Fakta-fakta Unik Burung Hantu Yang Belum Diketahui Banyak Orang

hewan yang bisa melihat hantu

Kita tentunya sudah tahu yang namanya burung hantu, burung yang di kenal sebagai burung pemalu dan hanya aktif di malam hari ini ternyata memiliki beberapa fakta yang belum di ketahui oleh banyak orang, ya termasuk aku, aku sih hanya tahu kalau burung ini aktif di malamhari.

Burung hantu memang di kenal sebagai salah satu hal yang magic, ya kan namanya juga burung hantu. Sudah juga banyak film-film yang mengambil burung hantu sebagai jenis film horor tersebut.

Apa kamu yakin belum tahu fakta yang sebenarnya burung hantu? Mari kita bahas fakta-fakta burung hantu yang saat ini di kenal sebagai burung mistis.

Tidak semua burung aktif di malam hari

Hal ini mungkin belum di kethaui banyak orang, karena orang-orang biasa mengenal burung ini hanya aktif di malam hari saja, namun fakta yang sebenarnya, burung ini tidak semua aktif di malam hari.

Ada burung hantu ynag berperilaku diurnal, yang artinya mencari mangsa di siang hari. Seperti burung hantu Abu-abu besar (strix nebulosa), burung hantu elang utara (surnia ulula) dan burung hantu kredil utara (glaucidium gnoma)

Burung hantu jenis itu aktif di siang hari, lantaran mangsanya adalah burung penari dan mamalai kecil.

Burung hantu bisa berenang

Jarang lho orang mengetahui bahwa burung ini bisa berenang, ya termasuk saya, saya baru tahu kalau ternyata burung hantu bisa berenang.

Burung yang terlihat imut ini juga ternyata bisa berenang lho sob.

Seorang fotografer, Steve Spitzer berhasil mengambil Video di Pantai Loyalia Park, Chicago, saat itu ada burung hantu tanduk besar ynag berenang di sebrang danau.

Burung tersebut menghindar dari dua elang pemangsa dan masuk ke dalam air.

burung hantu

Leher berputar hingga 270 derajat

Burung hantu mempunyai 14 bagian Vertebra leher 2 kali lipat lebih banyak dari leher manusia, anatomi unik membantu burung hantu untuk memutarkan lehernya hingga 270 derajat.

Kenapa bisa memutar? Pada tulang belakang mereka terdapat dengan ukuran 10 kali lenih besar dari lubang pembuluh darah, hal ini memudahkan mereka bergerak dengan ruang gerak yang lebih lega.

Saat burung hantu menoleh, arteri dapat melewati lubang vertebra dengan mudah, kemudian kemampuan ini adalah kunci dari berlangsunnya hidup mereka. Hmm, keren bukan? Seandainya manusia berputar hingga 270 derajat seperti burung hantu, mungkin ketika ada yang jail dari belakang langsung ketahuan, hehe.

Matanya tidak bisa melihat kiri dan kanan

Tidak seperti manusia, mata burung hantu tidak bisa menenggok kiri dan kanan, burung hantu tidak bisa melihat ke kanan maupun ke kiri dengan mata yang mereka miliki, mungkin ini sama seperti mata burung jenis lainnya.

Sebagai penggantinya, disaat mereka ingin menenggok atau melihat ke kiri atau kanan, mereka memutarkan lehernya yang luar biasa itu, dengan mudah leher tersebut berputar ketika mereka ingin menenggok.

Tidak punya sarang

Tidak seperti burung pada umumnya, burung hantu pemalas, mereka tidak mau membangun sarang untuk tempat tinggal, mereka menggunakan sarang yang telah di tinggalkan oleh burung-burung lain.

Bulu halusnya tidak waterproof

Meskipun bulunya terlihat halus dan kayanya anti air, namun ternyata bulu burung hantu akan menyerap banyak air ketika terkena air.

burung hantu

Burung hantu mendamaikan timur tengah

Di timur tengah, ada burung hantu Barn, (Tyto alba), mereka membantu para petani dan para ilmuwan timur tengah.

Mereka membantu memangsa tikus bintang danvole di kawasan Palestina, Yordania dan Wilayah Israel.

Sepasang burung hantu bisa memakan tikus hingga 6000 ekor pertahun. Dengan ini petani di sana tidak perlu untuk membunuh tikus ynag merusak tanaman mereka.

Mata palsu untuk kamuflase

Kalian tahu kan, burung hantu punya mata palsu? Burung hantu kerdil utara memiliki mata kuncing cerah di wajah dan bulu hitam di bagian belakang kepalanya yang terlihat menyeramkan, inilah mata palsunya.

Mata palsu ini sebagai pelindung mereka, ketika ada pemangsa dari belakang, maka pemangsa itu akan menghindar, lantaran tidak mau memangsa langsung kalau terlihat oleh sasarannya.

Burung hantu jenis ini aktif di siang hari.

Mampu terbang jauh

Adaburung hantu yang hidup di kawasan kutub, yaitu burung hantu salju (Bubo scandiacus), meskipun di kutub, burung ini juga sering terbang ke selatan.

Pada tahun 2013-2014 silam, burung ini terbang sangat jauh ke selatan, hingga ke Florida dan Bermuda. Pernah juga terbang ke selatan hingga 4,800 kilometer dan mendarat di Bandara internasional Honolulu, namun sayang petugas bandara menembak burung itu karena takut menganggu aktivitas dan lalu lintas udara.

Jari-jari kaki berlawanan

Cakar burung hantu adalah Zygodaktil, dimana jari burung mereka berlawanan. Dua cakar berarah ke depan dan dua cakar mengarah ke belakang, cakar ini mampu menggenggam mangsanya sangat kuat.

burung hantu terbesar

Ada burung hantu terbesar yang sudah punah

Hayo, siapa yang enggak tahu kalau ternyata ada burung hantu terbesar. Aku sih baru denger kalau ternyata ada burung hantu yang mencapai hingga 1,1 meter.

Burung hantu terbesar yang tercatat saat ini adalah burung hantu yang berasal dari kuba (Ornimegalonyx) yang sayangnya burung hantu ini telah punah. kakinya yang kuat dan panjang menunjukkan bahwa burung ini bisa dengan cepat dan kuat, namun para ahli belum menemukan apakah burung ini bisa terbang atau tidak

Jenis burung hantu ini yang tersisa berada di Gua-gua Kuba.

Fakta burung hantu di Banten

Di Banten dan dalam bahasa Sunda, burung hantu dikenal “Bueuk”. Disaat ada burung hantu atau Bueuk yang bersuara di malam hari di pemukian warga, maka mitosnya ada ibu-ibu atau wanita yang sedang hamil, sehingga para warga yang mendengar burung ini bersuara mengetahui apakah ada yang hamil atau tidak. Ini mitos yang masih di percaya di kampung saya hingga saat ini.

Nah, itulah beberapa fakta unik tentang Burung Hantu, dimana tulisan ini refrensi dari Tribunnews.com.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.