Ini Yang Harus Dilakukan Saat Mendaftarkan Blog Ke Adsense

Blog merupakan salah satu jenis profesi yang cukup mudah, namun harus mempunyai keahlian dalam berfikir dan juga menulis. Adsense merupakan salah satu tempat penghasil uang bagi para blogger. Tak jarang semua orang yang memiliki sebuah blog pasti di daftarkan ke adsense. Bukan hanya blog saja, situs media besar di Indonesia bahkan di seluruh dunia pasti di daftarkan ke adsense untuk meraih penghasilan. Seperti halnya media online detikcom, hipwee, beritagar, radarbanten, dan media-media lainnya.


Adapun untuk blog yang telah sukses meraih penghasilan jutaan rupiah dari adsense, adalah maxmanroe, mas sugeng, centerklik, klik mania, dan masih banyak lagi. Bukan hanya media dan blog saja yang bisa di daftarkan ke adsense, situs toko online, forum, dan situs iklanpun bisa di daftarkan ke akun adsense, seperti halnya forum kaskus, ads.id, detik forum, dan lainnya, iklan baris seperti olx juga telah sukses di daftarkan ke Adsense, untuk menambah penghasilan, bahkan hingga jutaan rupiah.



Tetapi bagi para blogger, penghasilan utama dari blognya hanyalah adsense, tetapi ada juga pengahsilan lainnya seperti membuka jasa iklan di blognya, menjual produk, seperti arlina dan mas sugeng.

Bagi seorang blogger pasti ingin menjadi salah satu publisher Adsense, namun semua itu tidak lah mudah, butuh perjuangan dan kesabaran untuk menjadi publisher Adsense.
Nah, disini saya akan berbagi hal yang harus dilakukan ketika mendaftar ke Adsense.

1. Niat dan keinginan
Paati, apapun yang kita inginkan tanpa ada niatan pastinya gak bakalan tercapai, seperti halnya ingin mendaftar ke Adsense kita harus ada niat dan juga keinginan yang kuat tentunya, agar kita dapat berkolaborasi bersama adsense, untuk meraih penghasilan tentunya.

2. Tentukan jenis blog/website
Selain niat dan keinginan, kita harus menentukan jenis sebuah website maupun blog untuk kita inginkan. Apa jenis blog yang kita buat, apakah blog kesehatan, blog pribadi, blog gado-gado, atau blog apakah itu. Apa jenis website yang kita buat, apa iklan baris, berita, forum, atau apakah itu, yang penting kita punya salah satu dari jenis maupun blog maupun website.

3. Pilih niche blog yang baik
Biasanya, kebanyakan niche blog tentang blogging, teknologi, dan bisnis, itu setahu saya ketika mencoba searching ketiga itu, memang sangat banyak sekali. Karena memang dari ketiga niche tersebut adalah jenis yang baik untuk mendaftar ke Adsense, juga meraih penghasilan yang nesar dari adsense. Namun, jika ingin cepat mendapatkan persetujuan dari adsense, maka niche gado-gado, atau membahas semua topik di salam konten blog. Katanya jenis gado-gado itu mudah di terima Adsense, apalagi kalau yang viral-viral, seperti hipwee, merupakan jenis blog yang membahas dari berbagai topik, dan memiliki konten yang viral.

4. Gunakan domain TLD
Hal yang perlu di perhatikan dalam mendaftar ke Adsense adalah jenis domain. Jangan gunakan domain id Seperti web.id, my.id, karena itu di anggap sebuah subdomain, kecuali co.id dan .id. kenapa saya bilang seperti itu? Lihat domain pada blog saya ini, merupakan domain web.id yang harganya cuma 50K saja, dalam pendaftaran ke adsense, blog saya ini sangat sulit, 20x blog ini di tokal adsense dan isi email nya pun tanpa alasan atas penolakan tersebut. Saya aneh, padahal konten sudah lumayan, tapi saya di tolak terus, ketika saya bergabung di grup Facebook, ternyata memang benar bahwa domain tersebut tidak dapat di daftarkan ke Adsense karena di anggap subdomain oleh pihak Google.

Lalu, kenapa sekarang ada iklan Adsense? Saya membangun sebuah blog baru bernama sikalem yang berdomain co.id, dapat di akses di sikalem.co.id, hanya membutuhkan waktu 1 minggu saja saya mendaftar ke Adsense, alhasil saya di terima sepenuhnya oleh adsense.
Namun, blog sikalem.co.id sekarang sudah down, karena saya salah membeli hosting, ternyata Hosting tersebut menggunakan cpanel bajakan atau hasil crack, yang menyebabkan blog saya eror dan tidak dapat di akses. Saya membuat blog tersebut menggunakan WordPress, berbeda dengan yang ini, yang ini adalah blogspot/blogger, sikalem.co.id saya buat dari WordPress, dengan modal 300K saja saya membangun blog tersebut. Tapi seperti yang saya katakan, blog tersebut sekarang down, tidak dapat di akses.

5. Utamakan konten blog
Jangan terlalu terburu-buru mendaftarkan blog ke Google Adsense, lihat dulu konten blognya, apakah sudah bagus sesuai dengan kebijakan Google Adsense, atau belum. Selain itu, jangan membuat sebuah artikel hasil copas, karena itu dilarang oleh siapapun. Maka, gunakan konten hasil sendiri, atau konten original, seperti yang banyak dikatakan oleh para blogger yang telah sukses.

6. Umur blog
Kata blogger-blogger yang telah sukses, untuk mendaftar ke Adsense umur blog harus minimal 6 bulan, tapi itu tidak benar. Umur blog 6 bulan memang ada bagusnya agar mudah diterima adsense, karena mungkin konten dan page view nya sudah banyak. Tapi bagi saya, tanpa perlu menunggu umur 6 bulan, yang penting konten blog saja yang diutamakan, juga tampilan blog yang menarik dan juga responsif.

Ketika saya mendaftar ke Adsense, blog yang saya bilang di atas yakni sikalem.co.id, blog tersebut hanya berumur 1 minggu, dan juga artikel hanya ada 30 saja, namun isi konten tersebut original dan diresapi oleh Google, alhasil setelah 3 hari, saya dapet email dari Google Adsense, bahwa blog tersebut telah diterima sepenuhnya oleh Google Adsense. Dan sekarang saya pasang di blog ini.

7. Pengunjung blog
Seperti umur blog, katanya pengunjung blog harus di atas 100 ke atas, tetapi bagi saya tanpa perlu sebanyak itu. Ketika saya mendaftar ke Adsense, pengunjung perharinya hanya ada 5-10 saja, bahkan kurang, namun seperti yang telah saya bilang diatas, karena konten blog di resapi google, maka dengan mudah saya di terima Google Adsense.

8. Update artikel setiap hari
Ini adalah hal yang harus kamu perhatikan, ketika kamu sudah mendaftarkan blog kamu ke Adsense, maka buatlah artikel minimal 1 hari saja perhari, dengan jumlah kata minimal 300 kata per Artikel, lengkapi dengan gambar, minimal 1 saja. Itu akan memudahkan Google untuk menerima pendaftaran kamu ke Adsense.


Hal lainnya yang harus diperhatikan saat mendaftar ke Adsense

Jika hal diatas sudah kamu pahami, maka disini ada lagi hal yang harus kamu pahami dan juga hal yang harus kamu lakukan saat Mencoba mendaftarkan blog kamu ke google adsense.



1. Gunakan tampilan blog yang menarik
Blog memang harus memiliki desain yang sangat bagus, agar menarik bagi pengunjung blog kamu, dan juga agar kamu mudah diterima oleh adsense. Selain menarik, tampilan juga harus seo dan responsif. Karena saat tahap review, adsense akan melihat semua yang ada di dalam blog kamu, seperti tampilan, konten, dan lainnya.

2. Buat halaman pendukung
Di dalam blog kamu harus ada halaman pendukung, minimal 3 halaman, seperti tentang, kontak, privasi, ketiga itu merupakan halaman yang wajib kamu buat di dalam blog kamu agar Google mudah memahami isi blog kamu.

3. Buat menu navigasi
Ketiga, kamu harus membuat sebuah menu navigasi di atas header blog kamu. Jik kamu mendapatkan email dari google, ada kata "navigasi sulit" nah, berarti di dalam blog kamu tidak ada menu navigasi. Maka Google mengharuskan kamu membuat sebuah menu navigasi di atas header blog, buatlah menu navigasi menggunakan kategori artikel yang sudah kamu buat di blog kamu.

4. Semangat
Kata terakhir dari sya, semangat terus dan bersabar saat mendaftarkan blog kamu ke google adsense. Jika sudah di terima maka kamu berhasil mendapatkan persetujuan dari Google Adsense, dan kamu bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang kamu miliki.

Silahkan pasang iklan tersebut di blog kamu, dan dapatkan penghasilan dari blog kamu.
BERIKAN KOMENTAR ()