5 Cara Seorang Blogger Mengahasilkan Uang Dari Blognya

Blogger adalah sebuah keinginan tersendiri, dan juga blogger merupakan sebuah hobi, yang kemudian di ubah menjadi tulisan di sebuah situs blognya. Dan, ternyata sisi lain dari seorang blogger adalah dapat menghasilkan jumlah rupiah dari hasil jerih payahnya dari mengelola sebuah blog.

Kita mungkin sudah tahu, banyak blogger-blogger yang telah sukses di Indonesia yang telah memiliki penghasilan hingga jutaan rupiah dari blog yang ia kelola, contoh kecil ialah Mas Marixkon Manoeroeng, Mas Sugeng, Raditya Dika, dan masih banyak lagi.

Tentu saja semua itu tidak semudah yang dibayangkan, banyak hal-hal yang harus mereka lewati untuk menjadi seorang blogger sukses dan menghasilkan rupiah dari blognya, maka usaha adalah cara yang lebih efisien.

Ya, tidak semudah yang diharapkan untuk menghasilkan rupiah dari sebuah blog, walaupun sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan agar bisa menghasilkannya, namun semua itu tidak bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah.

Dari beberapa macam cara menghasilkan uang dari blog, semuanya harus memenuhi persyaratan dari blog yang kita kelola, walaupun persyaratan tersebut hanya sepele, hanya saja membutuhkan pengunjung ataupun fans blog yang sudah memadai. Seperti contoh blog mas Sugeng yang telah di kenal oleh banyak orang, tentu saja dengan mudah ia menghasilkan rupiah dari blognya.

Untuk kamu yang ingin tahu, bagaimana cara agar dapat menghasilkan uang dari sebuah hobi akan saya berikan disini dengan lengkap, walaupun cara tersebut banyak dan mudah, namun kamu harus bisa mempopulerkan blog kamu, agar bisa memenuhi syarat untuk menghasilkannya.

Lalu, bagaimana cara seorang blogger mendapat rupiah, dan bagaimana cara melakukannya untuk mendapatkan semua itu? Mari kita simak.

1. Jenis periklanan

Hal yang umum di lakukan oleh seorang blogger untuk menghasilkan rupiah dari hobinya adalah periklanan, dimana ini merupakan cara yang sangat umum di lakukan oleh seluruh blogger di Indonesia maupun di dunia.

Ada banyak jenis iklan yang dapat membantu seorang blogger untuk menghasilkan rupiah dari blog yang ia kelola, diantaranya.

  • Iklan PPC ( Pay Per Click)
<li></li>

Iklan PPC adalah cara untuk seorang blogger mendapatkan hasil rupiah dari sebuah hobi yang dia lakukan, banyak situs-situs PPC atau di bayar per klik iklan, seperti Google Adsense, MGID, Adnow, dan masih banyak lagi.

Apalagi Google Adsense merupakan situs milik Google yang membantu seorang blog menghasilkan rupiah dari hasil jerih payahnya dari sebuah hobi. Namun, nyatanya mendapatkan persetujuan dari Google Adsense bukanlah hal yang mudah, sangat sulit sekali untuk menjadi publisher Adsense saat ini.

Namun, kamu bisa menggunakan cara lainnya, seperti menggunakan Adnow, MGID, dan iklan PPC lainnya yang sudah banyak di gunakan oleh setiap blogger dan juga terbukti membayar penayang iklannya.

  • Jasa pemasangan iklan di blog
<li></li>

Jenis periklanan lainnya adalah jenis pemasangan iklan, dimana jika kamu memiliki sebuah blog, maka kamu dapat membuka jasa pemasangan iklan di blog kamu, seperti iklan review produk, ataupun pemasangan banner.

Jenis ini juga lebih umum digunakan oleh setiap pemilik blog, termasuk blog pribadi, dan media online, seperti detikcom, hipwee, dan media lainnya, mereka membuka jasa pemasangan iklan di situsnya, seperti banner dan iklan review produk.

Mungkin jenis ini sulitnya hampir sama seperti Adsense, walaupun terlihat mudah, namun jika setiap tulisan kamu kurang efisien ataupun tulisan kamu kurang disukai oleh orang, dalam arti kurang dipahami, maka sebuah perusahaan tidak mungkin dapat memasang iklan di blog kamu, karena mereka menganggap blog kamu mungkin banyak yang kurang suka.

Apalagi untuk jenis ini memungkinkan blog kamu harus memiliki jutaan pembaca setia harinya, agar sebuah perusahaan ataupun orang yang ingin memasang iklan di blog kamu bisa mendapatkan pelanggan yang lumayan banyak dari keramaian blog kamu, karena itulah hal yang paling diutamakan dalam iklan jenis ini.

2. Program afiliasi

Selain jenis periklanan, ada Cara lain yang sangat umum digunakan oleh seorang blogger untuk menghasilkan rupiah dari hobinya, adalah mengikuti program afiliasi.

Cara ini mungkin bisa disebut sulit bisa juga di sebut gampang, karena dalam program afiliasi mendaftarnya sangat mudah, namun untuk menghasilkannya amat sulit, dimana kamu harus bisa mengajak orang lain untuk membeli sebuah produk dari link afiliasi yang kamu terbitkan di blog kamu.

Ya, seperti misalnya kamu mengikuti program afiliasi di Amazon, Lazada, ataupun yang lainnya, maka kamu akan diberikan sebuah link yang nantinya ketika pengunjung blog kamu membeli sebuah produk dengan mengklik link yang kamu terbitkan di blog, maka kamu akan mendapatkan komisi dari produk tersebut.

Disini saya tidak membahas lebih dalam lagi tentang program afiliasi, silahkan tunggu tulisan saya nanti seputar program afiliasi, apa itu program afiliasi, bagaimana mana cara mengikuti program afiliasi, dan bagaimana cara melakukannya, silahkan tunggu ya sob, atau kamu bisa searching saja di situs penelusuran.

3. Mengikuti lomba blog

Dengan adanya situs-situs yang memberikan lomba untuk para blogger, ada baiknya kamu untuk mengikuti lomba tersebut, karena biasanya mereka selalu memberikan hadiah yang sangat menarik bagi para pemenang lomba blog tersebut.

Biasanya banyak tuh situs-situs yang selalu memberikan lomba blog kontes, seperti kontes SEO, lomba blog review, dan jenis lomba blog lainnya. Apalagi saya pernah mengikuti lomba blog review, dimana dalam lomba tersebut kita mengharuskan untuk mereview salah satu produk yang telah di berikan oleh pengada lomba blog tersebut.

Jika tulisan review kita tersebut unik, menarik, dan disukai oleh mereka yang mengadakan lomba tersebut, maka kita akan menjadi salah satu pemenangnya. Apalagi biasanya mereka selalu memberikan hadiah yang sangat besar, hingga uang jutaan rupiah, smartphone bahkan laptop.

Ada yang lebih menguntungkan lagi dari mengikuti lomba blog tersebut, selain ada kesempatan untuk memenangkan hadiah, kita juga dapat mengisi konten blog dengan mudah dan tanpa mencari topik terlebih dahulu, maka cara ini adalah cara alternatif untuk kamu.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan banyak informasi lomba blog, kamu dapat mengunjungi blog teman saya yaitu blognya Mas Irwin, blog tersebut biasanya selalu memberikan update lomba blog terbaru. Kamu bisa mendapatkan banyak info lomba blog terbaru, dan asah kemampuan kamu menjadi seorang penulis.

4. Menjual produk/karya di blog

Jika kamu memiliki sebuah blog yang sudah lumayan kepopulerannya, maka jangan ragu untuk menjual produk yang bisa kamu jual di blog kamu, seperti buku, alat-alat lain, ataupun produk yang lainnya.

Hal ini merupakan salah satu cara yang akan membuat kamu menjadi seorang yang sukses dalam bidang usaha online. Ya, dengan menjual produk, berarti kamu memiliki usaha jualan online di internet, yang kini kian meningkat.

Seperti contohnya ialah Raditya Dika, dia merupakan seorang blogger yang sukses dalam penjualan buku di blognya, atau Agus Mulyadi, dia juga sama blogger yang sukses dalam penjualan bukunya, ada lagi Mas Sugeng yang telah dikenal jutaan blogger Indonesia, dia menjual template blog hasil karyanya sendiri.

Jika kamu memiliki keahlian dalam membuat sebuah hal yang disukai banyak orang, ataupun mempunyai produk yang baik untuk dijual, kenapa tidak di jualnya di blog? Dengan cara ini kamu bisa menjadi seorang yang sukses dalam dunia bisnis online. Dengan cara ini kamu dengan mudah melakukannya.

5. Menjual jasa

Seperti halnya menjual produk di blog, kamu juga dapat menjual jasa sesuai apa yang kamu bisa, misalkan seperti Mas Sugeng, dia bisa membuat template blog, maka dia menjual template tersebut di blog pribadinya.

Kamu juga bisa melakukan semua itu, apa yang sekarang ini kamu bisa? Misal kamu bisa atau paham dengan SEO, kamu bisa membuat aplikasi mobile, kamu bisa atau paham dengan bahasa pemrograman, kamu bisa membuat sebuah website tanpa menggunakan aplikasi CMS seperti WordPress atau blogspot.

Nah, apapun keahlian kamu, apapun yang kamu bisa, kamu dapat menjualnya di blog kamu, seuai apa saja hal atau jasa yang kamu bisa melakukannya, hal ini juga akan membuat kamu menjadi seorang yang sukses dalam bidang usaha online.

Nah, diatas merupakan salah satu cara seorang blogger menghasilkan rupiah dari blog yang ia kelola, kamu dapat melakukan semua cara tersebut dengan mudah dan baik, asalkan tidak merugikan orang lain, yang penting kamu melakukannya dengan jujur dan baik, agar kamu bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang kamu miliki.

Dari 5 cara diatas, mana yang sekarang ini kamu lakukan? Mungkin paling banyak dilakukan adalah no 1 pada poin 1, karena saya lihat banyak blogger-blogger yang telah sukses dipasang iklan Adsense, yang sangat sulit mendaftarnya.

Apapun jenis pendapatan kamu dalam dunia blogging, semoga sukses selalu, dan semoga berkah semua yang kamu dapat itu, salam sukses dari saya.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.