Tips Menghafal Al-Qur'an Secara Mudah Dan Cepat Hafal

Belajar Al-Qur'an memang perkara yang amat mudah, jika kita terus mau berusaha untuk mempelajari bacaan Alquran.

Mungkin saja kamu saat ini lagi ada tugas untuk bisa menghafal bacaan ayat Alqur'an, dari berbagai ayat yang telah ditentukan oleh guru kamu. Untuk itu, disini saya mau kasih tipsnya, agar kamu bisa menghafal Alquran dengan mudah dan cepat hafalnya.

Sebelumnya, kamu harus bisa dan tahu terlebih dahulu dari ayat-ayat bacaan Alquran, karena percuma jika kamu gak tahu cara membaca ayat-ayat atau huruf Hijaiyah tersebut, maka pelajari terlebih dahulu cara membacanya.

Jika kamu sudah tahu cara dan bacaan ayat-ayat Hijaiyah, maka langsung saja kita ke tips menghafal Alquran dengan cepat dan mudah.

1. Baca/hafal di pagi hari
Cara pertama yang ingin saya berikan adalah menghafal bacaan Alquran di pagi hari. Kenapa harus di pagi hari? Karena katanya pagi hari itu waktu yang tepat untuk kita, saat menghafal Al-Qur'an, bukan hanya menghafal Alquran saja, bacaan apapun jika di hafal di pagi hari akan mudah diingat. Karena, pagi hari pikiran kita belum kemana-mana, masih fresh dan masih segar. Itulah kenapa dipagi hari adalah waktu yang tepat untuk menghafal Al-Qur'an dan bacaan lainnya.

2. Baca/hafal saat sepi
Agar pikiran kamu gak ada yang ganggu, maka usahakan untuk menghafal Al-Qur'an di saat sepi tanpa ada orang yang mngganggu kamu, agar hafalan kamu tersebut langsung masuk ke dalam otak kamu. Karena jika kamu Mencoba menghafal saat situasi sedang ramai, maka hal itu akan membuat kamu susah untuk cepat hafal.

Maka, usahakan menghafal Al-Qur'an dalam saat kamu sedang sendirian, agar tidak ada pikiran lain yang masuk ke otak kamu.

3. Baca/hafal saat kamu mau tidur
Mungkin cara ini gak begitu per, namun yang saya sering lakukan adalah menghafal dan mengingatnya seketika mau tidur, alhasil semua apa yang di hafalkan teringat dalam otak, dan hasilnya lumayan.

Hal ini mungkin gak ada logika, tapi saat mau tidur biasanya pikiran selalu terombang-ambing teringat hal-hal yang memasuki pikiran, seperti halnya saat kamu punya sebuah tugas disuruh menghafal Al-Qur'an.

4. Jangan di baca saat pikiran ada masalah
Karena gak semua orang selalu memiliki pikiran yang tentram, dan pasti semua orang selalu mendapat pikiran yang terombang-ambing, maka untuk hal ini akan menyulitkan kamu saat menghafal bacaan Alquran, dan hal ini akan mudah membuat kamu pusing.

Tentu saja hafalan kamu malah jadi berantakan.

5. Jangan Ingat masalah lain
Apa kamu punya masalah yang mungkin ada dalam pikiran kamu? Harusnya kamu selalu berusaha untuk melupakan sekejap saja masalah itu saat kamu menghafal Al-Qur'an, agar hafalan kamu cepat masuk dalam otak.

Jika saat kamu menghafal Al-Qur'an ataupun bacaan lainnya, namun kamu ingat masalah lain, maka pikiran kamu gak akan aman, dan memancar kemana-mana, tentu saja hafalan kamu akan sia-sia.

6. Baca saat gak ada aktivitas
Ketika kamu lagi duduk tenang, atau lagi senderan, atau lagi apalah itu, yang penting kamu saat sendiri. Saat-saat seperti ini adalah hal yang tepat untuk kamu menghafal Al-Qur'an dan akan cepat hafal.

Gak perlu di ingat-ingat terlalu banyak, cukup baca saja apa yang ingin kamu hafalkan, dan itu akan membuat kamu mudah dan cepat hafal.

Nah, mungkin itu saja tips-tips yang saya berikan, dan tips tersebut lumayan ampuh, apalagi pada poin pertama.

Tips tersebut sering saya gunakan, ketika lagi ada tugas sekolah, untuk menghafal Alquran dan tugas hafalan lainnya, seperti bahasa Inggris dan bahasa arab.
BERIKAN KOMENTAR ()