Kata Pak Ustadz, Berbagi Ilmu Harus Ikhlas

Acara maulid Nabi Muhammad SAW, ceramah Kiyai Noval dengan tema "Pemimpin Harus Ikhlas Dalam Memimpin"

0
Maulid Nabi : Pemimpin
Guru Besar Kiyai Noval, Ciparahu, banten, di Masjid Kampung Cekdam

Sebelumnya saya mengucapkan Selamat Merayakan Maulid Nabi Muhammda SAW, semoga hidup kita menjadi semakin berkah dan selalu dalam perlindungan Allah SWT, dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini merupakan sebuah motivasi bagi kita dalam dkhawah yang di lantunkan oleh para kiyai, syekh maupun abuya.

Dikampung saya, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan Senin malam, 26 November tadi malam tepatnya, mengundang Kiyai Noval yang berasal masih se desa dengan saya, dakwahnya membuat hati termotivasi dengan penuh semangat dia mengajarkan kepada para ummat Nabi di kampung saya untuk selalu mensyukuri apa yang Allah Berikan.

Mohon maaf sebelumnya, saya disini bukan dakwah ya, saya hanya ingin memberikan motivasi kepada kalian semua bahwa bersyukur itu sangat penting, termasuk ikhlas dalam mengajarkan ilmu kepada yang membutuhkan.

Ceramah Kiayi Noval tadi malam bertemakan tentang “keikhlasan dalam mengajarkan ilmu kepada ummat manusia” memang, tema yang dia ambil sangat baik untuk pengajaran bagi kita semua, bukan cuma para pemimpin, namun sangat baik untuk kita yang berjuang menggapai cita-cita.

Kepana harus ikhlas? Kita kembali kepada kisah Nabi besar yang kita rayakan miladnya ini, Nabi Besar Muhammad SAW dalam menyebarkan ajran Allah banyak sekali rintangan, namun alhamdulillah sekarang islam menyebar dimana-mana, berkat Nabi Muhammad yang ikhlas menyebarkan dan mengajarkan ajaran agama islam, kini kita bisa merasakan bahwa islam itu memang indah.

Meskipun Allah mengutus Muhammad sebagai nabi dan Rasul, tapi cobaan Allah selalu datang melanda Nabi Muhammad, semua itu untuk mengujinya apakah dia bisa melewati rintangan dari Allah SWT atau tidak? nah, begitupun dengan kita, dalam perjuangan kita pun akan di uji oleh Allah, apakah kita bisa melewati rintangan itu atau kah gagal?.

Kembali ke tema yang di ambil oleh Kiyai Noval dalam acara maulid nabi di kampungku tadi malam bahwa para pemimpin atau guru harus ikhlas dalam membagikan ilmu kepada muridnya atau yang dia ajarkan.

Memang, terkadang saya melihat para guru mengajarkan murid-muridnya, atau pemimpin yang memimpin rakyat-rakyat nya begitu banyak rintangan, bahkan ada juga yang sampai di benci oleh orang-orang, padahal dia mengajarkan orang lain agar tidak bodoh, seperti halnya Nabi Muhammad, dia banyak musuh, banyak yang membenci bahkan yang mengurus Nabi Muhammad pun dikutuk Allah untuk masuk ke neraka karena membernci Nabi Muhammad, tahu kan siapa itu? Ya, Abu Zahal.

Seorang pemimpin harus berhati ikhlas, seorang guru harus bisa menerima semua rintangan yang Allah berikan, seperti salah satu pemimpin di kampung saya, dia sangat ikhlas memimpin orang-orang disini padahal orang-orangnya tidak semuanya bisa dia pimpin, itu kenapa? karena orang-orang yang dia pimpin belum semuanya di berikan hidayah oleh Allah SWT.

Tidak semua orang di berikan hidayah memang benar, namun, jika Allah sudah menghendakinya, maka orang itu pun akan diberikan hidayah, sehingga apa yang di katakan pemipinnya akan dia rasakan bahwa itu memang benar, nah, itulah kenapa pemimpin harus ikhlas dalam mengajarkan kepada yang dia pimpin, salah satunya adalah cobaan dari allah.

Kita juga bisa lihat guru, tak jarang guru yang di benci oleh orang tua muridnya, sudah banyak kasus-kasus seperti ini, namun dia tetap tegar dan semangat meskipun dia sudah tahu kalau dia banyak yang membenci, perjuangan itu memang tidak mulus, kita butuh tenaga untuk melewatinya, seperti halnya perjuangan kita dalam mengejar cita-cita dan seperti perjuangan saya dalam upaya untuk menjadi blogger terbaik.

Kiyai Noval mengatakan “Seorang pemipin jangan pernah berhenti sampai disitu saja untuk memimpin rakyatnya atau orang-orang yang ia pimpin, seorang pemimpin harus benar-benar bisa melewati rintangan Allah”.

Dari ceramah kiyai  Noval ini bisa kita jadikan sebuah motivasi bahwa allah tidak akan berhenti membrikan cobaan dan rintangan kepada ummatnya dalam maksud untuk menguji ummatnya, sehingga kitapun akan tahu bahwa hidup itu allah yang merencanakan kita hanya diperintahkan olehnya dan tidak akan pernah luput dari cobaan.

Doa dan ikhtiar memang wajib kita lakukan, meminta kepadanya agar diberikan kemudahan untuk perjuangan yang kita hadapai dan bisa melewati rintangannya.

Doa kenapa Allah, itulah salah satu tujuannya kenapa ia senan tiasa memberikan kita cobaan dan selalu datang disaat kita benar-benar fokus berjuang, ini lah yang dimaksud dengan tujuan allah memberikan cobaan apakah manusia bisa melewatinya atau tidak?

Jika kita ikhlas berjuang, jika kita ikhlas berdoa memohon kepadanya agar diberikan kemudahan, maka insa Allah, kelak cobaan itu bisa kita hadapi, insa Allah cobaan itu bisa kita lewati dan insa Allah, ia akan menunjukkan kita kejalan yang kita tuju, karena apa? Dengan berdoa, berarti kita dekat kepadanya kita percaya bahwa Allah itu benar-benar ada.

Ya, meskipun tema yang Kyai Noval cerahmahkan tentang Perjuangan seorang pemimpin, namun saya akan mengambilnya sebagai motiavsi perjuangan, karena sama, tema yang di ambil kiyai noval masih masuk kedalam perjuangan, yaitu perjuangan seorang pemipin yang harus ikhlas dalam memimpin, begitupun dengan kita yang berjuang menggapai cita-cita, kita harus ikhlas melewati rintangan Allah.

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel yang saya buat yang dimana terinspirasi dari tema ceramah Kiyai Noval di kampung saya tadi malam, tidak ada maksud untuk so ceramah, namun seperti dilihat dalam tulisan-tulisan saya ini bahwa saya hanya ingin memberikan motivasi kepada kalian dan kepada saya sendiri dalam berjuang menjadi blogger ini.

Tidak saya ceritakan seluruhnya karena terlalu banyak, jika di bukukan mungkin banyak lembar, namun disini saya hanya mengambil dan mengutip bagian-bagian terpentingnya saja, dan saya ucapkan terimakasih semoga artikel ini memiliki manfaat bagi kalian dan semoga saja dengan artikel ini kita akan tahu bahwa perjuangan itu memang penting, bahwa allah tidak akan berhenti memebrikan kita cobaan untuk menjalani hidup.

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya
BAGIKAN

KOMENTARI

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.