Anjuran Rasulullah Makan Kurma Saat Berbuka Serta Manfaat Dari Kurma

Mengingat anjuran Rasulullah Saw untuk mengkonsumsi kurma saat bulan puasa, memang tidak lagi asing. Telah banyak hadits yang menjelaskan bahwa setiap berbuka puasa, sebelum salat magrib Rasullullah selalu makan beberapa buah kurma.

Ya, beliau menganjurkan untuk makan agau minum yang manis, karena memang beberapa alasan, apalagi buah kurma yang merupakan buah kesukaan Nabi Muhammad Saw.

Annas bin malik r.a berkata : “Rasulullah Saw berbuka puasa dengan memakan beberapa butir buah kurma basah. Jika tidak ada kurma basah, maka kurma kering, dan jika tidak ada, cukup dengan beberapa ceguk air”, (H.R Abu Dawud)

Setelah kita mengingat akan hal ini, maka cara beliau berbuka puasa dengan buah kurma dan air, mengandung hikmah yang begitu mendalam. Kita tahu, saat berpuasa perut kosong dan sama sekali tidak ada asupan makanan dan minuman di dalam perut tubuh kita selama sehari.

Setelah kita sedikit membahas mengenai cara Rasullullah berbuka puasa dengan kurma serta air putih, maka kita akan bahas beberapa manfaat kurma bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaatnya, sehingga Rasulullah begitu suka dengan buah kurma? Nah, dibawah ini adalah manfaat dari buah kurma.

1. Mengobati diare

Mungkin kamu belum tahu, akan manfaat kurma yang ternyata dapat mengobati diare. Karena, kurma matang mengandung kalium serta kurma begitu mudah di cerna, dan itu akan membantu menyembuhkan diare.

Namun, jika kamu sedang diet, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma secara berlebihan, karena kandungan kalorinya yang sangat tinggi. Maka, kamu cukup makan 2-3 buah saja setiap kamu berbuka puasa.

2. Mempertahankan sistem saraf

Kurma mengandung vitamin yang kuat, dimana vitamin tersebut berperan untuk menjaga sistem saraf dan juga peka terhadap respon apapun.

Bahakn, yang lebih menakjubkan lagi, kurma sangat efektif untuk menjaga dan membuat pikiran kita lebih tajam, sehingga Rasulullah menganjurkannya untuk dikonsumsi, terutama untuk berbuka puasa.

3. Menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung

Bahkan, kurma dapat meningkatkan kesehatan jantung, karena kurma merupakan makanan paling sehat. Kandungan potassium dan dalam kurma dapat mengurangi resiko stroke dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan jantung.

Selain itu, kurma juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh yang menyebabkan kenaikan berat badan juga penyakit kardiovaskular. Sehingga jangan lupa untuk selalu konsumsi buah kurma seperti yang dianjurkan Rasulullah ya sobat.

4. Dapat meningkatkan energi

Kurma merupakan buah yang sangat sehat, apalagi pemanisnya yang alami, seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa, dimana kandungan tersebut sangat ampuh meningkatkan energi tubuh.

Disitulah Rasulullah menganjurkannya untuk dikonsumsi, dan kamu dapat mengkonsumsi kurma sebagai pakar peningkat energi tubuh, dibandingkan mengkonsumsi minuman berenergi buatan.

5. Meningkatkan berat badan

Untuk kamu yang tubuhnya kurang, maka kamu dapat mengkonsumsi kurma untuk keperluan tubuh kamu, agar berat badan kamu naik.

Karena, di dalam 1 KG kurma terdapat 3000 kandungan kalori, sehingga ini sangat bagus untuk kamu yang memiliki badan kurus dan ingin menambah berat badan secara ideal.

6. Dapat mengobati anemia

Jika kamu menderita anemia, maka kamu dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi buah kurma, karena kekayaan zat besi dalam kurma ampuh mengatasi anemia yang sedang diderita.

Dengan demikian, kamu akan terhindar dari badan lelah dan lesu karena gejala kekurangan darah. Untuk itu, rajinlah mengkonsumsi buah kurma ya sob, apalagi kita akan memasuki bulan ramadhan nih.

7. Meredakan sembelit

Selanjutnya kurma dapat meredakan sembelit, karena serat larut yang tinggi, sehingga kurma dapat menyehatkan usus dengan efektif, serta dapat mencegah sembelit.

Agar hasilnya lebih bagus, maka kamu dapat meredamkan buah kurma dalam air selama semalam, lalu konsumsi keesokan harinya.

8. Mengobati masalah pada usus

Selain manfaat diatas dari kurma, buah ini juga dapat mengobati berbagai masalah yang terjadi pada usus kamu. Apalagi kurma mengandung asam amino dan serat larut.

Sehingga kandungan tersebut dapat membantu kinerja pencernaan merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Dengan demikian, konsumsilah buah kurma ya sob, agar kamu bisa menjaga kesehatan usus kamu.

9. Menguatkan tulang

Kurma mengandung kaya akan mineral, sehingga baik untuk menguatkan tulang, juga melawan penyakit-penyakit yang merusak tulang, seperti osteoporosis.

Mangan, magnesium, selenium dan tembaga berfungsi untuk menjaga tulang agar tetap sehat.

Nah, itulah manfaat kurma sehingga kita dianjurkan untuk mengkonsumsinya oleh Rasulullah Saw. Maka, konsumsilah buah kurma agar kamu dapat menjaga tubuh agar tetap sehat dan lebih sehat lagi.

Di atas telah saya tulis sedikit tentang cara Rasullullah berbuka puasa dengan kurma dan manfaat dari buah kurma.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.