Blogger Asal Aljazair Terancam Hukuman Mati, Kenapa?

Sobat, kali ini saya dapet kabar buruk di dunia blogger, bukan dari seorang blogger Indonesia, namun blogger asal Aljazair. Dimana, dia di ancam hukuman mati karena tulisannya, apa isi tulisan tersebut yang membuat dia diancam hukuman mati? Kita akan cari tahu.

Merzoung Touati adalah seorang blogger Aljazair, yang mungkin banyak yang tidak tahu di Indonesia, termasuk saya belum tahu siapa Merzoung Touati? Karena saya dapet kabar buruk, jadi saya tahu sekarang siapa dia.

Ya, dia sama seperti kita merupakan blogger yang memberikan berbagai informasi menarik dari topik apapun yang bermanfaat bagi para pembacanya. Dia terancam hukuman mati karena tulisannya yang dia buat mengandung pemberontak dan hasutan, benarkah?

Dia dituduh berkomplot dengan pihak asing, dan menghasut pemberontak, sehingga dia di ancam hukuman diamana hukuman itu paling berat. Dia bahkan sudah ditahan sejak tahun 2017 lalu di Bejaia, setelah menggalang protes undang-undang Finansial melalui laman Facebook nya. Selain itu, dia juga mengunggah sebuah Video yang memuat wawancara juru bicara Kemenlu Israel.

Jadi, dia menghasut pemberontak dan berkomplot dengan negara asing, sehingga dia di ancam hukuman mati atas tulisan tersebut, wah ngeri bukan?

Saya belum mengetahui apa yang dia tulis tersebut, namun pihak referensi mengatakan hal tersebut, yaitu dia berkomplot bersama negara asing dan menghasut pemberontak.

Jadi, ada hal yang perlu kita pelajari sebagai penulis media online, yaitu dengan berhati-hati dalam tulisan tersebut, seperti syarat-syarat jadi blogger adalah tulisan tidak mengandung unsur sara, pornografi, dan unsur sara lainnya yang akan membawa kita ke penjara, seperti blogger asal Aljazair.

Dari kabar buruk ini tentunya kita mendapat pelajaran yang sangat bermanfaat bagi seorang penulis media online, karena semua tahu bahwa setiap tulisan yang kita publikasikan di media online, termasuk sosial media mengandung publik, sehingga banyak orang yang akan mengetahui hal yang kita buat tersebut.

Bukan hanya Merzoung Touati saja yang telah dihukum, banyak sekali blogger-blogger yang di ancam karena mereka tidak bisa mengontrol kata dalam sebuah tulisan yang mereka buat, bahkan ada juga Vlog yang terancam hukuman.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.