Asal Mula Kata Selfie, Ternyata Ini Dia Sejarahnya

Selfie, atau kata lain foto-foto menggunakan kamera smartphone bersama teman ataupun sendirian dengan pose-pose yang antusias, biasanya sering dilakukan oleh orang-orang ketika melihat tempat-tempat ataupun situasi yang membuat jadi menjadi ada keinginan untuk mendapatkan foto di tempat tersebut.

Ya, bagi kids jaman now, termasuk saya biasa mengambil foto dengan antusiasnya bersama teman ataupun sendiri, apalagi ketika melihat tempat yang membuat mata jadi tergoyang-goyang, jadinya pengen selfie terus.

Tapi, kamu mungkin hanya penikmat Selfi saja, tidak tahu asal usul nama dan sejarah kata SELFIE yang sering kamu lakukan ini, maka disini kamu akan mengetahui sejarah dari kata SELFIE tersebut.

Dilansir dari situs brilio.net, kata SELFIE ternyata baru di akui secara resmi pada tahun 2013 silam, ya masih beberapa tahun lah, masih mudah berarti nih kata selfie. Pada tahun 2013 tersebut kata selfie baru diresmikan setelah masuk dalam penghargaan kata Tahunan Oxford.

Kata tersebut ternyata berasal dari orang Australia untuk menjelaskan sebuah foto yang diambil, ketika dirinya sedang dalam keadaan mabuk. Hmmm, masa sih? Gak nyangka kan sob?

Foto orang Australia yang sedang mabuk tersebut menjadi sangat populer setelah masuk ke salah satu website forum yang sangat terkenal di Australia. Ada keunikan dari foto tersebut, dimana foto yang dinamakan SELFIE tersebut tidak memuat foto wajah secara keseluruhan, hanya bibirnya saja yang terdapat dalam foto tersebut.

Hal tersebut ternyata seorang pria Australia yang ada dalam foto tersebut mengalami bibir pecah, karena terjatuh saat ulang tahun temannya, ia terjatuh lantaran dia sedang mabuk.

Dalam media tersebut dituliskan “aku punya luka robek sepanjang 1 CM di bibir bawah ku, maafkan fokus fotonya, ini adalah selfie” yang dituliskan oleh orang Australia tersebut, dalam postingan itu.

Dari postingan tersebut tujuannya yang sebenarnya ialah, mencari saran tentang luka yang ia alami tersebut, namun hal lain menjadikan postingan tersebut menjadi sangat populer setelah ia bertanya “apakah menjilat lukanya akan membuat jahitan di bibir menghilang?” Pernyataan yang dia berikan kemudian menjadi sebuah pernyataan yang sangat viral, juga banyak orang yang memberikan dia berbagai macam saran untuk lukanya tersebut.

Lalu, siapakah nama pria asal Australia tersebut, yang telah melahirkan nama selfie yang kini menjadi kata dalam melakukan foto? Kalau ngomongin namanya dia ternyata bernama Nathan Hope, dimana dia menamainya Hopey dalam forum tersebut. Hal lain tentang dirinya, dia merupakan seorang pria yang sedang berkuliah di salah satu universitas di Australia.

Kembali lagi ke kata SELFIE, awalnya kata SELFIE tersebut dituliskan SELFY, namun setelah diserap ke berbagai negara, kata tersebut berubah pengerjaannya menjadi SELFIE, yang kini menjadi sebuah hal yang antusias dilakukan oleh anak-anak zaman now.

Nah, jadi begitulah kira-kira sejarah dan asal-usul nama SELFIE yang mungkin belum kamu ketahui, saya sih tadinya gak nyangka, karena ternyata asal-usul kata tersebut sangat konyol, dimana dari seorang pria Australia yang mengalami luka pecah pada bibirnya akibat mabuk.

Asal-usul nama tersebut telah saya dapatkan dari berbagai sumber yang telah menuliskan tentang pernyataan tersebut, maka sekarang kamu tahu, kalau nama selfie ternyata ada sejarahnya yang sangat konyol.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.