Aku Dan Banten Untuk Indonesia

2
Provinsi Banten

Assalamualaikum sobat, kali ini aku mau bahas mengenai Provinsi Banten yang merupakan Provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa, tepatnya di bagian paling barat Jawa, dan bergandengan dengan Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat..

Banten sendiri terkenal dengan sejarah kerajaan Banten dan tempat sejuta wisata, wisata banten juga dikenal dengan Pantai, sehingga Banten biasanya di sebut-sebut pantai selatan, apalagi di Banten Selatan, sepanjang jalan penuh dengan Pantai.

Banten masih masuk dalam tanah Pasundan, apalagi bahasa yang digunakan di Banten adalah Bahasa Sunda Kuno (Sunda Kasar) Maka, jangan heran kalau kebanyakan orang banten bicaranya sangat kasar, ya termasuk aku.

Aku sendiri lahir di Banten, tepatnya di Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, masuk ke bagian Banten Selatan, yang terkenal dengan Pantai Selatan, sehingga kalau kalian mau ke Banten Selatan, seperti ke Sawarna atau Karang nawing, jangan lupa mampir ke tempat aku ya, hehe.

Tempat kelahiran dan tempat nanti aku kembali duduk disini akan selalu memberikan Cinta sepenuh hati untuk Bantenku, tanah pasundan yang dulu dikenal sebagai Kerajaan Banten ini akan tetap Abadi, disinilah aku menghabiskan masa-masa hidupku bersama keluarga dan sahabat.

Entah, apakah ini curhat atau review mengenai Banten, namun di tulisan yang akan kulanjutkan ini membuktikan bhwa Banten adalah provinsi tercintaku dan disinilah aku Berdiri hinga saat ini.

 

Banten resmi menjadi Provinsi pada tahun 2000

Seperti yang sudah kita ketahui, Banten merupakan Provinsi pemekaran dari Provinsi Jawa Barat, tepatnya pada tahun 2000 silam, kemudian Kota Serang adalah Ibukota dari Provinsi Banten dan berhasil menjadi Provinsi paling barat di Pulau Jawa, dan kini bermekar dengan 8 Kabupaten/kota.

Berikut Kabupaten/Kota di Provinsi Banten

Kabupaten

  • Kabupaten Lebak
  • Kabupaten Pandeglang
  • Kabupaten Serang
  • Kabupaten Tangerang

Kota

  • Kota Serang
  • Kota Cilegon
  • Kota Tangerang
  • Kota Tangerang Selatan

Ke 8 Kabupaten dan Kota di atas salah satunya terkenal dengan Tempat Wisata di Pantai Selatan, adalah kabupaten Lebak, kabupaten ini terletak di paling selatan Banten dan banyak sekali Pantai-pantai yang bisa kalian kunjungi, contohnya saja Sawarna, pantai tersebut sudah di kenal juga oleh mancanegara dan masuk dalam kategori Surga tersembunyi di Indonesia versi On The Spot dulu.

Bandara Soekarno-Hatta masuk ke Provinsi Banten

Bandara Internasonal Soekarno-Hatta masuk ke Provinsi banten karena terletak di Kota Tangerang, Bandara ini adalah perbatasan antara Provinsi Banten dan DKI Jakarta, sehingga bandara tersebut resmi masuk ke Banten.

Jangan salah ya sob, Bandara Soekarno Hatta tidak masuk ke Jakarta, cari aja di Google kalau masih gak percaya, atau mungkin kamu sering melihat berita di TV tentang Bandara Soetta ini, biasanya ada tuh tempatnya kejaidian berita tersebut, kebanyakan masih tahu masuk Jakarta juga sih.

 

Bandara internasional Soekarno Hatta adalah Bandara terbesar di Indonesia

Dulu memang terletak di Jakarta, karena Tangerang adalah kota di jakarta, akan tetapi, setelah Tangerang masuk ke Banten, akhirnya Bandara SOETTA pun masih terletak di Provinsi Banten.

Bahasa Banten adalah Sunda Kasar

Bahasa Sunda, jangan salah, di Banten dan Jawa Barat Sundanya berbeda, jika Jawa Barat Sundannya tiak kasar, atau biasanya di sini dibilangnya Bahasa Sunda Lemes, namun dibanten Sundanya adalah Kasar, aku juga terkadang bingung kalau ngobrol sama orang Bandung, karena meskipun sunda tapi berbeda, dulu aja pernah di Bekasi aku punya temen kerja, dia orang Bandung, kami ngobrol biasa, cuma aku banyak yang gak ngerti karena sundanya diamah tidak kasar, kalau aku kan kasar.

Kemudian bukan cuma Sunda, di Kota Serang ada Bahasa Jawa yang disebut Jawa Serang, aku sih gak ngerti bahasanya.

Terkenal dengan Tempat Wisata di Sawarna dan Anyer

Diatas sudah ku bilang kalau Banten itu surganya tempat wisata, Sawarna dan Anyer sangat terkenal, bahkan hingga ke Mancanegara, banyak juga turis-turis asing yang berkunjung ke Sawarna maupun Anyer dan Pantai lainnya.

Bukan cuma kedua pantai tersebut saja yang di populer, tapi juga banyak pantai lainnya, seperti Karang Bolong, Karang Song-song, Pantai carita, Pasir Putih (Psput), Bagedur, Sawah Kabayan, Karang Nawing, Ujung Kulon, dan masih banyak lagi pantai di Banten, terutama Banten Selatan.

Barangkali kamu pernah berkunjung ke beberapa pantai yang tidak aku sebutkan.

Fakta-fakta di atas adalah fakta yang banyak sekali di kenal oleh masyarakat Nusantara, apalagi Menara Banten, tahu kan? Itu Masjid Agung Banten, peninggalan kerajaan Banten yang terletak di Serang.

Menara Banten atau Masjid Agung Banten adalah Maskot Provinsi Banten yang merupakan peninggalan kerajan dulu.

Aku dan Banten untuk Indonesia

Dengan harapan dan penuh cinta, aku akan terus ada hingga nanti penetesan terakhir hidupku untuk mengabdi kepada Tanah Pasundan kelahiranku yang sangat aku CIntai dengan penuh rasa harapan.

Memperkuatkana banten untuk menjadi lebih baik dan lebih maju untuk Indonesiaku agar terus menjadi Negara maju dan Banten ada disisinya dalam menumbuhkan tanah Nusantara agar selalu menjadi Negara Revublik dengan penuh rasa Cinta.

Tidak ada tempat yang lebih indah bagiku kecuali tanah kelahiranku sendiri, disinilah aku di lahirkan, disinilah aku hidup dan disinilah aku akan kembali kepada sang pencipta.

Penutup

Terimakasih sudah menyempatkan untuk membaca tulisan sederhana mengenai Banten tanah kelahiranku ini, dalam segala upaya aku pun akan tetap ada untuk membuat Banten lebih baik, tak ada kata-kata lagi yang bisa ku ucapkan, dalam tulisan ini, diatas beberapa hal-hal atau fakta yang membuatku kagum terhadap Tanah Pasundan paling barat Pulau Jawa ini.

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya
BAGIKAN

2 KOMENTAR

KOMENTARI

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.