Fitur Yang Diprediksi Akan Di Hilangkan Di Smartphone

fitur yang akan hilang di smartphone

Teknologi semakin menggila, fungsi-fungsi smartphone yang sangat penting diprediksi akan hilang, ada beberpa yang sudah terbukti hilangnya fitur-fitur yang sangat penting di smartphone, lalu bagaimana nasibnya?

Kabar ini sedang marak sekali di berbagai media berita, berdasarkan penulusuran yang sudah dari kemarin aku telusuri, banyak media di indonesia yang menyatakan bahwa fitur penting di ponsel cerdas akan hilang.

Sejak kemunculan trio iPhone 2018 yang mempunyai fitur unggulan, yaitu e-SIM, hal ini menjadi sasaran bahwa beberapa fitur akan dihilangkan dan diganti dengan teknologi yang baru, fitur apa saja yang akan diganti? Chek it.

Fitur-fitur yang akan dihilangkan di smartphone

Sebagaimana seperti pada penulusan ku, ada beberapa fitur yang memiliki peran penting akan dihilangkan dan akan diganti dengan teknologi yang baru, berikut telah aku rangkum dari berbagai media yang menyebutkan hal sama.

Slot Kartu SIM

Slot kartu SIM memiliki fungsi penting di smartphone, fungsinya yaitu untuk menempatkan atau meletakkan kartu SIM. Tanpa kartu SIM smartphone tidak akan bisa apa-apa, kecuali adanya jaringan internet Wi-Fi, namun tidak dapat digunakan sebagai telepon, kecuali panggilan internet.

Nyatanya, Slot Kartu SIM yang memiliki peran penting itu diramalkan akan segera hilang di smartphone, lalu bagaimana nasib pengguna untuk menggunakan Kartu SIM, sementara SIM card sangat penting?.

Prediksi yang lumayan membingungkan, hal ini karena kita tahu, trio iPhone 2018 merupakan iPhone pertama yang menggunakan dual SIM, sim kedua dari iPhone tidak ada slotnya, yang artinya diganti dengan e-SIM.

Telah kita lihat pada iPhone 2018, ada kemungkinan, produksi smartphone kedepannya tidak akan menggunakan Slot Kartu SIM, dan mungkin semua kartu SIM akan diganti dengan e-SIM seperti pada iPhone 2018. Lalu bagaimana nasib provider, seperti XL, Indosat, telkomsel atau lainnya?

Teknologi e-SIM sendiri memiliki salah satu sofwere layaknya pada iPhone yang baru saja diterbitkan. Kita tidak perlu bingung beli Kartu baru kalau mau ganti Nomor, cukup menggunakan sofwere yang telah tersedia, dengan mudah kita bisa mengganti nomor sesuai keinginan, bahkan diluar negeri kita tak perlu ganti provider, cukup lakukan langkah-langkah yang disediakan.

Hal ini akan membuat para provider berhenti memproduksi Kartu Perdana, dan akan diganti dengan e-SIM.

Jadi, prediksi ini bisa saja terjadi, karena fitur ini sudah terlihat dan ada pada trio iPhone 2018. Bagaimana kelanjutannya? Tunggu kehadiran teknologi kedepannya.

Tombol Volume

Tombol Volume juga diprediksi akan dihilangkan, lantas bagaimana cara meningkatkan atau merendahkan suara pada smartphone?

Karena teknologi semakin menggila, maka akan ada gantinya, diprediksi Tombol Volume akan diintegrasikan dengan tombol kunci di smartphone, hal ini akan tentunya akan mengehmat ruang serta biaya pembuatan smartphone.

Speaker kecil/earpiece

kamu mungkin tahu, fungsi earpiece merupakan speaker untuk panggilan, ya earpiece terdapat lubang kecil di bagian depan atas smartphone yang berfungsi untuk panggilan dengan suara kecil itu.

Sebuah prediksi pun bangkit, jadinya ini akan dihilangkan dan saat nelpon suara bukan lagi keluar dari speaker kecil ini, melainkan dari layar yang sama seperti Speaker.

Candy Bar

Hampir semua smartphone punya bentuk sama (Candy Bar) yaitu layar yang penuh dan tanpa ada tombol fisik. Perkembangan ponsel cerdas dengan layar lipat mungkin fitur ini akan dihilankan tidak akan lagi dlakukan pengembangannya oleh vendor-vdendor smartphone.

Hmm, semakin kesini semakin canggih aja ya.

Slot Micro SD

Slot Micro SD juga diprediksi akan dihilangkan dan akan diganti dengan memori penyimpanan bawaan, sama saja seperti e-SIM, diletakkan pada jeroan Smartphone, atau seperti baterai, non-removable artinya tidak dapat dilepas, baik itu e-SIM maupun internal memori.

Seperti kita ketahui pada iPhone, sejak dulu di iPhone kita tidak dapat menambahkan penyimpanan eksternal, memungkinkan ponsel android pun akan melakukan hal sama seperti iPhone, hanya mengandalkan memori bawaan ponsel dan tidak dapat menambah kapasitas seperti pada ponsel android sekarang.

Ya, iPhone memang selalu menjadi inspirasi bagi para vendor smartphone, seperti baterai tidak dapat dilepas, awalnya di iPhone, e-SIM, tidak ada slot Micro SD.

Apliaksi android

Charger Berkabel

Fungsi ini sudah tidak ada dibeberapa ponsel, dimana untuk mengisi daya baterai kita tidak menggunakan kabel data charger, melainkan menggunakan Wireless Charger, fitur ini pun sudah tersedia di beberpa ponsel, seperti iPhone, Samsung, atau yang lainnya.

Hal ini membut produksi dan desain smartphone semakin ramping dan tidak terlalu menambah banyak beban pada ponsel.

Audio Jack

Kita tahu, fungsi Audio jack 3,5 mm untuk menghubungkan earphone pada ponsel, fungsi ini juga diprediksi akan hilang dan diganti dengan Wireless audio.

Seperti sudah ada di iPhone 7 atau yang lebih baru, tidak ada slot audio jack, sehingga pengguna tidak dapat menggunakan earphone dan hanya bisa menggunakan wireless seperti bloetooth.

Pengeras suara/speaker

Sedangkan kita tahu, speaker sangat penting untuk menghasilkan suara dari ponsel, bagaimana jadinya kalau speaker akan dihilangkan di ponsel cerdas, bagaiaman cara suara keluar kalau gak ada speaker?

Ternyata akan diganti dengan teknologi baru, yaitu SoundCasting, seperti yang sudah ada di Vivo Nex, hmm teknologi memang semakin menggila ya.

Dengan teknologi ini, suara akan keluar dari layar bukan dari speaker, semua fitur yang dihilangkan akan membuat produksi smartphone jadi hemat biaya dan ruang berkat teknologi yang semakin canggih, suara aja bisa keluar dari layar bukan dari speaker.

Sidik jari

Teknologi pemindaian sidik jari memang terbilang masih baru, alhasil para vendor smartphone berlomba-lomba untuk mengkonsumsi fitur ini. Android sedang memindahkan fitur sidik jari dari belakang bodi ke bagian layar, yang merupakan langkah Apple pada produk-produk sebelumnya.

Sidik jari sendiri awalnya hadir di iPhone, sedangkan di android masih baru, bisa dibilang Android selalu mengikuti jejak apple.

Pada trio iPhone sidik jari sudah dihilangkan dan keamanan diganti dengan pemindaian wajah, mungkin saja Android pun akan melakukan hal sama layaknya iPhone, karena seperti tadi aku bilang, android selalu mengikuti jejak teknologi iPhone.

Nah, itulah fitur-fitur yang memiliki peranan penting akan dihilangkan di tahun yang akan mendatang, mungkin tidak semuanya langsung hilang, fitur nya akan dhilangkan dan diganti dengan teknologi baru satu per satu.

Sebagaimana kita tahu bahwa iPhone menjadi bagian pertama dalam pembuatan teknologi baru, contohnya saja Layar berponi, awalnya iPhone X dan kini sudah diikuti oleh vendor-vendor android, kemduian fitur-fitur diatas pun sudah diterapkan di iPhone, kemungkinan fitur itu akan hilang disemua vendor dan mengikuti jejak iPhone seperti layar berponi.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.