Lakukan Tips Ini Agar Bisa Menahan Lapar Saat Puasa

Puasa ramadhan tahun 2018 ini akan segera tiba, tinggal menghitung hari lagi kita akan memasuki bulan yang penuh dengan keistimewaan, bulan yang penuh dengan ampunan, dan bulan yang merupakan bulan kebaikan bagi ummat Islam.

Bulan Ramadhan, adalah bulan yang sangat istimewa, dimana kita bisa bertaubat kepada Allah SWT dengan memohon penuh ampunan di bulan tersebut, juga bulan ramadhan adalah bulan yang tepat untuk menghapus segala dosa-dosa kita.

Selama kurang lebih 30 hari kita akan di coba dengan menahan lapar dan dahaga, serta menjaga iman, emosi, pikiran, dan masih banyak lagi yang harus kita jaga di dalam bulan yang penuh dengan kebaikan tersebut.

Untuk kamu yang ingin tidak terlalu lapar saat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan, maka kamu dapat melakukan tips ini, agar puasa kamu lancar dan di terima di sisi Allah SWT. Nah, dibawah adalah tips yang akan saya bagikan kepada seluruh pengunjung yang membaca artikel sederhana ini.

1. Konsumsi buah dan sayur saat berbuka atau sahur

Tips pertama yang harus kamu lakukan jika ingin tidak terlalu lapar saat berpuasa, maka kamu dapat melakukannya dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Karena buah dan sayur begitu penting untuk menunjang kegiatan puasa, maka jangan sepelekan 2 jenis makanan ini ketika berbuka maupun sahur.

Apalagi buah memiliki banyak kandungan air, sehingga ampuh membuat kamu terhindar dari dehidrasi, buah juga merupakan makanan yang dapat memperpanjang masa kenyang perut kita. Akan tetapi jangan pilih buah yang terlalu asam ya sob.

2. Jangan makan makanan asin dan manis terlalu banyak saat berbuka puasa

Ketika berbuka puasa, makanan yang manis-manis memang sering diburu, akan tetapi ada baiknya jangan terlalu banyak kamu konsumsi makanan yang memiliki rasa manis saat berbuka puasa ya sob. Memang sering dianjurkan, makanya sering di buru juga, namun usahakan untuk tidak berlebihan.

Apalagi makanan yang mengandung rasa asin, karena rasa asin dapat meningkatkan kekentalan cairan di dalam tubuh, sehingga kamu mudah dehidrasi. Maka rasa haus dan lapar akan lebih dirasakan. Lebih baik, perbanyak minum air putih, untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

3. Jangan terlalu sibuk melihat jam

Ya, memang kebanyakan orang termasuk saya sering sekali melihat jam, bahkan sehari bisa beberapa kali melihat-lihat jam, karena memang saat berpuasa pasti menunggu waktu berbuka, maka jam sering sekali di lihat-lihat.

Namun, lebih baik jangan terlalu sering untuk melihat-lihat jam, karena jika kamu sering melihat jam, malah akan membuat waktu menjadi lambat, sehingga 1 menit pun akan terasa 1 jam. Hal tersebut dapat membuat kamu semakin lapar dan haus, maka dari itu hindari melihat-lihat jam saat tengah berpuasa.

4. Berunding bersama teman ataupun keluarga

Hal ini dapat kamu lakukan agar kamu bisa mempercepat waktu, karena biasanya jika terlalu asyik bersama teman ataupun keluarga waktu akan lebih singkat, lebih cepat, sehingga buka puasa akan terasa lebih cepat. Maka hal ini dapat kamu lakukan untuk mempercepat waktu.

Hal ini tentu akan membuat kamu tidak merasakan lapar maupun haus, karena terlalu asyk dan waktu pun akan lebih singkat. Jika gak percaya, cobain aja deh, ini yang sering saya lakukan bersama teman saya atu keluarga saya.

5. Lakukan hal-hal yang lebih bermanfaat

Seperti melakukan kegiatan-kegiatan saat kamu berpuasa, dan jangan jadikan puasa sebagai halangan untuk melakukan aktivitas kamu, karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, dan kamu harus melakukan aktivitas yang bermanfaat.

Lakukanlah kegiatan-kegiatan hari-hari kamu dengan banyak manfaatnya, seperti memberikan rezeki terhadap orang yang membutuhkan, ataupun kegiatan lainnya yang kamu rasa itu sangat bermanfaat bagi kamu dan orang lain, maka ini dapat membuat kamu tidak terlalu lapar dan waktu akan terasa singkat.

6. Fokus dan fokus pada manfaat puasa

Manfaat puasa begitu banyak, puasa juga merupakan hal yang di wajibkan dalam ajaran Islam untuk membawa kita ke dalam surga. Selain wajib, puasa juga merupakan sarana untuk mengobati tubuh dan membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.

Nah, untuk kamu yang ingin bisa menahan lapar saat berpuasa, maka fokuskan dan pikiran apa saja manfaat puasa? Dan cari tahu manfaat-manfaat puasa, sehingga ini dapat membantu kamu bisa menahan lapar. Apalagi kalau kamu mengendalikan efek positif, maka rasa lapar dan haus tidak terlalu kamu rasakan.

7. Sibukkan diri kamu sehingga ini dapat membuat kamu lupa lapar

Mungkin ini sama seperti poin keempat, dengan melakukan kesibukan kamu, maka kamu akan mudah melupakan rasa lapar dan haus, sehingga puasa kamu lancar seharian penuh.

Ya, dengan melakukan kesibukan dan aktivitas yang mudah melupakan rasa lapar, maka ini dapat membantu. Dengan ini, kamu lebih mudah mengendalikan lapar dan haus, juga waktu akan terasa lebih singkat dan cepat.

Nah, mungkin itulah yang harus kamu lakukan agar bisa menahan lapar saat berpuasa. Dengan cara-cara tersebut insa Allah akan membuat puasa kamu lancar dan diterima oleh Allah SWT.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.