Kenapa Smarphone Lemot Setelah Lama Di Pakai? Nih Penjelasannya

4
alasan smartphone lemot

Saat pertama kali kamu menggunakan smartphone yang baru saja kamu miliki tentu saja sangat cepat dan nyaman kamu gunakan. kemudian setelah beberapa lama kamu berteman dengan smartphone tersebut, alhasil samrtphone kamu yang tadinya lancar kini lemot dan pastinya kmau bakal merasa kecewa bahkan marah.

Mungkin ini yang dinamakan sebuah perubahan ya sob, hehe. Semua smartphone memang tidak selalu berjalan lancar saat di gunakan dalam genggaman, meskipun samrtphone yang kamu gunakan memiliki fitur yang lebih, namun jika sudah di gunakan lama ia akan lemot terasa terbebani.

Sama saja kaya manusia, ketika dia masih muda, pasti dia kuat dan bisa melakukan apa saa, kemudian setelah dia beranjak tua, maka tidak lagi kuat menahan beban, padahal manusia buatan tuhan, apalagi smartphone yang hanya dibuat oleh manusia, manusia saja tidak bisa bertahan lama, apalagi buatannya kan?

Kita kembali ke topik ini, intinya sih smartphone lemot itu dari sebuah aplikasi, kenapa? Karena aplikasi membutuhkan ruangan yang mumpuni agar smartphone tidak terlalu terbebani oleh aplikasi, yang artinya smartphone lemot karena dia tak mampu menahan beban daripada aplikasi yang kamu instal.

Apliaksi android

Mungkin saat pertama kali kamu merasakn smartphone yang sangat cepat, kamu tidak sadar menginstal aplikasi yang terlalu banyak, bahkan aplikasi tak pentingpun kamu instal di smartphone, seharusnya ini tidak kamu lakukan, karena seperti yang saya katakan, smartphone tidak dapat menahan beban.

Apalagi, apliaksi yang ada pada smartphone selalui diperbaharui dan ditambah fitur oleh pengembangnya, sehingga menambahkan banyak memori, tentu saja smartphone semakin tidak tahan dengan beban aplikasi yang memiliki ukuran terlalu besar. Sama saja, ketika kamu biasanya membawa satu batu, kemudian setelahnya kamu tambah jadi 2 batu, pasti nambah berat kan?

Kemudian penyebab kedua smartphone lemot setelah beberapa lama kamu pakai adalah Operasi Sistem. Mislanya, kamu saat ini baru saja membeli smartphone beroperasi sistem terbaru, seperti IOS 11 pada iPhone, atau Android Oreo pada Android, dan pasti saat pertama kamu menggunakan smartphone dengan operasi sitem tersebut pasti nyaman dan lancar kamu gunakan.

pembaruan OS android

Kemudian setelah beberapa saat nanti, operasi sistem android maupun iPhone ada operasi sistem terbarunya, kemudian kamu harus mengupgrade lagi Versi OS nya, tentu saja hal itu bakal menambah bebanm pada smartphone, karena biasanya setiap pembaharuan OS ada fitur dan spesifikasi tambahan dari OS yang telah di perbaharui.

Contohnya saja kamu membeli Android dengan operasi Marsmallo, contohnya untuk Xiaomi Redmi 4X saja, seperti yang pernah saya gunakan. Setelah beberapa lama, pasti tuh ada pembaruan OS, nah kemarin dari Marshmallo ada tuh android terbaru yaitu Nougat.

Setelah dapat pemberitahuan bahwa adanya pembaruan OS, maka otomatis kita harus memperbaharuinya, karena untuk mendapatkan fitur dan spesifikasi terbaru dan agar smartphone kita tidak terlalu ketinggalan jaman dengan fiturnya, tentu saja hal ini nambah beban pada smarthpone, karena setiap OS memiliki fitur yang berbeda dan setiap pembaharuannya ada fitur terbaru yang lebih istimewa.

Seperti yang pernah saya lakukan dulu ketika memiliki Redmi 4x, awalnya snagat lancar, ketika saya tahu ada pembaruan OS, dan mendapatkan banyak fitur terbaru yang sangat keren dan lebih profesional, kemudian saya memutuskan untuk memperbaharuinya atau meng-Upgradenya, agar terdapat fitur baru, setelah berhasil memeprbaharuinya smartphone say ajadi lemot tidak seperti biasnnya, karena terdapat beban yang elbih berat untuk menyimpan fitur.

Kenapa ini terjadi? Karena smartphone redmki 4X di gunakan untuk Android Marshmallo, sehingga dia tidak mampu untuk menahan beban dari Android Nougat, meskipun ini di rekomendasikan namun ada kelemahannya seprti penambahan beban pada android yang akan membuat smartphone android kita jadi lemot.

jadi, itulah hal-hal yang menyebabkan smartphone lemot setelah beberapa alam kamu pakai, yang awalny alancar-lancar saja. Dan Inti dari lemotnya smartphone setelah lama dipakai adalah karena dia tidak kuat menahan beban karena aplikasi dan pembaruan OS yang membuat RAM smarthpone semakin kecil sehingga tidak dapat lagi menahan banyaknya beban.

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya
BAGIKAN

4 KOMENTAR

  1. Wah bagus artikelnya.
    Bermanfaat sekali.

    Mau nanya nih gan saya, saya kan pake xiaomi redmi note 2.
    Selalu ada pemberitahuan buat update miui , tapi saya tidak update gan..
    Apakah hal tersebut berpengaruh terhadap lemotnya HP?

    Thanks, mohon jawabannya.

    • Iya gan, kayanya itu berpengaruh, soalnya punya kakak saya juga sama, dia puinya Redmi 4X tapi belum pernah di update, HPnya lemot, eror, baterainya paling 5-10 menit udah abis, maka saya rekomendasikan untuk selalu update jika ada pemberitahuan upgrade/update

KOMENTARI

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.