Berbagi Pengalaman Ngeblog Hanya Menggunakan HP

Assalamualaikum, salam hangat untuk seluruh sobat blogger semuanya, sebelumnya saya ingin mengenalkan diri saya terlebih dahulu, saya Nurdin dari Malingping, Banten Selatan, saya lahir pada tahun 1999, saya terlahir dari keluarga yang tidak mampu, sekolah pun saya hanya lulusan SMP saja.

Mungkin hanya itu saja sedikit perkenalan dari saya, barangkali kalian ingin tahu sedikit tentang saya. Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman saya di dunia blogging yang selalu semangat dalam mengembangkan dunia blogging.

Dalam mengenal dunia blogging, sejak tahun 2013 saya telah mengenalnya, saya pun bertekad untuk belajar semua tentang blogging pada tahun tersebut. Saya belajar dan terinspirasi dari beberapa blogger sukses di Indonesia, terutama blog Mas Sugeng dan Maxmanroe, akan tetapi masih banyak blogger-blogger yang menjadi inspirasi saya hingga saya mengenal dunia blogging, kemudian saya membangunnya menggunakan platform dari Google yaitu blogspot atau blogger.

Dari awal belajar ngeblog tidak pernah sekalipun menggunakan komputer atai laptop, sejak belajar tersebut saya hanya menggunakan HP saja untuk belajarnya, hingga saat ini pun saya masih menggunakan hp untuk kebutuhan dan alat untuk membangun dan mengembangkan sebuah blog, juga artikel ini pun sya tulis menggunakan HP.

Bukan hanya satu blog saja yang saya miliki, akan tetapi banyak blog-blog yang telah saya buat, namun sudah tidak aktif lagi, lebih dari 20 blog pernah saya buat, namun gagal dan gagal yang saya dapatkan. Pada tahun 2014 saya sudah tidak lagi memiliki dan mengembangkan blog, karena sempat prestasi akibat gagal terus menjalankan blog, kemudian tahun 2015 – 2016 saya kembali ngeblog dan membuat blog baru, alhasil gagal lagi.

Pada pertengahan 2016 saya tidak lagi ngurus blog, dari kegagalan tersebut yang membuat saya males mengembangkan blog saya. Nah, setelah awal 2017 kemarin saya kembali membangun blog menggunakan wordpress gratisan atau wordpress.com, setelah itu blog tersebut gagal lagi dan saya membangun lagi menggunakan blogspot dari Google pada akhir tahun 2017. Kemudian saya membeli sebuah domain Indonesia yaitu web.id.

Setelah beberapa bulan blog tersebut saya kembangkan, kemudian saya berimigrasi dari blogspot ke WordPress hosting, dimana saya mengubah semua data dari blog tersebut, mulai dari platform, domain, dan tampilan, sehingga blog ini sekarang menggunakan domain dot com.

Dan sekarang blog ini akan saya kembangkan dengan penuh kesemangatan, dan insa Allah saya tidak akan lagi down di Dunia Blogging.

Dan saya ingatkan lagi saya ngeblog tidak pernah menggunakan laptop atau PC, saya hanya menggunakan HP sampai saat ini. Namun saya akan tetap semangat dalam dunia blogging dan mengembangkan blog ini walaupun hanya bermodal HP saja.

Kembali ke masa silam dimana saya masih belajar tentang blog. Bukan hanya WordPress dan blogspot saja platform blog yang saya gunakan, akan tetapi banyak platform lainnya yang pernah saya gunakan, seperti Drupal, Joomla, bahkan blog ponsel MyWapblog dan Xtgem. Dari semua platform blog yang saya gunakan, membuatnya pun masih menggunakan HP, tidak pernah sekalipun menggunakan laptop.

Susah payah saya ketika masih belajar ngeblog, sering dimarahi orang tua, tidak tidur malam, begadang hingga sekolah pun selalu kesiangan, karena waktu saya belajar ngeblog masih sekolah SMP. Yang lebih membuat saya berkesan lagi adalah teman-teman saya yang selalu mengejek saya karena mengoprek-oprek HP, padahal saya belajar ilmu blogging untuk masa depan saya.

Dari waktu saya belajar ngeblog pun saya tidak pernah lelah mempelajari ilmu blogging, walaupun saya sempet bahkan sering down mengembangkan blog karena kegagalan yang saya dapatkan, namun hal tersebut malah membuat saya menjadi termotivasi dari kegagalan tersebut, karena saya yakin semua orang yang suskes pasti pernah gagal juga, dan suskes itu dari bawah, itulah yang membuat saya kembali menaungi dunia blogging.

Saya mempelajari ilmu tentang Blogging bukan hanya sekedar belajar, akan tetapi untuk berbagi juga kepada sahabat-sahabat blogger yang mungkin membutuhkan informasi mengenai dunia blogging.

Namun, walaupun saya sudah belajar sejak tahun 2013 silam, saya belum memahami semua tentang Blogging, hanya sekedar yang penting-penting saja yang saya ketahui untuk saat ini. Apalagi saya mempelajari blog dari banyak platform, sehingga saya tidak fokus pada satu platform, alhasil Alhamdulillah saat ini saya tahu platform mana yang bagus dan baik untuk membangun dan mengembangkan sebuah blogger.

Untuk blog ini saya buat di pada Februari 2018, dan blog ini merupakan blog imigrasi dari blog saya sebelumnya yang saya buat dari blogspot, yang memiliki nama yang sama, namun domain yang berbeda, yaitu domain nurdinsiaklem.blogspot.com atau nurdinsikalem.web.id, dan sekarang telah menjadi nama domain nurdinsikalem.com.

Oya, selain blog ini, ada blog lain yang saya miliki yang masih aktif, namun tidak terurus, yaitu blog bernama Sikalem, yang bisa diakses melalui www.sikalem.co.id.

Bahkan banyak blog yang pernah saya buat, yang masih saya ingat blog tersebut adalah, nurden073.wordpress.com, nurdinaigit.blogspot.com, habeuk.blogspot.com, dan masih banyak lagi, namun tidak lagi urus dan tidak saya kembangkan, hanya blog yang satu ini saja yang akan saya kembangkan untuk hobi saya ini.

Dan blog ini akan terus saya kembangkan, hingga bisa sukses di dunia blogging, dan insa Allah blog ini akan menjadi salah satu teman saya untuk membantu saya dan menjadi pengantar saya selama ini.

Juga, saya minta doanya pada kalian semua, agar blog ini terus aktif dan terus menjadi salah satu media yang akan membagikan berbagai informasi menarik khusus buat kalian.

Banyak teman-teman blogger yang selalu membantu saya dan juga memberi saya sebuah motivasi untuk selalu semangat menjalani dunia blogger, mungkin tidak saya sebutkan, karena terlalu banyak teman-teman blogger yang menjadi pendamping saya saat ini, insa Allah nanti akan saya tulis kedepannya.

Segitu saja kira-kira untuk pengalaman saya selama belajar ngeblog dan sampai sekarang juga, karena jika harus saya tulis semua terlalu banyak, pegal-pegal jempol saya hehe, terlalu banyak soalnya nanti saya akan berbagi lagi pengalaman saya selanjutnya, namun untuk saat ini mungkin hanya segitu saja mengenai hal-hal tentang saya dalam dunia blogging, dan juga mengenai keluh dan kesah saya selama belajar ngeblog.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.