Perkalian Paling Mudah Pada Pelajaran Matematika

Gempa bumi masih status waspada di Banten, tapi ini tidak membuat saya kehilangan mood untuk mencari topik dan menulisnya di blog ini.

Pada kesempatan ini, saya akan memposting tentang pelajaran matematika yang ada pada bilangan perkalian, di mana perkalian ini merupakan perkalian sangat mudah, gak perlu terlalu banyak berfikir. Mungkin saja kamu sudah tahu perkalian yang mudah ini, namun jika walaupun begitu saya akan ngasihnya untuk kamu.

Kita tahu, bahwa matematika merupakan pelajaran paling sulit, mungkin bukan bagi saya saja, namun disana mungkin masih banyak yang gak suka sama pelajaran ini. Ya, selama saya sekolah 9 tahun, pelajarana yang paling gak disukai saya adalah matematika, akan tetapi untuk perkalian yang akan saya bagikan ini saya menyukainya, karena sangat mudah.


Mungkin ini gak begitu penting, tapi ini saya gunakan sebagai penambah wawasan saja. Dan ini lah perkalian paling mudah, antara 1-10 yang saya maksud diatas.

1. Perkalian (1)

Perkalian satu, merupakan sebuah perkalian yang sangat mudah, dimana pada perkalian ini kita cukup menambahkan 1, 1, dan satu. Bahkan gak saat kita menjumlahkan nilai perkalian 1 ini gak perlu diitung lagi, karena jumlahnya sama seperti awal saat kamu menjumlahkan bilangan perkalian 1.

Seperti contohnya, 3x1=3, 7x1=7, dan seterusnya, jumlah yang dikali satu isinya sama seperti bilangan pertama yang kita kalikan satu.

2. Perkalian (2)

Perkalian 2 juga termasuk dalam perkalian yang lumayan mudah, karena saat kita menjumlahkan nilai tersebut isinya tinggal tambah 2, sepeti 4x2=8, 5x2=10, dimana saat kamu mengalikan dari 4 ke 5 yang dikali 2, ya kamu tinggal tambahkan saja angka 2.

3. Perkalian (5)

Selain diatas, perkalian 5 juga nyatanya sangat mudah, dibandingkan perkalian 3 dan 4, maka perkalian tersebut gak saya masukan dalam kategori perkalian mudah, karena saya juga kesulitan saat belajar perkalian tersebut.

Namun, perkalian 5 ini saya masukan dalam kategori perkalian paling mudah, karena ini merupakan bilangan ganjil, dimana saat kita menjumlahkan perkalian ini gak terlalu menggunakan otak dalam.

Contohnya, 5x5=25, dimana ini merupakan salah satu perkalian paling mudah, karena kita hanya perlu menambah 5 saja diantara perkalian yang ingin dikalikan. Misalnya kita ingin mengalikan 6x5=30, tentu saja dari 25 tinggal tambah 5 lagi, begitu pun seterusnya.
Tak seperti perkalian 4 yang nantinya ditambahkan 4 pada perkalian selanjutnya, akan tetapi saat ingin menambahkan, ada sedikit kesulitan, (yang saya alami saat belajar perkalian)

4. Perkalian (10)

Yang terakhir adalah perkalian 10, dimana ini merupakan pelajaran perkalian paling akhir pada matematika perkalian. Perkalian 10 sangat mudah, sama seperti perkalian 1 diatas, karena saat mengalikan pada perkalian 10 gak perlu berfikir secara dalam.

Ya, pada saat mengalikan dari 1-10, dan dikali 10, maka isinya 10-100, tinggal tambahkan 0 saja pada saat kamu mengalikan dari bilangan 1-10. Contohnya 5x10=50, 7x10=70, dan yang lainnya. Jadi saat kita mengalikan bilangan ke 10, maka isinya tinggal tambah angka 0.
BERIKAN KOMENTAR ()