Ternyata Ini Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Smartphone

Bahan yang digunakan untuk membuat smartphone

Hayo ngaku, siapa yang gak tahu bahan-bahan yang digunakan untuk membuat smartphone? Mungkin 70 persen orang belum mengetahuinya, karena mereka enggak mau tahu, yang penting menikmati apa yang ada, sehingga tidak mau ribet-ribet mikirin yang aneh-aneh.

Gak aneh sih, apalagi ada kemungkinan kamu harus mengetahui apa saja bahan yang digunakan untuk membuat sebuah smartphone, apalagi bahan-bahan tersebut ada kaitannya dengan keadaan bumi, ya bahan yang digunakan untuk membuat smartphone hampir seluruhnya bahan dari dalam tanah.

Secara garis besar, smartphone sendiri dibuat menggunakan bahan dari beberapa zat kimia dan logam, makanya dulu tuh sempet viral kalau smartphone sangat berbahaya karena bahan yang di gunakan untuk menciptakan satu buah posnel cerdas di buat dari bahan-bahan kimia.

Dari bahan-bahan kimia tersebut ternyata bahan-bahannya benar-benar di dapat dari bumi, lalu bagaimana nasib bumi jika bahan-bahan tersebut terus di ambil setiap tahunnya untuk menciptakan sebuah posnel cerdas? Dan apa saja bahannya? Berikut rangkuman dari Tribuntravel.com dan Bobo.grid.id.

#PRECIOUS METAL

Tembaga, perak dan emas merupakan usur dari precious metal, bahan yang di ambil dari precious metal sendiri terdapat 13 unsur yang ambil dan digunakan untuk menciptakan ponsel dengan teknologi yang menakjubkan. Proses pertambanganpun tidak jauh yang namanya menggali tanah hingga kedalaman ratusan meter.

Artinya, pertambangan untuk menghasilkan bahan ini mereka terus menggali hingga kedalaman bermeter-meter, contohnya saja pertambangan Batu Bara, ya tak jauh dari pertambangan bahan untuk membangun ponsel cerdas ini, bahkan pertambangannya pun sangat luas.

Lalu, apa yang terjadi pada bumi? Semakin banyak pembuatan ponsel, semakin banyak pula logam yang di ambil dari dalam bumi, alhasil unsur-unsur logam di bumi akan habis jika terus di ambil. Satu hal, jangan membuang smartphone sembarangan itu akan menjadi sebuah sampah yang dapat menyebabkan penyakit.

#RARE EARTH

Kemudian ada bahan yang dinamakan Rare Earth, dimana ini merupakan kelompok 17 unsur logam yang tidak terlalu langka, Rara earth sendiri biasanya di temukan di kerak bumi, kemudian unsur-unsur ini punya sifat magnet yang sangat besar, konsuktif dan fostor, ketiga sifat tersebut menjadi bagian terpenting untuk teknologi.

Dari ke 17 unsur itu, ada 16 unsur yang digunakan untuk membuat sebuah smartphone dan alat elektronik lainnya, logam ini berfungsi untuk membuat tampilan layar dan warna serta kemampuan mengantarkan saluran listrik dan getaran di ponsel cerdas yang saat ini menjadi bagian gaya hidup.

Lalu, bagaimana dampaknya bagi bumi? Jenis logam ini biasa ditemukan di daerah dengan konsentrasi yang rendah, hal ini membuat pertambangan sulit untuk menggali dan mendapatkan logam ini, terkadang dibutuhkan pertambangan terbuka yang dilakukan di area tanah luas.

Metode pertambangan tersebutlah yang akan merusak habitat alam luas, sehingga akan menyebabkan polusi udara dan air, bahkan bisa mencemari lingkungan di kawasan manusia, hmmm, ngeri kan dampaknya?

Dari bahan-bahan tersebut merupakan hasil bumi, jika terus menerus di ambil, tentu saja akan membuat bumi rusak danbaya mengintai manusia, satu hal, jangan membuang smartphone sembarangan, lebih baik di berikan atau dikasih jika sudah tidak dibutuhkan lagi, jika rusak bisa dijual ke yang membutuhkan.

Setelah kita melihat bahan-bahannya yang berdampak ada bumi, apakah masih ingin terus menerus membeli ponsel-ponsel? Sedangkan mereka akan terus memproduksi setiap tahunnya, dan tentu saja logam-logam yang telah disebutkan semakin tahun semakin berkurang.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.