Catat 4 Tanaman Herbal Ini Memiliki Khasiat Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Kita sering mendengar beberapa herbal yang memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kita, dan tentu tanaman herbal tersebut sangat mudah ditemukan di Indonesia, seperti temulawak, kayu manis, dan herbal lainnya.

Herbal tersebut tentu banyak khasiat yang sangat penuh dengan kemanfaatannya, tapi herbal tersebut walaupun sudah banyak dikenal, akan tetapi masih banyak lho orang yang tidak tahu manfaat dan khasiat dari bahan herbal tersebut.


Ada yang mengatakan banyak kelebihan herbal bagi kesehatan, bukan hanya satu atau dua manfaat saja, namun ratusan manfaat bisa di dapatkan dari herbal yang tentu harus kamu ketahui.

Disini kamu akan tahu manfaat herbal yang bisa kamu temukan dengan mudah di tempat kamu, dan inilah beberapa herbal dan manfaatnya yang wajib kamu ketahui akan manfaat dan khasiatnya.

1. Kayu manis

Kita tahu kalau kayu manis biasanya digunakan untuk bahan-bahan rempah, apalagi kayu manis telah dikenal sebagai salah satu bumbu masak yang mungkin memiliki khas baginya. Yang digunakan dari kayu manis ini adalah kulitnya, karena dalam kulit kayu manis terdapat kandungan trans-cynamaldehide.

Sebagai orang mungkin sudah tahu, kalau kayu manis dapat menyeimbangkan kadar gula darah bagi orang yang terkena penyakit diabetes. Kayu manis juga memiliki manfaat yang dapat menurunkan kolesterol.

2. Meniran

Salah satu tanaman herbal lainnya yang memiliki manfaat yang sangat besar adalah Meniran, tanaman ini termasuk dalam tanaman liar yang mudah di temukan di ladang ataupun perkebunan. Ekstrak Meniran telah diuji secara klinis yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Kita harus tahu, di dalam akar Meniran terdapat senyawa flavonoid, herbal Meniran bisa membantu mengobati sariawan, Malaria, meluruhkan batu ginjal, juga bermanfaat untuk meredakan infeksi atau radang kandung kemih juga saluran kencing.

3. Temulawak

Ketiga ada temulawak, tanaman ini telah dikenal oleh orang-orang karena temulawak memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kita, karena temulawak dapat melindungi hati atau hepatoprotektor. Biasanya bagian yang digunakan adalah batang dari temulawak yang menjalar ke tanah.

Temulawak terdapat kandungan minyak Atsiri, xanthorizol, dan kandungan kurkumin. Rebusan rimpang temulawak dapat meningkatkan empedu, juga dapat menurunkan kolesterol, dan trigliserida.

Selain itu, rempah ini juga dapat telah dipercaya, karena dapat meredakan nyeri sendi, obat pencahar, anti peradangan, bahkan dapat melancarkan produksi ASI.

4. Jinten hitam

Yang terakhir adalah jinten hitam, dimana jinten hitam dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jinten hitam memiliki kandungan behenat, linoleat, pamitoleat, miristat, miristoleat, asam ligniserat, dan juga kandungan margarat.

Jinten hitam juga ternyata jenis tanaman antivirus, anti oksidan tinggi, dan antikanker. Jinten hitam yang dapat mengatasi tifus dan mengobati infeksi pencernaan ini juga dapat membantu melindungi pernapasan, mengatasi insomnia, meningkatkan fungsi otak, juga melindungi tubuh dari efek stres.

Diatas adalah herbal-herbal alami yang dapat kamu tanam untuk kebutuhan hidup kamu, karena bahan-bahan herbal diatas memiliki khasiat yang sangat besar manfaatnya, seperti yang telah saya gunakan diatas.

Sebenarnya, selain diatas banyak tanaman-tanaman herbal, namun dari ratusan tanaman herbal, yang telah diuji manfaatnya adalah keempat diatas yang telah saya tulis. Dan tentu saja telah digunakan sebagai bahan obat-obatan yang biasa kamu beli di apotik atau toko obat.
BERIKAN KOMENTAR ()