7 Fakta Menarik Tentang Cengkeh, Bikin Kamu Kaya Raya

Cengkeh adalah tanaman musiman yang biasa berbuah setahun sekali, cengkeh bisa kamu temukan dengan mudah di Indonesia, dengan buahnya yang kecil mungil cengkeh ternyata kaya akan manfaat. Selain kaya manfaat, cengkeh juga kaya akan uang. Cengkeh bisa dijual kering maupun basah.

Jika kamu memiliki cengkeh, maka siap-siap kamu akan kaya mendadak dengan menjual buah cengkeh, bahkan harganya pun begitu mahal, sehingga setiap musim cengkeh orang-orang tidak lagi sulit mencari uang untuk kebutuhan hidup.

Mungkin kamu tidak banyak mengetahui tentang cengkeh, maka disini saya akan mengulas Fakta menarik tentang cengkeh yang akan membuat kamu melongok.

1. Seluruh bagian dari Cengkeh bisa dijual

Kamu tahu? Seluruh bagian dari Cengkeh bisa kamu uangkan dengan begitu mudahnya. Mulai dari pohonnya, buahnya, hingga daunnya bisa kamu jadikan rupiah dengan sangat mudah.

Seperti buahnya yang bisa dijual bebas di kalangan pebisnis cengkeh, mulai dari per gelas, per liter, dan per kilo. Selain buahnya, daunnya pun bisa kamu jual dengan cara dikilo, begitu pula pohonnya yang bisa kamu jual dengan harga yang menakjubkan.

2. Cengkeh berbuah setahun sekali

Kamu tidak akan bisa menjual buah cengkeh setiap hari, karena cengkeh berbuahnya setahun sekali, jadi kamu hanya diberikan kesempatan untuk memanen buah cengkeh dalam satu kali satu tahun.

Meskipun setahun sekali, cengkeh sangat lama berbuah, biasanya 3-4 bulan cengkeh masih berbuah, sehingga jika kamu punya Pohon cengkeh, siap-siap setiap tahun selama 3-4 bulan kamu bakalan kaya raya.

3. Harga buah cengkeh sangat mahal

Kamu tahu harga gabah/padi? Berapa harga padi per kilogramnya? Mungkin sekitar ribuan saja. Berbeda dengan buah cengkeh, bahkan buah cengkeh buah paling mahal per kilogramnya, dimana harga paling murah adalah Rp. 80 ribu per kilogram cengkeh kering.

Sedangkan, jarang sekali harga cengkeh murah, biasanya harga cengkeh kering mencapai 100-150 ribu per kilogramnya, jadi dibandingkan harga padi, cengkeh jauh lebih mahal harganya. Untuk harga cengkeh tahun ini adalah kurang lebih 120 ribu per kilogram. Bisa bikin kamu kaya bukan?

4. Cara panen buah cengkeh sangat unik

Berbeda dengan panen buah-buahan lainnya, memanen buah cengkeh tidak seperti memanen padi, dimana kita harus memutil buah cengkeh dengan cara menaiki pohonnya yang sangat tinggi. Bahkan tidak cukup satu orang saja, untuk memutil buah cengkeh biasanya lebih dari 2 orang, tergantung banyaknya Pohon cengkeh.

Setelah buahnya di petik atau putil, kemudian di satukan dan di masukan dalam karung, lalu di bawa ke rumah si pemilik cengkeh tersebut, kemudian di pisahkan dari tangkainya. Di dalam bahasa saya ini disebut ngarepuh, ntah apa bahasa Indonesianya saya tidak tahu, yang pasti buah cengkeh di pisahkan dari tangkainya oleh beberapa orang.

5. Upah pemetik cengkeh hampir sama dengan harga cengkeh

Bahkan kamu tidak perlu punya Cengkeh, cukup jadi pemetik atau pemutilnya saja kamu bisa kaya, dimana upah si pemutil tersebut mencapai 60-80 ribu per orang per hari. Ya, pemutil cengkeh di bayar harian per orangnya.

Bayangkan saja jika kamu kuli mutil buah cengkeh selama 30 hari, maka gaji kamu adalah 80×30 = Rp. 2,4 juta per bulan, hampir sama dengan gaji UMR bukan? Hehe

6. Pemisah buah dari tangkainya juga di bayar

Bukan hanya si pemutil, yang memisahkan buah cengkeh dari tangkainya juga di bayar lho, namun berbeda dengan pemutil. Jika pemutil dibayar 80K per hari, sedangkan pemisah buahnya dibayar Rp. 1000 per liter, jadi dibayarnya per liter.

Meskipun cuma seribu rupiah, jika kamu berhasil memisahkan buah cengkeh dari tangkainya sebanyak 60 liter, maka kamu akan dibayar 60 ribu. Apa bisa mengumpulkan cengkeh sebanyak itu hasil mutil? Ya tentu, karena sekali panen, buah cengkeh mencapai ribuan liter pendapatnya.

7. Beragam cara pembelian cengkeh

Selain harganya yang mahal, cara pembeliannya pun ada beberapa cara, mulai dari di borong atau di beli buahnya langsung dari pohonnya, di gadai, di gelas, di liter dan di kilo.

Jadi, meskipun kamu tidak mempunyai pohon cengkeh, kamu juga bisa memanen cengkeh dengan menggadai terlebih dahulu cengkeh milik orang lain, dan selama cengkeh tersebut masih belum di tebus oleh pemiliknya, setiap tahun kamu bisa panen cengkeh.

Begitulah 7 Fakta menarik cengkeh yang bisa bikin kamu kaya raya tiap tahunnya, apa kamu punya cengkeh? Jika ia, maka sekarang ini adalah musimnya buah cengkeh, jadi kamu bisa kaya di tahun ini dari hasil penjualan buah cengkeh juga daunnya yang dijual setiap saat.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.