anak jaman sekarang selalu berbeda dan memiliki arti yang berbeda, sehingga, jangan heran kalau mereka sering mengucapkan kata-kata gaul.

Apa sudah penasaran dengan arti dari kata pansos? Jika sudah benar-benar penasaran, mari kita bahas apa arti sebenarnya dari istilah pansos yang saat ini menjadi istilah terpopuler.

Singkatan pansos, dari mana kata pansos?

Mungkin kamu dan kebanyakan orang termasuk saya menganggap bahwa pansos merupakan singkatan Panti sosial, ya itu yang ada di pikiran saya, saya menganggap pansos merupakan panti sosial, dan ternyata singkatan pansos bukanlah panti sosial, lalu singkatannya apa?.

Berdasarkan informasi yang saya baca dari thecrazyoerfect.com, Pansos bukanlah singkatan dari panti sosial, namun istilah tersebut merupakan bahasa yang berasal dari bahasa asing, yaitu Social Climber, jauh bukan? Lalu, apa artinya jika diterjemaahkan kedalam bahasa indonesia?.

Masih dengan sumber yang sama, jika di translate atau di artikan ke dalam bahasa indonesia, Social Climber artinya Pemanjat Sosial atau Pendaki osial.

Artinya, berdasarkan kaidah bahasa indonesia yang baku, Social climber adalah Panjat Sosial, jadi Pansos adalah singkatan dari Panjat Sosial, bukan panti sosial.

Nah, sekarang kita sudah tahu, bahwa Arti Pansos adalah singkatan dari panjat sosial, kok jauh dari pikiran dan dugaan saya ya ternyata setelah membaca informasinya mengenai pansos ini? Ya, begitulah kira-kira.

Pengertian istilah Pansos dalam bahasa gaul jaman sekarang

Pansos dalam bahasa gaul memiliki arti yang bersifat keinginan, artinya pengertian pansos adalah cara seseorang atau sikap seseorang yang bertujuan untuk mendapatkan suatu pengakuan dan atau perhatian.

Panjat Sosial merupakan cara seseorang untuk menunjukan eksistensi dan menunjukan bahwa orang pansos merupakan orang yang lebih dari siapapun.

Contoh dalam istilah lain pansos, misalnya ada seseorang yang sikapnya so kaya, padahal dia adalah orang yang tidak mampu, mohon maaf sebelumnya, adalah orang miskin.

Artinya, orang itu menunjukan dirinya adalah orang kaya, padahal itu hanya sebuah ilusi, apa sikap dari dia bukanlah kenyataan, ya begitulah kebanyakan anak jaman now.

Contoh dan ciri orang pansos

Masih dari sumber yang sama, inti dari orang pansos adalah orang yang ingin mendapat pengakuan dari orang lain, kemudian agar dirinya bisa mendapatkan hal demikian, dia melakukan apa saja yang merupakan hal-hal diluar batas.

Bukan cuma di dunia maya, ternyata pansos atau orang yang bersikap pansos bisa kita kenali di dunia nayata, berikut ciri-ciri bahwa mereka adalah orang yang bersikap pansos.

  • Show Off, selalu menunjukkan sisi kelebihan dari orang pansos, seperti rumah, kendaraan, perhiasan, atau yang lain
  • Merasa terpintar, orang pansos selalu merasa bahwa dirinya adalah orang yang paling pintar dari orang lain
  • Tampil modis, penampilannya selalu modis dan kekinian banget, dandanannya pun menor pisan
  • Status kontrovensional dan sensasional, karena ingin tenar, maka orang pansos selalu membuat status di sosial media secara kontrovensional atu sensasional
  • Tertutup, sikap demikian selalu tertutup, mereka tidak ingin orang lain tahu mengenai kepribadiannya
  • Sombong, ya ini sudah jelas

Begitulah kira-kira ciri-ciri orang yang bersikap pansos.

Kesimpulan dari pembahasan mengenai arti pansos yang kita bahas

Bukanlah lagi hal yang aneh dan jarang bahwa kehidupan manusia ingin selalu lebih dari apapun, ingin tekenal, ini adalah hal umum, banyak sekali orang-orang yang selalu ingin diatas, bahkan hampir sepenunya, padahal kita harusnya sadar, bahwa hidup adalah ujian dan apa yang kita dapatkan sudah kehendak sang kuasa dan itu merupakan jalan yang  baik dari allah.

Tapi, ya, namanya juga manusia, tidak pernah bersykur, ketika hujan minta kemarau, ketika sudah kemarau, minta hujan, begitulah manusia, termasuk saya juga.

Pansos adalah penyakit, dimana itu merupakan penyakit jiwa yang sangat mendalam dan merupakan penyakit yang diakibatkan dari sosial crash, sehingga orang yang bersikap pansos merupakan orang yang buruk yang mestinya dihindari, ada baiknya jangan pernah memiliki sikap tersebut.

Kita sudah tahu, bahwa sudah banyak kasus yang telah terjadi akibat dari status sosial media, terutama facebook yang mengandung unsur-unsur sara, sehingga hal itu telah melangar undang-undang No. 11 Tahun 2008 Tentang ITE (Informasi dan Transaksi Elektrik) Yang membuat kita harus berurusan dengan hukum.

Pansos atau Sosial Climber merupakan orang yang cari muka, mereka ingin mendapatkan pengakuan sosial, namun caranya sangat diluar batas wajar.

Sekarang kita sudah tahu apa itu Arti Pansos yang ternyata sangat berbahaya bagi kita, inti dari artikel yang telah di bahas itu, pansos merupakan sebuah sikap atau sifat yang snagat buruk, sehingga harus dihindari, bagi kamu yang merasa terdapat hal demikian, maka ada baiknya dihindari.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.