Nih 3 Aplikasi Chating Buatan Indonesia Yang Bisa Kamu Gunakan

Tidak perlu bingung lagi ketika kamu mendapat kabar bahwa adanya ancaman pemblokiran beberapa aplikasi chating yang mungkin sering kamu gunakan.

Dan daripada kamu bingung, mending kembangkan karya negara kita sendiri, jangan sampai karya-karya Nusantara kita lupakan karena adanya karya-karya dari manca negara yang mungkin sangat populer di dunia.

Seperti halnya aplikasi, siapa sangka negara kita juga punya layanan aplikasi untuk digunakan chating lho. Mungkin kamu tak awam lagi dengan aplikasi chat bernama line, WhatsApp, BBM, ataupun lainnya, akan tetapi kamu masih belum mengenal aplikasi chat yang benar-benar buatan lokal.

Lalu, apa saja aplikasi chat tersebut? Nah, disini kita akan dapatkan 3 aplikasi chating buatan Indonesia yang saya dapatkan dari Kominfo.go.id, dan Kominfo pun telah merekomendasikan ketiga aplikasi di bawah.

1. PesanKita

Bisa juga disingkat dengan PS, PesanKita adalah aplikasi chating yang di buat oleh atau di terbitkan oleh anak Indonesia, dimana ini adalah messenger yang hampir sama seperti WhatsApp. Aplikasi buatan XecurelT ini memiliki tampilan yang sangat sederhana, tidak ada fitur untuk penulisan status maupun foto profil seperti WhatsApp.

Aplikasi ini juga memberikan fitur gorup layaknya WhatsApp, juga terdapat fitur pengiriman file dengan format apapun, baik foto maupun video bisa kita kirim kepada teman kita tanpa compress. Selain itu, pengguna aplikasi ini juga dapat mengatur waktu hapus pesan otomatis jika pesan sudah dibaca oleh pengguna lain yang dikirim pesan atau teman kamu yang kamu kirim pesan, jadi pesan tersebut akan terhapus secara otomatis sesuai pengaturan waktu yang kamu tentukan.

Kemudian, aplikasi ini juga terdapat keamanan group yang dapat membedakan hak cipta antara pemilik atau pembuatan Group, Admin Group, dan Anggota group, enkripsi pesan yang menyeluruh termasuk pesan di dalam group.

Namun sayang, banyak orang di negara kita yang belum tahu akan aplikasi chating ini, dan sampai saat ini aplikasi masih belum banyak pengguna, untuk saat ini PesanKita baru diunduh lebih dari 5 ribu unduhan saja.

2. LiteBig

Kabarnya aplikasi ini sudah lama nongkrong di play store, sudah sejak Agustus 2014 silam, dan aplikasi asli buatan Indonesia ini sudah mencapai unduhan 500ribu lebih di play store.

Fitur yang terdapat dalam aplikasi inipun terbilang sama seperti aplikasi populer jenisnya, seperti fitur autosync yang akan mencari teman yang sudah menggunakan aplikasi LiteBig secara otomatis dan gak perlu lagi menambahkan teman secara manual.

Terdapat fitur unggulan yang mungkin belum ada dalam aplikasi populer messenger, yaitu pengguna dapat mengedit atau menghapus pesan yang sudah terkirim, disini juga kamu dapat mengirim berbagai jenis file kepada teman kamu. Terdapat pula gorup yang dapat menampung anggota hingga 1.000 pengguna LiteBig.

3. Chatfiz Messenger

Sudah tak asing lagi ditelinga kita, chatfiz adalah aplikasi messenger yang telah bersaing dengan BBM dimasa BBM jaya, hingga saat ini aplikasi ini sudah terinstall lebih dari 1juta unduhan di play store. Mungkin kamu belum tahu, aplikasi ini merupakan aplikasi messenger asli buatan anak bangsa.

Chatfiz adalah aplikasi messenger yang sangat ringan dan unik, karena aplikasi ini adalah aplikasi gabungan Antara pesan instan, interaksi sosial media, streaming multimedia, dan layanan cloud storage. Dibilang bisa dikatakan seperti Facebook, karena chatfiz juga terdapat fitur berbagi status, kutipan, serta like dan komentar.

Tak kalaj menarik juga, aplikasi ini bisa menampung anggota group hingga 2000 pengguna.

Nah, itulah 3 aplikasi messenger buatan anak lokal yang dapat kamu gunakan untuk menggantikan aplikasi lain sejenisnya yang bukan buatan anak bangsa.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.