Kelelawar Mempunyai Manfaat Yang Luar Biasa Bagi Manusia

manfaat kelelawar

Ngomongin soal kelelawar adalah sebuah hewan yang biasa berkeliaran di malam hari, biasanya nih kalau di kampung saya kelelawar mulai keluar mencari nafkah di saat hendak maghrib, ketika pada saat mau maghrib, indah banget liat kelelawar mencari nafkah.

Seperti burung, tapi bukan burung, hidup di malam hari seperti apa ya? Burung sih, tapi beda seperti burung pada umumnya, sudah lah, mungkin kamu juga tahu apa itu kelelawar, disini kita bukan ngebahas soal kelelawar, tapi manfaatnya, eh sama aja ya? Hehe.

Meskipun kelelawar sudah dikenal sebagai burung yang aktif di malam hari, namun ternyata eh ternyata kelelawar mempunyai manfaat yang luar biasa besarnya bagi manuisa termasuk kalina, saya juga yah. Contoh kecil saja, kelelawar bisa di jadikan sebagai obat penyakit, mungkin kamu juga sudah tahu soal ini ya.

manfaat kelelawar
Asik lagi santai nih

Selain obat untuk menyembuhkan penyakit, kelelawar juga adalah salah satu serbuk alami terhadap tumbuhan yang sering di konsumsi manusia, dia juga sering lho merawat tumbuhan yang biasa di konsumsi manusia, dengan penyerbukannya yang alami.

Dan katanya sih ada 186 jenis tumbuhan tropis yang biasa di gunakan sebagai obat, makanan, dan penghasil kayu, semua itu ketergantungan terhadap kelelawar, meskipun kata saya “katanya” tapi ini beneran lho, saya sudah membacanya di beberapa media online.

Contoh tumbuhan yang biasa di serbuk oleh si kelelawar adalah Pisang, ah masa siih? Ya, pisang menggantungkan penyerbukannya terhadap kelelawar, di kampung saya saja belum pernah ada orang yang mengurus pisang dengan penyerbukkan buatan, tapi pisang bisa tumbuh, ya karena kelelawar, tapi mungkin ada juga sih, kalau tetangga dan keluarga saya mah enggak pernah

Ada juga manfaat lain selain di atas, kelelawar memiliki fungsi sebagai pembasmi hama pertanian, bahkan sebagai alat kontrol penyakit malaria, di karenakan seekor kelelawar yang terbang, dia bisa memakan nyamun sebanyak 6.000 nyamuk, waw menakjubkan kan? Cuma seekor doang lho sob.

Coba kita hitung nih, 6.000 nyamuk, apakah jumlah yang sedikit? Bayangkan saja kalau sebanyak itu kita di gigit, bisa-bisa mati karena nyamuk kita kan? Hal itu pasti akan terjadi kalau kelelawar punah, hmm ada baiknya jaga kelstarian kelelawar agar selalu membantu manusia, jangan sampai punah ya sob.

manfaat kelelawar
Astagfirullah, ko serem

Nah, di indonesia sendiri ada sekitar 225 jenis kelelawar, tapi sayang 5 persen dari jumlah tersebut sudah hilang, walaupun terkadang ada atau di temukan spesies baru. Untuk kita semua, jangan sampai kepunahan kelelawar terjadi, jaga kehabitatannya dan usahakan untuk tidak membunuhnya.

Di masa saya kecil, saya suka banget bunuh kelelawar, karena belum tahu manfaatnya, sekarang sudah tahu kan jadinya saa nyesel, itu terjadi ketika saya waktu kelas SD, hmm maklum ya sob, orang masih bocah juga, kan sekarang mah sudah dewasa, hehe.

Itulah manfaat kelelawar bagi manusia dan ternyata manusia sangat bergantung kepada kelelawar, kudu tepuk tangan nih buat para prajurit kelelawar yang senan tiasa membantu manusia tanpa balas kasih, enggak kebayang kalau dia minta imbalan pengen di beliin motor, eh itumah elu kali, hehe.



Nurdin Albantani

Motivasi hidup untuk menjadi lebih baik, bukan seorang penulis profesional hanya sekedar penulis yang masih belajar dalam mengembangkan karya

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.