Fakta Ular Tanah Yang Sangat Berbahaya Hingga menyebabkan Kematian

Ular Tanah adalah ular paling berbahaya di Pulau Jawa terutama Banten, dimana di Banten saja Korban Kematian Ular Tanah sudah tak terhitung lagi, banyak sekali nyawa yang telah hilang karena gigitan ular tanah.

Untuk itu, ular tanah merupakan satu-satunya ular yang paling berbahaya di Banten, apalagi Banten merupakan tanah yang masih subur dan hutan bebas yang masih banyak, sehingga ular tanah pun banyak bertebaran dan berkembang biak.

Kita akan mengetahui beberapa fakta tentang ular tanah yang juga merupakan ular khas Banten paling berbahaya.

1. Ular tanah hanya ada di Asia dan Pulau jawa

Ya Fakta pertama ular tanah ini hanya ada di negara asia terutama Indonesia, yaitu pulau jawa, akan tetapi hanya di sebagaian wilayahnya saja. Ular tanah lebih dikenal ular khas Banten, yang merupakan hanya ada di kabupaten lebak dan Pandeglang saja.

Selain di Banten, ular tanah juga ada di Jawa tengah dan Jawa barat, namun paling berbahaya hanya ada di Banten saja, yaitu kabupaten Lebak.

2. Bahaya ular tanah hingga kematian

Ular tanah adalah ular yang sangat mematikan, bahkan sekali gigitan saja racun-racun dari rahang ular tanah langsung menyebar ke seluruh tubuh yang menjadi korban gigitan ular tersebut.

Di kabupaten Lebak, Korban Kematian gigitan ular tanah sudah tak terhitung lagi, karena sudah banyak sekali korban yang meninggal karena gigitan ular tanah, ada dari keluarga saya juga.

3. Belum ada obat khusus untuk menyembuhkan gigitan ular tanah

Setelah salah satu organ tubuh digigit ular tanah, maka untuk mencari obatnya pun sangat susah, sampai saat ini belum ada obat khusus untuk menyembuhkan luka akibat Gigitan ular tanah.

Obatnya hanya satu, yaitu dari tanaman liar yang ada di perhutanan Banten, namun saya tidak tahu nama dari tanaman tersebut. Biasanya orang-orang di daerah saya menggunakan obat tersebut untuk menyembuhkannya, dan meminta syariat terhadap Allah serta menggunakan tanah.

4. Tidak dianjurkan makan enak setelah lumpuh terkena gigitan ular tanah

Setelah terkena gigitan ular tanah, maka tubuh akan melemah, dan bagian organ tubuh yang digigit ukar tanah akan membengkak karena cairan racun dari gigi ular tanah yang langsung menyebar ke tubuh.

Kita tidak diijinkan untuk makan enak setelah lumpuh, kita hanya boleh makan nasi + garam yang telah di masak dengan cara di bakar. Makanan lain tidak boleh dimakan, jika ingin sembuh dari lumpuh karena gigitan ular tanah.

5. Lumpuh hingga beberapa hari jika digigit ular tanah

Jika menjadi korban gigitan ular tanah, maka orang tersebut tidak langsung meninggal, namun akan lumpuh selama beberapa hari, karena cairan racun tersebut sangat berbahaya.

Pembekakan yang terjadi pada organ tubuh yang terkena gigitan ular tanah dapat memakan waktu hingga berhari-hari, bahkan sampai meninggal dunia karena racun tersebut.

6. Ular tanah adalah keluarga belidak berbisa dan ada dua jenis

Ular tanah merupakan ular yang termasuk dalam belidak berbisa, dan ular ini merupakan satu-satunya spesies marga calloselasma.

Ular ini juga diketahui ada dua jenis anak, yaitu :

C. r. Rhodostoma (BOIE 1827) yang menyebar luas di Jawa Barat dan Banten, Jawa Tengah, Laos, Kamboja, Vietnam, Kepulauan Karimun Jawa, Thailand, dan semenanjung Malaya.

C. r. Annamensis (Angel 1933) jenis ini hanya menyebar di dua negara, yaitu Vietnam dan Kamboja.

7. Biasa aktif di malam hari

Mungkin kamu belum tahu, kalau ular tanah biasa aktif di malam hari. Pada malam hari tiba, mereka akan berburu mencari mangsanya, sehingga diharapkan berhati-hati jika masuk ke daerah perhutanan pada saat malam, terutama kabupaten Lebak.

Akan tetapi, walaupun biasa bertindak di malam hari, kita pun harus tetap hati-hati di siang hari, karena biasanya mereka akan tertidur dan jika terganggu maka mereka langsung akan menggigit dengan cepat.

8. Tidak tumbuh panjang seperti ular lainnya

Walaupun ular ini sangat mematikan, namun pertumbuhannya tidak panjang seperti ular lainnya. Ular tanah hanya tumbuh panjang mungkin beberapa ukuran saja.

Dan semakin tua dia akan semakin memendek juga semakin gemuk, suara dari ular tanah pun begitu menganggu telinga. Mungkin saya tidak dapat menjelaskan suaranya, akan tetapi jika terdengar suara hssss, harap waspada.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai ukar tanah yang merupakan ular paling berbahaya di keluarga masyarakat Banten.

Di daerah lain belum terdengar mati karena gigitan ular, akan tetapi di Kabupaten lebak sudah banyak korban Kematian ular tanah.

Karena belum ditemukan obatnya, maka korban gigitan ular ini hanya bisa terbaring hingga sembuh, tapi jika kesembuhan itu belum juga lekas, maka yang terjadi nyawa akan melayang, jadi diharapkan untuk selalu Waspada dan berhati-hati.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.