Bukan Cuma Google Saja, Blog Kamu Wajib Di Submit Ke 3 Search Engine Ini

Search Engine adalah situs untuk mencari sebuah informasi yang dilakukan oleh orang. Mungkin seorang blogger hanya mengendalikan Google saja untuk melengkapi SEO blognya. Akan tetapi harus kamu ketahui, bahwa tidak semua orang melakukan pencarian di Google saja, walupun Google Menjadi search engine no 1, akan tetapi masih ada search engine lainnya yang wajib kamu kendalikan.

Kebutuhan SEO memang sangat penting bagi blog yang kita kelola, agar konten atau artikel yang kita buat muncul di situs search engine, ketika orang lain berselancar.



Memang, kebanyakan orang lebih memilih Google untuk melakukan pencarian sebuah informasi yang mereka butuhkan, akan tetapi masih banyak orang yang menelusuri sebuah informasi menggunakan search engine lainnya, seperti Bing, Yandex, dan Yahoo!.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan pengunjung blog hingga ribuan juta orang per harinya, maka kamu harus mengetahui tentang SEO. Disini saya gak ngebahas soal SEO, karena saya belum paham betul tentang SEO. Yang akan saya bahas disini adalah kewajiban kamu untuk meng-submit blog kamu ke situs search engine lainnya selain Google.

Adapun situs search engine selain Google yang masih digunakan oleh para penelusur informasi di internet adalah, Bing, Yahoo, dan Yandex. Ya, mungkin kamu sudah mengetahui soal ini, dan buat kamu yang belum mengetahui, maka wajib tahu ketiga situs search engine tersebut.

Selain kamu harus meng-submit blog kamu ke google, maka kamu juga wajib meng-submit blog kamu ke 3 situs search engine tersebut, untuk mendapatkan Page View yang banyak dan relevan.

Mungkin disini saya gak bahas cara melakukan peng-submitan blog ke 3 situs tersebut, akan tetapi saya akan ngasih sedikit pencerahan saja.

Seperti halnya kamu melakukan submit blog ke Google webmaster, untuk melakukan submit blog ke Bing, Yahoo, dan Yandex pun sama saja, yakni melalui webmaster situs tersebut, dan menggunakan akun situs tersebut.

Namun, untuk melakukan submit ke Bing dan Yahoo sangat mudah, kamu cukup melakukan submit ke Bing webmaster menggunakan akun Microsoft, maka secara otomatis blog kamu akan terindeks oleh Bing dan Yahoo, karena mereka berdua telah bekerja sama dengan Microsoft.


Adapun untuk melakukan submit ke yandex harus kamu pahami bahasa Rusia, tapi mungkin ada juga bahasa Inggris dan Indonesianya.

Seperti halnya melakukan submit blog ke Google webmaster, kamu juga wajib melakukan pengiriman Sitemap.xml ke 3 situa search engine tersebut. Caranya pun sama, tapi mungkin tampilannya saja yang berbeda. Cara melakukan pengiriman sitemap ke 3 situs search engine tersebut sama saja ketika kamu melakukannya di google, yakni mengirimkan file xml. Dengan menggunakan nama domain blog kamu, seperti nurdinsikalem.web.id/sitemap.xml.

Nah, mungkin saya gak ngasih tahu dulu untuk saat ini cara mendaftar di Bing Webmaster, dan Yandex Webmaster, tapi mungkin nanti saya akan coba melakukannya. Kenapa gak ada Yahoo webmaster? Seperti yang saya bilang diatas, kamu cukup melakukan submit ke Bing webmaster menggunakan akun Microsoft, maka secara otomatis blog kamu terindeks oleh Bing dan Yahoo!.

Jadi buat kamu yang memiliki sebuah blog, maka lakukan hal tersebut agar blog kamu dikenal oleh banyak orang, dan juga mendapat pengunjung blog yang berlipat ganda.
BERIKAN KOMENTAR ()