Perbedaan WordPress.org Dan WordPress.com

WordPress merupakan salah satu platform pembuatan website yang dibagikan menjadi 2 bagian, diantaranya WordPress.com dan WordPress.org. kedua bagian ini memiliki perbedaan masing-masing, namun keduanya ini sama-sama dimiliki oleh perusahaan Automatic inc. Adapun perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org ini akan saya bahas dalam artikel ini.




Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

1. WordPress.org


Merupakan versi CMS dari WordPress, lain hal seperti WordPress.com, WordPress.org memiliki fitur dan keunggulan yang berbeda dari WordPress.org, baik itu dari SEO, tampilan, dan cara mengelolanya. WordPress.org yang disebut WordPress Self Hosting, yang artinya dalam pembuatan website menggunakan versi ini kota harus memiliki hosting sendiri, dan versi WordPress yang satu ini pembuatannya harus di install di dalam cpanel hosting kita, baik langsung dari Softacolous maupun melalui file manager dalam Cpanel hosting yang kita miliki.

Saya rasa, WordPress self hosting ini jauh lebih ringan dan jauh lebih unggul dibandingkan WordPress.com atu WordPress gratisan. Kenapa? Karena mungkin dari segi fitur dan seo saja WordPress self hosting jauh lebih unggul dari pada wordpress gratis.

Didalam admin panel WordPress.org sudah banyak tersedia fitur yang tidak ada di wordpress gratisan, seperti ribuan plugin gratis, Template gratis, dan juga lainnya. Maka jangan heran kalau kebanyakan situ media online, blog, maupun toko online membangun sebuah website menggunakan platform yang satu ini. Ya, ribuan situs di internet telah sukses membangun situs menggunakan CMS WordPress ini.


2. WordPress.com


Berbeda dengan WordPress.org, WordPress.com disebut juga WordPress versi Gratisan, karena memang dalan pembuatan web di wordpress.com ini kita tanpa perlu memiliki hosting sendiri, karena sudah web yang kita buat sudah di hosting dalam WordPress.com. namun menurut saya WordPress.com ini masih kalah sama WordPress.org, karena untuk menggunakan fitur seperti di wordpress.org kita harus menggunakan wordpress bisnis di dalam dashboardnya. Tentunya harga yang ditawarkan jauh lebih mahal, untuk yang versi bisnis ini WordPress memberi harga lebih dari 1 juta rupiah per tahunnya, tentunya harga yang sangat mahal.

Untuk menggunakan yang gratis kita hanya di beri domain berupa sub yang akan kita dapatkan seperti namablog.wordpress.com, adapun untuk mengubah menjadi domain TLD kita harus mengeluarkan uang senilai $18. bahkan untuk mempetakkan domain saja kita harus membayar pertahunnya senilai $13, tentunya biaya yang sangat mahal.

Terlebih dari fiturnya pun untuk yang gratis kita hanya di berikan fitur terbatas seperti, Tidak bisa upload Template, Tidak bisa Pasang dan Upload Plugin, Tidak ada seo, dan masih banyak fitur yang tidak diberikan oleh pihak WordPress. Jadi untuk mendapatkan semua fitur seperti di wordpress.org atau WordPress hosting mandiri kita harus menggunakan yang versi Bisnis, walaupun menggunakan yang versi personal dan premium, WordPress masih belum memberikan semua fitur yang ada di wordpress, hanya versi Bisnis saja yang biayanya amat mahal yang di berikan semua fiturnya.


Lain halnya seperti WordPress.org di atas, kita hanya perlu membeli hosting dengan harga 200 ribu saja per tahun, kita sudah di berikan semua fitur yang ada di Wordpress.
Jadi meskipun memiliki nama yang sama, dikelola oleh perusahaan yang sama, namun kedua ini sangat jauh perbedaannya. Kalau saya lebih memilih WordPress Hosting Mandiri daripada WordPress gratisan, karena seperti yang sudah saya bahas tadi di atas. Adapun media yang sudah saya bangun menggunakan WordPress Hosting Mandiri adalah Sikalem.co.id, cukup membayar hosting seniali 300 ribu per tahun, sudah mendapatkan semua fasilitas yang ada di Wordpress.

Seperti banyak media-media online di Indonesia maupun di mancanegara, pasti menggunakan Wordpress.org dibandingkan menggunakan WordPress.com.
BERIKAN KOMENTAR ()