Pentingnya Keamanan Website Agar Tidak Mudah Di Bobol Oleh Para Hacker

Assalamualaikum sobat blogger se-Indonesia, salam hangat untuk kita semua. Semoga kita selalu dilindungi oleh sang kuasa, sehingga jangan sampai untuk melupakannya.

Sobat blogger, kamu merupakan seorang penulis dalam blog ataupun website, sehingga mungkin setiap hari kamu harus melakukan atau membuat sebuah artikel untuk kamu terbitkan di blog yang kamu kelola saat ini.

Sulitnya mencari tema untuk dijadikan sebuah artikel adalah tantangan seorang blogger, bersaing di Google juga merupakan salah satu hal yang wajar, karena blogger di Indonesia bukan hanya satu atau dua saja dengan topik atau Niche blog yang berbeda, sehingga hal itu adalah tantangan besar seorang blogger. Inilah hal yang paling saya rasakan selama berada dalam dunia blogger.

Bukan hanya tantangan itu saja, ada hal yang lebih penting lagi selagi kita ngelola sebuah blog, adalah “Keamanan Blog” atau lebih biasa di sebut “Web Security” inilah hal paling terpenting dalam mengelola atau memiliki sebuah blog maupun website.

Jika keamanan blog/website yang kamu kelola sangat tidak aman ataupun hanya “kurang aman” maka blog kamu bisa saja kena hacker, alhasil mereka bisa menempatkan sebuah virus di dalam blog kamu, sehingga blog yang kamu miliki tidak dapat di akses ataupun rusak secara tidak sadar.

Kasus seperti ini sudah sering sekali dirasakan oleh blogger-blogger di Indonesia, sehingga blog mereka terkena Virus Malware akibat serangan hacker yang membobol blognya.

Dengan kasus-kasus yang telah terjadi pada blogger-blogger Indonesia, ini menjadi motivasi kita agar kita memberikan keamanan yang sangat kuat di dalam blog agar tidak dapat di bobol oleh hacker-hacker yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, keamanan sebuah website ataupun blog sangat penting, apalagi kalau kamu sudah memiliki blog yang sangat populer dikalangan warganenet.

Sepenting itukah keamanan? Tentu saja ia, bahkan sangat penting daripada mencari sebuah topik untuk artikel yang ingin kamu buat.

Sobat blogger, apakah kamu mau blog yang telah lama kamu kelola di serang oleh para hacker? Tentu saja tidak bukan? Maka utamakanlah sebuah keamanan blog agar kamu dapat mengelola blog kamu tanpa perlu takut terkena serangan hacker yang membuat blog kamu rusak.

Kemudian kamu mungkin bertanya “Bagaimana cara mengamankan sebuah blog? sedangkanih awam akan keamanan blog” nah, ini yang harus kamu perhatikan, kamu masih awam dalam keamanan blog, sedangkan kamu ingin sekali mengamankan blog lebih ketat lagi agar tidak mudah di serang hacker, apalagi kamu yang baru saja terjun ke dunia blog ataupun baru saja memiliki sebuah website/blog.

Eits jangan bingung, karena saya punya solusi yang pas untuk kamu yang amsih awam akan keamanan blog yang kamu miliki, solusinya adalah Mencari atau menyewa sebuah hosting yang terpercaya serta keamanan yang lebih baik.

“Kenapa harus menyewa hosting”? Kamu tahu kan? Kamu masih awam akan keamanan website? Maka kamu harus mencari sebuah hosting yang telah memiliki keamanan yang kuat.

Mungkin kamu membangun sebuah blog dari blogger milik Google, itu sudah tentu aman, karena blog kamu di hosting atau memiliki server dari Google, sehingga kamu gak perlu lagi bingung akan keamanan blog kamu.

Akan tetapi, kamu harus tahu banyak sekali kelemahan blogspot atau blogger yang membuat kamu kurang profesional dalam mengembangkan dan mengelola blog. Untuk itu, membeli hosting adalah cara tepat agar kamu bisa memiliki blog yang lebih profesional lagi.

Apalagi jika kamu ingin membangun blog dari WordPress atau hasil ngoding, tentu saja hosting adalah hal utama yang wajib kamu miliki.

Namun, tantangan dari CMS WordPress atau website hasil ngoding adalah keamanan yang ditanggung kamu sendiri atau pemilik blog. Berbeda halnya dengan blogspot, keamanan ditanggung oleh Google, namun untuk wordpress dan website hasil ngoding keamanannya kamu dan penyedia hostingnya yang bertanggung jawab.

Maka dari itu kamu harus mencari dan memilih hosting yang telah terpercaya dari segala halnya terutama pada keamanannya.

Banyak sekali penyedia-penyedia hosting di Indonesia yang telah terpercaya akan keamanan juga fasilitasnya, sehingga kamu bingung harus memilih yang mana hosting yang benar-benar menurut kamu pas untuk kamu sewa.

Dan jangan salah ketik kamu memilih sebuah hosting yang menurut kamu benar-benar terbaik, karena belum tentu seperti yang kamu inginkan. Cari tahu terlebih dahulu fitur-fitur serta keamanan pada hosting yang akan kamu sewa serta carilah hosting yang telah banyak review yang baik.

Daripada kamu bingung serta ada ketakutan untuk menyewa hosting, mending pilih yang saya rekomendasikan, penyedia ini telah banyak pelanggan yang puas serta keamanan benar-benar sempurna dan tak mudah kena serangan hacker.

Lalu, apa penyedia jasa hosting yang saya rekomendasikan itu? Penasaran kan? Pasti penasaran, karena tadi, keamanan blog adalah kunci utamanya.

Baiklah, langsung saja, hosting yang saya rekomendasikan untuk kamu yang ingin mengelola blog lebih profesional lagi dan keamanan yang kuat maka kamu bisa memilih dan menyewa hosting serta domain di DewaWeb.

Apa itu DewaWeb? DewaWeb adalah salah satu perusahaan di internet yang berbidang di dunia hosting. Ya, DewaWeb adalah layanan hosting yang telah terpercaya serta memiliki keamanan yang sangat kuat seperti kebutuhan sebuah web yang kamu kelola.

Di sini kamu bisa menyewa hosting tanpa harus ketakutan akan keamanan blog atau website kamu, karena mereka telah banyak diminati atau di sewa oleh pemilik-pemilik situs web maupun hanga sekedar blog pribadi. Untuk itu, kamu bisa memilih DewaWeb untuk kamu sewa.

DewaWeb memiliki banyak sekali fitur yang akan mumpuni kebutuhan website yang kamu kelola. Hal utama yang bisa kamu dapatkan dari DewaWeb ini meliputi:

1. SSL certificates

Seperti pada judul dan tema artikel yang sedang kamu baca ini yaitu keamanan blog, sehingga SSL sangat penting untuk memenuhi kebutuhan website kamu. Ya, SSL sangat penting, dan bisa kamu lihat di blog-blog orang lain ataupun website orang lain, mereka telah mencantumkan SSL certificates pada blog atau website nya.

2. Hosting murah

Pada dasarnya hosting adalah tempat untuk menyimpan seluruh data atau file pada blog yang kamu miliki, sehingga hosting adalah kunci utamanya blog profesional. Nah, mungkin kamu mencari dan mendapatkan sebuah penyedia layanan hosting, akan tetapi mereka menawarkan harga yang selangit sehingga kamu kembali lagi bingung.

Untuk itu, DewaWeb akan memenuhi kebutuhan kamu, dengan memberikan harga hosting yang akan pas pada isi dompet kamu.

3. Domain murah

Hosting tanpa domain? Untuk apa? Kamu gak bakalan bisa punya website kalau hanya membeli hosting saja, karena website tidak akan berjalan tanpa domain. Maka, domain juga sangat penting untuk situs kamu.

Bisa kamu lihat pada blog saya, blog saya ini beralamat nurdinsikalem.com yang artinya blog ini menggunakan sebuah domain dot com. Selain dot com, banyak juga domain-domain yang sudah terdaftar di internet, seperti co, net, org, info, id, co.id, dan masih banyak lagi.

Biasanya harga domain itu ada bermacam-macam tergantung pada layanan penyedianya, untuk itu kamu dapat menyewa atau membeli domain di DewaWeb dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Domain gratis

Daripada kamu bingung harus membeli hosting dan domain secara terpisah, mending kamu langsung saja beli paket hosting gratis domain. Dan kamu bisa membeli paket tersebut di DewaWeb, tentu saja dengan harga yang sangat terjangkau.

5. Support 24 jam

Karena mengelola hosting itu tidak sepenuhnya bisa kita kelola, maka supportnya pun harus bisa setiap saat, sehingga jika ada masalah terkait hosting, domain, dan blog kamu, kamu bisa menanyakannya kepada penyedia layanan hosting tersebut kapanpun disaat kamu membutuhkan bantuan.

Maka dari itu, DewaWeb sipa membantu kamu mengatasi masalah-masalah yang mungkin kamu dapat pada blog kamu, atau ada yang kurang paham pada hostingnya, kamu bisa menanyakannya kepada team support DewaWeb.

Bukan hanya kelima itu saja yang akan kamu dapatkan, banyak sekali fitur-fitur yang akan memenuhi kebutuhan seluruh website yang kamu miliki, baik itu website jenis blog, perusahaan, porfolio, toko online, berita online, maupun website jenis lainnya.

Itu saja mungkin beberapa hal dalam layanan DewaWeb, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di www.dewaweb.com untuk informasi yang lebih lanjut mengenai layanan hosting di DewaWeb.

Kembali lagi pada topik arti artikel ini, mengenai keamanan website (website jenis apapun itu) adalah hal yang mutlak, karena pentingnya Keamanan harus benar-benar kamu perhatikan, karena takut akan terjadi lagi kasus-kasus yang pernah terjadi di dunia blogger, seperti serangan hacker yang membuat website kamu rusak parah dan tanpa kamu ketahui.

Dan sekali lagi saya ingatkan, jangan sepelekan keamanan website ya sobat, jika kamu sepelekan berarti kamu sudah siap untuk rugi.

Itu saja mungkin mengenai beberapa hal tentang keamanan website atau web security, semoga website yang kamu punya aman-aman saja ya sobat, dan jangan salah ketika menyewa sebuah hosting serta keamanan website.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.