Bikin Web Toko Online Apa Jualan di Medsos? Dua Duanya Butuh Biaya

Memiliki sebuah produk untuk di jual secara online agar makin banyak yang laku, tetapi bingung harus bagaimana caranya agar laku di pasarang online produk yang di jual.

Toko online berbasis web seperti lazada, Tokopedia, dan yang lainnya memang sangat menarik bila kita memilikinya, tetapi banyak kendala yang harus kita lewati dari sebuah web Toko Online. Biaya adalah hal yang paling besar bila kita membangun sebuah web toko online, meskipun banyak di luaran sana yang bersedia menerima jasa pembuatan web toko online yang murah, tetapi gak bisa di katakan murah. Biasanya jasa tersebut menawarkan harga mulai dari IDR 250K ke atas, memang harga segitu sangat murah, tetapi apa akan membuat web toko online mu menarik? Tentunya belum tentu, karena web toko online harus memiliki space hosting yang sangat besar, apalagi harus update produk tiap hari, juga space untuk menampung traffic yang harusnya gede.Harga yang murah belum tentu menghasilkan kualitas web toko online yang mampu menampung dan membuat pelanggan menarik perhatian pada toko online yang kamu miliki. Misalkan kamu membeli sebuah toko online seharga IDR 300K, itu belum relevan, karena biasanya space pada hosting dengan harga tersebut cuma 100-200 MB, dan space traffic hanya 1GB, plus template dan script seharga IDR 150K bahkan lebih, jadi kamu membeli sebuah toko online bukan harga IDR 300K, tetapi lebih dari itu. Dengan space kapasitas hosting tersebut belum mampu membuat toko online mu lebih relevan lagi, harus memiliki space yang sangat besar bahkan harus unlimited seperti hosting yang di gunakan pada toko online Nasional.
Foto @ maxmanroe.com
Lalu bagaimana caranya agar mendapatkan sebuah web toko online yang mampu menyaingi toko online nasional? Tidak mudah, bahkan sangat sulit, apalagi kamu hanya kerja dengan sendiri, tanpa bantuan dari orang lain. Jika kamu berniat untuk memiliki sebuah web berbasis toko online untuk menjual produk kamu, maka kamu harus memiliki minimal 3 orang untuk membantu mengembangkan dan membangun sebuah web toko online yang ingin kamu miliki.

Lalu bagaimana caranya memilih toko online yang berkualitas tinggi? Banyak diluar sana yang menjual jasa web toko online yabg berkualitas, tetapi dengan harga yang sangat tinggi, banyak juga yang murah tetapi yang sudah saya bilang di atas, gak bakalan mampu untuk menampung pelanggan dan melirik perhatian pelanggan. Jika kamu berniat untuk membangun sebuah web toko online maka carilah hosting yang tinggi, bahkan unlimited, biasanya berkisaran harga mulai dari IDR 15.000K (Rp. 1.500.000) biasanya mereka dengan harga segitu mampu membangun sebuah web toko online yang berkualitas terbaik. Kenapa mahal? Membangun sebuah web itu bukab perkara yang mudah, apalagi hosting yang digunakan sangat gede space nya, jadi mau gak mau kalau kamu niat membangun sebuah web toko online yang berkualitas maka harus mengeluarkan uang dengan harga segitu. Hosting yang berkapasitas besar mampu menampung pengunjung tanpa batas, dan mampu menyimpan file tanpa harus takut kekurangan space, itulah kenapa harus memilih hosting yang kapasitas memorinya gede. Tambah lagi biaya penyewaan hosting tahunan, sesuai kapasitas dan harga yang kamu order.


Bukan hanya itu, memiliki sebuah web toko online harus bisa menarik perhatian pengunjung agar melirik web toko online kamu dan ada keinginan untuk membeli barang kamu. Yang paling penting adalah update produk yang ingin kamu jual, beserta deskripsi produk dengan lengkap dan jelas agar orang tertarik untuk membeli produk yang kamu jual.
Satu lagi jika kamu ingin memiliki sebuah toko online agar di kenali banyak orang dengan cara promosi, silahkan kamu promosikan toko online tersebut di sosial media, media online, atau yang lainnya agar dikenal banyak orang sehingga produk kamu laris manis tiap hari. Apakah promosi itu perkara yang sulit? Tidak, itu tidak sulit, tetapi harus mengeluarkan banyak biaya untuk berpromosi sebuah web toko online kamh maupun promosi sebuah produk yang kamu jual.

Jadi gak mudah, gak seperti yang kita bayangkan memiliki sebuah toko online berbasis website seperti yang lazada, Tokopedia, shopee, zalora, atau lainnya kita kenal. Apakah kamu siap memiliki sebuah toko online berbasis web? Dan siapkah mengeluarkan biaya yang sangat gede?
Jangan dipikirkan kalau ada niat mah, lambat laun pasti akan mudah untuk dilakukan.

Jika kamu tak mampu membangun sebuah toko online berbasis web, maka ada cara yang mudah agar produk kamu bisa di jual secara online.
Jualan di sosial media adalah cara yang relevan tanpa mengeluarkan biaya yang sangat gede seperti diatas tersebut, cukup dengan memiliki sebuah akun sosial media, banyak follower, banyak like, berarti produk kamu di lirik banyak orang.
Apakah itu juga mudah? Tidak juga, kenapa tidak? Karena percuma juga kita jualan di sosial media kalau gak punya follower akun yang banyak, gak akan ada yang ngelirik produk yang kita jual. Jualan di sosial media, misalkan instagram, kita harus memilili follower minimal 5K follower instagram, dengan follower sebanyak tersebut maka otomatis produk kita muncul di beranda akun banyak orang dan banyak yang lirik terhadap produk yang kita jual.
Lalu bagaimana caranya? Sama seperti di atas harus berpromosi, ya memang harus mengeluarkan biaya lagi, usaha itu tidak mudah kalau gak mau keluar biaya. Tetapi ini gak seperti membangun toko berbasis web yang biayanya gede, apalagi harus bayar hosting per tahunnya, ini cukup mempromosikan akun kita, mauapun postingan produk kita di media sosial, facebook maupun instagram. Walaupun kedua media sosial tersebut berjuta-juta pengguna di seluruh dunia, tetapi percuma kalau gak promosi, gak bakalan ada yang ngelirik.

Kenapa harus promosi? Ya karena kalau kita berpromosi maka otomatis akun atau produk yang kita promosikan akan tampil di halam beranda akun media sosial pengguna lainnya.
Jadi intinya, membangun sebuah web toko online itu bukan perkara yang mudah seperti yang kita bayangkan. Mungkin banyak kita berpikir bahwa toko online seperti lazada, Tokopedia, atau yang lainnya sangat mudah di kerjakan, tetapi nyatanya tidak, tiap bulan dan tahunnya harus keluarin biaya untuk berpromosi, apalagi mereka sering promosi di media-media TV, itu bukan biaya yang murah.

Jadi jangan harap bisa sukses tanpa keluar biaya, karena segalanya jaman sekarang mah harus keluar uang, apalagi itu, yang akan membuat kita sukses, tetapi belum tentu juga sih keluarin uang udah gede kita akan sukses, itu belum bisa di pastikan, apalagi kalau kita gampang putus asa, jangan berharap deh. Harus ada usaha dan tawakal agar bisa sukses mah.
BERIKAN KOMENTAR ()