Ini Alasan Kenapa Wanita Suka Emosi Saat Menstruasi

Setiap wanita pasti mengalami menstruasi tanpa terkecuali, ya tidak ada wanita yang tidak akan mengalaminya.

Di saat wanita mengalami menstruasi, hampir setiap wanita mengalami PMS atau marah-marah meskipun hanya hal kecil, ini yang biasanya terjadi pada saat wanita sedang menstruasi.

Gejala PMS bisa mereka rasakan seperti nyeri pinggang, dan juga nyeri pada perut. Pada saat hal tersebut ia akan mengalami perubahan mood dan juga akan mengalami emosional.

Pada saat sebelum atau sedang dalam menstruasi biasanya perasaan mereka berubah menjadi sangat emosional, padahal sebelumnya tidak seperti itu, biasa-biasa saja. Pasti kamu bingung, kenapa sih kamu seperti itu ketika siklus menstruasi datang? Nah dibawah akan kita simak ya sob, silahkan di pahami.

Di ambil dari banyak media online akan alasan wanita setiap sedang mengalami siklus menstruasi datang wanita tersebut akan mengalami emosional. Sebelumnya di ungkapkan oleh peneliti, bahwa saat wanita mengalami emosional saat sedang menstruasi karena produksi hormon estrogen mengalami kenaikan dengan sangat melonjak.

Namun, hasil penelitian tersebut berbeda dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari univercity of California, katanya jika wanita mengalami emosional pada saat menstruasi dikarenakan hanya karena perubahan hormon saja.

Menurutnya perubahan hormon tersebut terjadi karena adanya respon yang berlebihan yang terjadi pada sel otak yang disebut dengan kata Reseptor GABA. Mereka melakukan penelitian dengan cara menganalisa otak wanita dan menitik beratkan pada sistem saraf otak wanita yang mengalami gangguan PMDD ( Premenstrual Dysphoric Disorder), yang merupakan salah satu gangguan forensik yang berhubungan dengan kondisi pramenstruasi.

Hasil dari penelitian tersebut memperlihatkan wanita yang sedang mengalami gangguan PMDD mengalami peningkatan cukup signitif pada aktivitas otak kecil wanita. Kondisi itu memperlihatkan hubungan dengan tingkat emosi yang sangat tidak stabil juga cenderung sangat memburuk.

Seperti yang telah diketahui bahwa sel GABA memiliki fungsi untuk mengontrol setiap aktivitas yang berkaitan dengan emosi, stres, dan cemas. Pada saat wanita mengalami PMDD hormon progesteron yang dihasilkan tubuh dapat mempengaruhi bentuk Reseptor GABA yang ada dalam otak kecil, sehingga sel GABA tersebut mengalami kesulitan saat mengontrol emosi dan stres.

Nah, diatas adalah penjelasan mengenai emosional saat wanita sedang mengalami siklus Menstruasi datang. Untuk mengontrol hal tersebut bisa kamu lakukan dengan cara berisitirahat yang cukup, jaga asupan makanan, perhatikan juga siklus bulanan kamu, juga lakukan relaksasi.

Informasi ini saya kutip dari berbagai sumber terpercaya yang telah mereka publikasikan, bukan hanya satu sumber saja, melainkan banyak sumber media yang telah merangkum informasi mengenai emosional saat wanita mengalami siklus Menstruasi datang.

Dari media-media tersebut yang telah saya baca, kemudian saya rangkum dan mengutip kembali di dalam blog ini, maka artikel ini merupakan referensi dari pihak ketiga.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.