Agar Tidak Tidur Setelah Sahur, Yuk Lakukan 5 Tips Ini

Puasa, memang biasanya Sahur harus kita lakukan, agar saat puasa tubuh kita tidak terlalu lelah karena untuk menahan dahaga serta tidak adanya asupan makanan dalam tubuh selama sehari penuh.

Sahur memang tidak wajib, namun Sahur di anjurkan oleh Rasulullah Saw karena didalamnya mengandung keberkahan, maka hukum sahur adalah Sunnah. Untuk itu, kita diharapkan sahur terlebih dahulu sebelum menjalankan puasa di siang harinya.

Bisa dikatakan, sahur menguji keimanan, karena kita harus bangun di tengah malam, serta makan tepatnya antara pukul 03:00-04:00. Gimana coba buat si pemalas? Bangun pagi jam 6 aja susah, apalagi jam segitu? Tapi, saya yakin, semuanya pasti bisa melakukan bangun dini hari untuk menyantap makanan agar puasanya lancar.

Setelah sahur, biasannya kita langsung tidur kembali, ini sebuah hal yang membuat waktu shalat subuh kita terlewatkan, karena pasti kita bangun nya akan siang. Maka, di usahakan untuk tidak langsung tidur setelah sahur, minimal menunggu waktu shalat subuh.

Nah, buat kamu yang ingin menunggu Eka Shalat subuh setelah sahur, dan enggak mau tidur setelah sahur, coba lakukan 5 tips ini, siapa tahu ini membantu kamu.

1. Membaca Alqur’an/mengaji

Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar tidak tidur lagi setelah sahur, kamu dapat membaca Alqur’an. Apalagi membaca Alqur’an pada bulan Ramadhan membuat kamu mendapatkan pahala berlipat-lipat, ini sangat dianjurkan di dalam agama kita.

Dengan membaca Alqur’an juga kamu tidak perlu lagi merasa ngantuk setelah kamu habis makan sahur. Dan, jangan lewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

2. Membaca buku/membaca berita

Hal ini juga mungkin bisa membuat kamu tidak tidur setelah makan sahur, dengan kamu membaca buku ini dapat menunda waktu kamu untuk tidur kembali setelah sahur.

Apalagi dengan membaca buku maupun membaca berita, ini sangat bermanfaat, karena bisa membuat kamu menjadi nambah pintar, serta mendapat refrensi ilmu kamu. Begitupun membaca berita, kamu akan lebih tahu kabar terbaru seputar Ramadhan.

3. Main game

Nah ini cocok nih, apalagi buat kamu si penggemar game. Dengan main game yang sangat seru, mata akan lebih fresh dan waktupun tidak terasa, waktu akan terasa lebih singkat karena serunya bermain game.

Apalagi game yang kamu mainkan adalah game yang paling kamu sukai, seperti Mobile Legend, Pugb Mobile, maupun game yang lain yang bisa kamu mainkan dengan mudah dan lebih seru.

Jadi, inilah hebatnya game, selain membuat kita seru, game juga dapat mempercepat waktu, sehingga setelah Sahur pun waktu kita akan terasa singkat, ini juga cocok untuk ngabuburit.

4. Melakukan olahraga

Olahraga akan membuat kamu sehat, segar, dan bugar, selain itu mata ngantuk pun tidak akan kamu rasakan, untuk itu kamu bisa melakukan olahraga setelah kamu sahur.

Sambil menunggu adzan subuh, kamu dapat melakukan olahraga mengelilingi kompleks, kampung, ataupun push up di rumah juga termasuk olahraga.

5. Melakukan hobi

Terakhir adalah melakukan hobi, dimana jika kamu punya hobi maka jangan lewatkan untuk melakukan hobi kamu setelah sahur.

Dengan melakukan hobi kamu, ini juga dapat membuat kamu tidak lagi ngantuk, karena membuat kamu lebih seru lagi dan membuat mata lebih fresh.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.